Mulai 1 Desember 2023, Google Akan Menghapus Akun-akun yang Tidak Aktif

Kamis 30 November 2023, 14:15 WIB
Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

Google mulai bersih-bersih akun yang tidak aktif, besok! (Sumber : Google)

SUKABUMIUPDATE.com - Google akan membersihkan akun-akun yang sudah tidak aktif dan tidak digunakan. Jika Anda memiliki akun google yang masih ingin digunakan, sebaiknya segera login ke akun tersebut demi mencegah terkena kebijakan akun yang dihapus Google.

Aturan ini sebenarnya sudah diberitahukan pada bulan Mei lalu, Google mengungkapkan bahwa penghapusan akun akan dilakukan pada awal bulan Desember 2023. Sejak saat itu, Google mulai mengirimkan himbauan melalui email kepada pengguna yang akan terkena dampak dan telah memenuhi syarat untuk dihapus pada 1 Desember 2023.

Tentunya hal ini menjadi peringatan bagi pengguna yang masih menginginkan akun Googlenya dipertahankan, meski sudah tidak digunakan beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, Google meminta pengguna untuk segera masuk ke akun tersebut.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

Google belum mengatakan akan menghapus setiap akun yang memenuhi syarat mulai hari Jumat, 1 Desember 2023. Perusahaan mengatakan pihaknya berencana untuk mengambil pendekatan bertahap, “dimulai dengan akun yang dibuat dan tidak pernah digunakan lagi,” sebagaimana dikutip The Verge, 28 November 2023. Namun sekarang sepertinya saat yang tepat untuk memastikan akun lama Anda dalam keadaan baik sehingga Anda tidak mengambil risiko kehilangan data penting.

Dalam banyak kasus, login saja sudah cukup untuk membuat akun Google tetap aktif selama dua tahun berikutnya. Google juga mengatakan membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menggunakan Google Search, atau menggunakan Sign In dengan Google untuk masuk ke layanan pihak ketiga adalah hal-hal yang dihitung sebagai aktivitas berdasarkan kebijakan akun tidak aktifnya.

Setelah Anda masuk, sebaiknya pastikan Anda memiliki alamat email pemulihan yang dapat diakses dan dikaitkan dengan akun Anda. Itu karena Google mengatakan akan mengirimkan banyak pemberitahuan ke akun Google yang terkena dampak serta alamat email pemulihannya untuk memperingatkan penghapusan yang akan datang.

Baca Juga: Google Akan Hapus Akun Gmail yang 2 Tahun Tak Aktif, Buruan Login!

Meskipun masuk ke akun Google Anda seharusnya cukup untuk mencegah penghapusan keseluruhan selama dua tahun, Anda harus masuk ke Google Foto secara khusus jika Anda ingin mencegah penghapusan konten yang disimpan di layanan tersebut.

Raksasa pencarian tersebut mengatakan bahwa mereka “berhak menghapus data dalam suatu produk jika Anda tidak aktif dalam produk tersebut setidaknya selama dua tahun,” berdasarkan kebijakan yang berlaku sejak tahun 2020. Namun, akun dengan video YouTube tidak akan dihapus, juga tidak akan dihapus akun dengan langganan aktif terkait dengannya.

Ketika mengumumkan kebijakan baru pada bulan Mei, Google mengatakan bahwa mereka mengubah kebijakannya karena alasan keamanan, dan mencatat bahwa akun lama dan tidak digunakan lebih mungkin untuk disusupi.

Baca Juga: Tampangnya Sih Baik, Tapi Ini 10 Ciri orang yang Diam-diam Tidak Suka dengan Kita

“Akun yang terlupa atau tidak dijaga sering kali mengandalkan kata sandi lama atau yang digunakan kembali yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna,” tulis Wakil Presiden Manajemen Produk Google Ruth Kricheli di postingan blog perusahaan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

2 Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi Adalah Suami Istri

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.00 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

Perlintasan Tanpa Palang Pintu, PT KAI Sebut 2 Warga Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)