Twitter Luncurkan Birdwatch Untuk Perangi Hoax

Selasa 26 Januari 2021, 11:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter baru saja meluncurkan sebuah program bernama Birdwatch. Program ini diklaim mampu mengatasi penyebaran hoax atau disinformasi pada platform media sosial tersebut. 

Melansir dari The Verge, dengan adanya program ini, para user atau pengguna dimungkinkan untuk melakukan cek fakta secara langsung pada tweet seseorang yang dianggap menyebarkan hoax.

Program ini sudah mulai tahap percobaan dengan menggandeng sebanyak 1.000 user di Amerika Serikat (AS). Dalam uji coba tersebut para user yang menjadi partisipan program ini akan memberikan catatan kepada tweet-tweet tertentu yang dianggap sebagai hoax.

Namun untuk sementara, para partisipan hanya dapat menulis catatan saja pada tweet yang diduga sebagai hoax tersebut, namun pelaporannya belum bisa terlihat oleh para user lainnya di Twitter

Para partisipan juga dapat memberikan nilai kepada user yang melaporkan adanya tweet hoax. Sehingga pihak Twitter mengharapkan akan tumbuh kerjasama antar user dalam memerangi penyebaran hoax yang ada di platform media sosial berlogo burung berwarna biru tersebut.

“Dengan program ini, semoga penyebaran hoax atau disinformasi dapat diatasi dengan cepat dan responsif langsung oleh para user di Twitter," tulis Twitter VP of Product, Keith Coleman dalam blog Twitter yang dikutip The Verge, Selasa (26/1/2021).

Coleman menambahkan, proses pengembangan terus dilakukan sehingga nantinya semua user Twitter di dunia juga dapat menggunakan Birdwatch secara insentif.

"Kami ingin semua user menjadi kontributor melawan disinformasi dan penyebaran hoax ini," tambahnya. 

Awalnya pihak Twitter akan merilis program ini pada akhir tahun 2020 lalu, namun sempat dilarang oleh pemerintah AS karena momentum pemilihan presiden di negeri ‘Paman Sam’ tersebut.

Seperti kebanyakan platform media sosial lainnya, Twitter tengah bertarung dalam upaya mencegah dan menghentikan penyebaran disinformasi serta hoax yang berpotensi memicu keributan massal serta kerap kali dijadikan alat propaganda oleh para politikus sehingga menimbulkan efek negatif secara masif pada suatu wilayah negara bahkan dunia.

Contohnya pada saat pemilu Amerika Serikat kemarin, Twitter sebetulnya sudah mengambil langkah-langkah pencegahan dengan cara menandai sejumlah tweet yang berpotensi memicu keributan seperti yang dilakukan Donald Trump di akun pribadi Twitter nya.

Karena Trump dianggap kelewat batas, pihak Twitter akhirnya mengambil kebijakan keras untuk membekukan akun twitter milik Trump hingga saat ini.

Twitter telah melakukan wawancara kepada 100 orang politikus di Amerika Serikat dan memberitahu mereka bahwa Birdwatch akan memberikan kewaspadaan terhadap user Twitter dalam melihat setiap tweet yang beredar terutama yang dilakukan oleh para politikus tersebut.

“Tujuan kami ingin membuat Birdwatch menjadi program yang dapat digunakan siapa saja, terutama para komunitas Twitter,” ujar Coleman.

Nantinya, semua data pelaporan hoax yang dikirim ke Birdwatch akan tersedia bagi siapapun dan dapat diunduh dalam berbagai format dokumen.

“Kami tahu, dengan adanya program ini akan muncul tantangan baru dalam membangun sistem yang bebas hoax di komunitas Twitter. Kami berupaya agar program ini tidak dimanipulasi atau didominasi oleh mayoritas orang atau kelompok saja, sehingga kami menghindari adanya bias berdasarkan distribusi kontributornya. Itu fokus yang sedang kami lakukan selama uji coba ini,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi16 April 2024, 18:42 WIB

Donny Sulifan Mundur, Pj Wali Kota Sukabumi Tunjuk Kadinkes Jadi Plt Dirut RS Bunut

Pj Wali Kota Sukbumi Kusmana Harradji mengatakan, ia telah menerima surat pengunduran diri Donny Sulifan sebagai Dirut RS Bunut pada Selasa (16/4/2024) hari ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat16 April 2024, 18:30 WIB

Anda Harus Tahu Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Beraktivitas

Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya.
Ilustrasi - Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi16 April 2024, 18:16 WIB

Kerja Sama dengan TNI, Distan Ungkap Target Perluasan Areal Tanam 2024 di Sukabumi

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap menyebut peningkatan luas areal tanam dilakukan dengan cara pompanisasi.
Kepala Dinas Pertanian atau Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap. (Sumber : Istimewa)
Life16 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Urusan Dipermudah Allah SWT, Yuk Amalkan Insya Allah Lancar

Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan.
Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 April 2024, 17:49 WIB

Dirut RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi Resmi Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji kemudian menunjuk Kadinkes sebagai Plt Dirut RSUD R Syamsudin SH pengganti Donny Sulifan yang mundur.
Dirut RSUD R Syamsudin SH, dr Donny Sulifan mundur dari jabatannya. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 17:40 WIB

Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri Resmi Mendaftar ke Partai Demokrat

Iyos Somantri secara resmi mendaftar melalui Partai Demokrat. Berkas formulir pendaftaran diserahkan hari ini, Selasa (16/4/2024), di Palabuhanratu.
Iyos Somntri saat penyerahan berkas formulir pendaftaran calon Bupati Sukabumi ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 17:30 WIB

5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi Teh Rosemary- Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Musik16 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan

Inilah Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: "Ayeuna Asép siga nu kabedil ku jangjawokan, Kapanah ku kinasihan, lieur ku Ai"
Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan. (Sumber : Youtube/@GPMusikpedia)
Sukabumi16 April 2024, 16:58 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkab Sukabumi Gelar Apel Pagi Dirangkaikan Halal Bihalal

Apel perdana pasca libur lebaran idul fitri 1445 H dirangkaikan halal bihalal ini diikuti oleh Ratusan ASN Pemkab Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wabup Iyos Somantri saat halal bihalal di hari pertama masuk kerja. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi16 April 2024, 16:06 WIB

Pengakuan Sopir Ambulans yang Dihentikan Polisi di GT Parungkuda Sukabumi

Berikut pengakuan sopir ambulans yang dihentikan polisi di simpang GT Parungkuda Sukabumi usai dilaporkan ugal-ugalan saat one way.
Ambulans yang dicegat polisi di GT Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)