Rahasia 28 Tahun Berkah Baru Eksis di Sukabumi di Tengah Persaingan Bisnis Ritel

Minggu 28 Juli 2019, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak terasa sudah 28 tahun Berkah Baru Toserba melayani masyarakat Sukabumi. Perjalanan usaha yang begitu panjang ini merupakan komitmen Berkah Baru untuk setia memenuhi kebutuhan konsumen, sesuai motto Berkah Baru sekali melangkah, segala kebutuhan terjawab sudah.

Diusianya yang ke-28 tahun bagaimana upaya Berkah Baru Toserba mewujudkan kepuasan pelanggan serta strategi seperti apa melawan persaingan perusahaan ritel di Sukabumi, Simak wawancara Rhasmalajaya, Marketing Berkah Baru.

Bagaimana sejarah memulai usaha Berkah Baru Toserba ini?

Jadi kalau dari sejarah Berkah Baru sendiri, kita flashback ke belakang sebelum ada Berkah Baru, owner kami mendirikan sebuah usaha grosir dan tekstil. Sebelum akhirnya di tahun 1992 mendirikan swalayan, Berkah Baru ini sebagai pelopor swalayan di Sukabumi.

Saat ini ada berapa cabang Berkah Baru Toserba?

Kita ada delapan cabang. Pusat di Cibadak, Cicurug, Cisaat, Pangleseran, Warungkiara, Cikembar, Palabuhanratu dan Cidahu. 

Kalau sasaran pelanggan Berkah Baru kalangan apa?

Dulu sampai sekarang semua kalangan dari mulai anak TK sampai ke bapak-bapak ibu-ibu nenek kakek pasti jadi pelanggan kita. Karena di Berkah Baru tersedia semua jenis kebutuhan semua kalangan.

Saat ini toko-toko ritel ini sudah banyak sekali bagaimana Berkah Baru menghadapinya?

Berkah Baru sendiri merasakan banget head to head (dengan toko retail lain). Terus apa yang menjadi keunggulan dan bisa bertahan sampai 28 tahun itu salah satunya kita punya costumer yang solid pastinya dan harga kita murah. Kalau bisa membanggakan diri, bisa kita bilang ritel termurah tuh kita. Yang bedain Berkah Baru dengan ritel lain dari harga aja. Saya berani jamin Berkah Baru berani beda. Kalau sekilas aja kita lihat Berkah Baru memang tak ada bedanya (dengan ritel lain) tapi begitu masuk, disitu baru merasakan perbedaan. Kalau di kompetitor harganya misalkan seribu di Berkah Baru bisa di bawah itu. 

Di tengah persaingan retail bagaimana perkembangan usaha Berkah Baru?

Karena persaingan itu mau tidak mau bagaimana nih caranya kita terus berkembang.

Cara memelihara ikatan Berkah Baru dengan costumer seperti apa?

Selain murah, kita juga setiap bulan mengadakan promo-promo. Jadi sudah murah terus dapat promo lagi. Selain itu ada event-event tertentu. Itu salah satu andalan menjalin hubungan dengan costumer.

Kalau jalinan kerja Berkah Baru dengan siapa saja?

Berkah Baru menjalin kerja sama dengan beberapa koperasi di Sukabumi. Kita suplai barang juga. 

Dalam waktu dekat ini di puncak hari jadi ke-28 ada acara apa?

Kita sudah siapkan spesial untuk costumer kita. Kita siapkan event besar-besaran kalau disebut pesta rakyat nggak, lebih kepada hiburan saja. Eventnya kita laksanakan minggu depan, 4 Agustus di Lapang Sekarwangi Cibadak. Event utamanya kita laksanain jalan santai. Jadi pada dasarnya gak bayar. Gimana cara dapatin tiketnya bisa datang ke Berkah Baru Toserba. Kalau di wilayah Kota Sukabumi di kantor sukabumiupdate.com.

Sebelum puncak acara, ada event apa lagi? 

Sebetulnya kita ada dua acara sekarang sedang berjalan di toko yaitu kupon undian belanja. Jadi setiap belanja Rp 50 ribu di cabang kami itu dapat satu kupon undian berlaku kelipatan. Misalkan belanja Rp 200 ribu dapat empat kupon. Berarti dapat kesempatan hadiah yang akan diundi pada tanggal 4 Agustus nanti. Di tanggal 4 Agutus sendiri seperti yang saya sampaikan di main eventnya ada jalan santai terus ada senam aerobik, ada bazzar. Bazzar ini ada bagi-bagi mie kopi itu gratis. Ada pangkas rambut gratis setelah dipangkas ada hair styling. Ada periksa kesehatan gratis, ada donor darah ada lomba mewarnai usia 4-6 tahun itu kategori A. Kategori B itu ada 7-10 tahun. Untuk lomba ini hadiahnya sepeda. Hiburannya dangdut. Hadiahnya yah, hadiah grand prize ada satu buah sepeda motor, hadiah lainnya ada kulkas, sepeda, mesin cuci, tv led, ada parsel, goodie bag, setrika, kaos, jam dinding, dispenser, total ada 600 hadiah yang kita bagikan.

Tujuan event ini apa?

Ucapan rasa terima kasih kita Berkah Baru 28 tahun berdiri. Terima kasihnya kami kepada costumer setia kami makanya kita adakan event ini yang memang benar-benar untuk costumer dan belum menjadi costumer kami.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa