Mulai 1 Desember 2023, Google Akan Menghapus Akun-akun yang Tidak Aktif

Kamis 30 November 2023, 14:15 WIB
Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

SUKABUMIUPDATE.com - Google akan membersihkan akun-akun yang sudah tidak aktif dan tidak digunakan. Jika Anda memiliki akun google yang masih ingin digunakan, sebaiknya segera login ke akun tersebut demi mencegah terkena kebijakan akun yang dihapus Google.

Aturan ini sebenarnya sudah diberitahukan pada bulan Mei lalu, Google mengungkapkan bahwa penghapusan akun akan dilakukan pada awal bulan Desember 2023. Sejak saat itu, Google mulai mengirimkan himbauan melalui email kepada pengguna yang akan terkena dampak dan telah memenuhi syarat untuk dihapus pada 1 Desember 2023.

Tentunya hal ini menjadi peringatan bagi pengguna yang masih menginginkan akun Googlenya dipertahankan, meski sudah tidak digunakan beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, Google meminta pengguna untuk segera masuk ke akun tersebut.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

Google belum mengatakan akan menghapus setiap akun yang memenuhi syarat mulai hari Jumat, 1 Desember 2023. Perusahaan mengatakan pihaknya berencana untuk mengambil pendekatan bertahap, “dimulai dengan akun yang dibuat dan tidak pernah digunakan lagi,” sebagaimana dikutip The Verge, 28 November 2023. Namun sekarang sepertinya saat yang tepat untuk memastikan akun lama Anda dalam keadaan baik sehingga Anda tidak mengambil risiko kehilangan data penting.

Dalam banyak kasus, login saja sudah cukup untuk membuat akun Google tetap aktif selama dua tahun berikutnya. Google juga mengatakan membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menggunakan Google Search, atau menggunakan Sign In dengan Google untuk masuk ke layanan pihak ketiga adalah hal-hal yang dihitung sebagai aktivitas berdasarkan kebijakan akun tidak aktifnya.

Setelah Anda masuk, sebaiknya pastikan Anda memiliki alamat email pemulihan yang dapat diakses dan dikaitkan dengan akun Anda. Itu karena Google mengatakan akan mengirimkan banyak pemberitahuan ke akun Google yang terkena dampak serta alamat email pemulihannya untuk memperingatkan penghapusan yang akan datang.

Baca Juga: Google Akan Hapus Akun Gmail yang 2 Tahun Tak Aktif, Buruan Login!

Meskipun masuk ke akun Google Anda seharusnya cukup untuk mencegah penghapusan keseluruhan selama dua tahun, Anda harus masuk ke Google Foto secara khusus jika Anda ingin mencegah penghapusan konten yang disimpan di layanan tersebut.

Raksasa pencarian tersebut mengatakan bahwa mereka “berhak menghapus data dalam suatu produk jika Anda tidak aktif dalam produk tersebut setidaknya selama dua tahun,” berdasarkan kebijakan yang berlaku sejak tahun 2020. Namun, akun dengan video YouTube tidak akan dihapus, juga tidak akan dihapus akun dengan langganan aktif terkait dengannya.

Ketika mengumumkan kebijakan baru pada bulan Mei, Google mengatakan bahwa mereka mengubah kebijakannya karena alasan keamanan, dan mencatat bahwa akun lama dan tidak digunakan lebih mungkin untuk disusupi.

Baca Juga: Tampangnya Sih Baik, Tapi Ini 10 Ciri orang yang Diam-diam Tidak Suka dengan Kita

“Akun yang terlupa atau tidak dijaga sering kali mengandalkan kata sandi lama atau yang digunakan kembali yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna,” tulis Wakil Presiden Manajemen Produk Google Ruth Kricheli di postingan blog perusahaan.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)