Penempatan Guru P3K PAI Di Cidolog Sukabumi Picu Polemik, Peran Pengawas PAI Disorot?

Sabtu 15 Juni 2024, 00:14 WIB
Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Penempatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja
Pendidikan Agama Islam (P3k PAI) di SDN Tegallega, Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi memicu polemik ditengah warga.

Kepada sukabumiupdate.com, tokoh pemuda Desa Tegallega, Yayang mengatakan penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega menjadi menjadi perhatian warga karena diduga ada kejanggalan.

Menurut Yayan, sebelum adanya pengangkatan P3K tahun 2024 ini, di SDN Tegallega sudah ada tiga orang pengajar PAI, satu guru PNS dan dua honorer. Pada saat itu, jam mata pelajaran pendidikan agama sebenarnya sudah terpenuhi dengan hanya satu guru PNS, bahkan dua pengajar honorer PAI dilibatkan sebagai guru kelas, karena jam mengajar PAI sudah tertangani.

Yayang menjelaskan, pada periode pengangkatan P3K PAI tahun 2024 ini, dua orang pengajar PAI honorer di SDN Tegallega turut diangkat. Setelah ditetapkan mereka akhirnya keluar dari SDN Tegallega, dan pindah mengajar ke SDN Cikarang (jarak 10 kilometer dari Desa Tegallega), dan SDN Cimahi Desa Cidolog (jarak sekitar 8,5 kilometer).

Kemudian, sambung Yayang, tiba tiba sekarang masuk pengajar PAI status P3K angkatan tahun 2024 yang berasal dari SDN Cidolog. "Kalau memang SDN Tegallega membutuhkan pengajar PAI, kenapa bukan salah satu pengajar yang keluar diminta oleh pihak SDN Tegallega, apalagi mereka berdua sudah lama mengajar di SDN Tegallega, jadi tahu betul situasi dan kondisi siswa, serta lingkungan sekolah," jelas Yayang, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Aksi Ribuan Guru Honorer Tuntut Formasi P3K: Ancam Boikot Mengajar Jika Tak Dipenuhi

"Kami mencurigai adanya permainan dari pengawas PAI, karena yang merekomendasi ke BKPSDM adalah pengawas PAI," tegas Yayang.

Kepala Sekolah SDN Tegallega, Jumhadi menyatakan pihaknya memang membutuhkan dua pengajar PAI, mengingat SDN Tegallega memiliki 8 rombel dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang.

Ia mengatakan, dua guru PAI yang dibutuhkan yaitu satu pengajar 24 jam, dan satu lagi 8 jam. Jadi kalau satu pengajar kurang, kalau dua pengajar juga kurang jamnya, makanya sisanya kunjungan ke sekolah lain, agar pas jam mengajarnya.

"Awalnya saya mengajukan satu diantara dua guru, mengusulkan lolos butuh diajukan ke Disdik dan BKPSDM, ditandatangani saya sendiri, dan PGRI. Akan tetapi tidak ada realisasi, malah didatangkan pengajar PAI dari SDN Cidolog. Kalau yang datang pengajar PAI, kenapa yang selama ini kami usulkan dan pertahankan tidak direalisasikan," ungkapnya.

"Penempatan itu, sejak diterbitkannya SPMT, sekitar awal bulan Juni," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengatakan pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu terkait apa yang terjadi. "Nanti akan ada penjelasan dari yang membidanginya," ucapnya singkat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita

Gapoktan Desa Bojonggaling Gaet BP3K

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB
Gapoktan Desa Bojonggaling Gaet BP3K
Berita Terkini
Life23 Juli 2024, 06:30 WIB

8 Rutinitas Pagi yang Tidak Pernah Ditinggalkan Orang Sukses

Rutinitas pagi yang terstruktur dan positif dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Dengan meniru kebiasaan pagi orang sukses, Anda dapat memulai hari dengan lebih baik dan mencapai tujuan hidup dengan lebih efektif. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)