Mulai 1 Desember 2023, Google Akan Menghapus Akun-akun yang Tidak Aktif

Kamis 30 November 2023, 14:15 WIB
Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

SUKABUMIUPDATE.com - Google akan membersihkan akun-akun yang sudah tidak aktif dan tidak digunakan. Jika Anda memiliki akun google yang masih ingin digunakan, sebaiknya segera login ke akun tersebut demi mencegah terkena kebijakan akun yang dihapus Google.

Aturan ini sebenarnya sudah diberitahukan pada bulan Mei lalu, Google mengungkapkan bahwa penghapusan akun akan dilakukan pada awal bulan Desember 2023. Sejak saat itu, Google mulai mengirimkan himbauan melalui email kepada pengguna yang akan terkena dampak dan telah memenuhi syarat untuk dihapus pada 1 Desember 2023.

Tentunya hal ini menjadi peringatan bagi pengguna yang masih menginginkan akun Googlenya dipertahankan, meski sudah tidak digunakan beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, Google meminta pengguna untuk segera masuk ke akun tersebut.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

Google belum mengatakan akan menghapus setiap akun yang memenuhi syarat mulai hari Jumat, 1 Desember 2023. Perusahaan mengatakan pihaknya berencana untuk mengambil pendekatan bertahap, “dimulai dengan akun yang dibuat dan tidak pernah digunakan lagi,” sebagaimana dikutip The Verge, 28 November 2023. Namun sekarang sepertinya saat yang tepat untuk memastikan akun lama Anda dalam keadaan baik sehingga Anda tidak mengambil risiko kehilangan data penting.

Dalam banyak kasus, login saja sudah cukup untuk membuat akun Google tetap aktif selama dua tahun berikutnya. Google juga mengatakan membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menggunakan Google Search, atau menggunakan Sign In dengan Google untuk masuk ke layanan pihak ketiga adalah hal-hal yang dihitung sebagai aktivitas berdasarkan kebijakan akun tidak aktifnya.

Setelah Anda masuk, sebaiknya pastikan Anda memiliki alamat email pemulihan yang dapat diakses dan dikaitkan dengan akun Anda. Itu karena Google mengatakan akan mengirimkan banyak pemberitahuan ke akun Google yang terkena dampak serta alamat email pemulihannya untuk memperingatkan penghapusan yang akan datang.

Baca Juga: Google Akan Hapus Akun Gmail yang 2 Tahun Tak Aktif, Buruan Login!

Meskipun masuk ke akun Google Anda seharusnya cukup untuk mencegah penghapusan keseluruhan selama dua tahun, Anda harus masuk ke Google Foto secara khusus jika Anda ingin mencegah penghapusan konten yang disimpan di layanan tersebut.

Raksasa pencarian tersebut mengatakan bahwa mereka “berhak menghapus data dalam suatu produk jika Anda tidak aktif dalam produk tersebut setidaknya selama dua tahun,” berdasarkan kebijakan yang berlaku sejak tahun 2020. Namun, akun dengan video YouTube tidak akan dihapus, juga tidak akan dihapus akun dengan langganan aktif terkait dengannya.

Ketika mengumumkan kebijakan baru pada bulan Mei, Google mengatakan bahwa mereka mengubah kebijakannya karena alasan keamanan, dan mencatat bahwa akun lama dan tidak digunakan lebih mungkin untuk disusupi.

Baca Juga: Tampangnya Sih Baik, Tapi Ini 10 Ciri orang yang Diam-diam Tidak Suka dengan Kita

“Akun yang terlupa atau tidak dijaga sering kali mengandalkan kata sandi lama atau yang digunakan kembali yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna,” tulis Wakil Presiden Manajemen Produk Google Ruth Kricheli di postingan blog perusahaan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Februari 2024, 12:07 WIB

Belum Dievakuasi, Mobil Masuk Jurang Terbawa Longsor di Tenjolaya Sukabumi

Longsor yang mengakibatkan mobil terbawa ini tidak menimbulkan korban jiwa.
Kondisi mobil yang masuk ke jurang akibat terbawa longsor di Kampung Cigadog RT 02/03 Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Food & Travel22 Februari 2024, 12:00 WIB

Puteri River Inn, Tempat Kulineran Sambil Ngadem di Tengah Pedesaan Ala Bali

Puteri River Inn Sumedang, salah satu destinasi wisata yang menawarkan suasana alam pedesaan untuk melepas penat
Puteri River Inn Sumedang, salah satu destinasi wisata yang menawarkan suasana alam pedesaan untuk melepas penat (Sumber : via google maps/Teh Tatat)
Sukabumi22 Februari 2024, 11:49 WIB

Disdik Cek Longsor TPT SDN di Purabaya Sukabumi yang Ancam Kelas dan Musala

Disdik sudah menugaskan Kabid SD dan Kasi Sarpras SD untuk ke lokasi longsor
Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Bola22 Februari 2024, 11:00 WIB

Persikabo 1973 vs Borneo FC di Liga 1: Prediksi Skor, H2H dan Live Streaming

Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda
Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda (Sumber : borneofc.id/istimewa)
Musik22 Februari 2024, 10:45 WIB

Avenged Sevenfold Bakal Konser di Indonesia Tahun Ini, Cek Harga Tiket Konsernya!

Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024.
Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@avengedsevenfold).
Nasional22 Februari 2024, 10:43 WIB

Ada Din Syamsuddin, Ratusan Tokoh Tuntut Penegakan Hukum Pelaku Kecurangan Pemilu

Mereka mendukung fraksi di DPR yang ingin menggulirkan hak angket.
Din Syamsuddin bersama seratusan tokoh lainnya menuntut penegakan hukum bagi para pelaku dugaan kecurangan Pemilu 2024. | Foto: Aminef.or.id
Sukabumi22 Februari 2024, 10:21 WIB

Ancam Kelas dan Musala, Longsor Hantam TPT SDN Cisarua Purabaya Sukabumi

Longsor TPT ini mengancam satu ruang kelas dan musala SDN Cisarua.
Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 10:05 WIB

Ganjar Usul Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, TKN 02 Ungkit Omongan Mahfud MD

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid menilai Ganjar usul hak angket kecurangan Pilpres 2024 adalah sesuatu yang berlebihan.
Capres Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo (Sumber : Istimewa)
Life22 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Akan Susah di Masa Tuanya, Anda Harus Hati-hati!

Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya.
Ilustrasi - Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@isakarakus)
Musik22 Februari 2024, 09:58 WIB

Video Music Lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di Youtube

Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah.
Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah. (Sumber : Instagram/@sitibadriahh).