Masjid Al-Jalil Surade Sukabumi, Dibangun Keturunan Eyang Santri Dalem saat Zaman Belanda

Senin 18 Maret 2024, 10:55 WIB
Masjid Besar Al-Jalil di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

Masjid Besar Al-Jalil di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Besar Al-Jalil kebanggaan warga Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ternyata tidak lepas dari kisah keturunan Eyang Santri Dalem atau Eyang Cigangsa, salah satu tokoh pendiri Surade.

Tokoh Pajampangan, Ki Kamaludin (72 tahun), mengatakan dari catatan almarhum H Achmad Kosasih yakni seorang wedana Jampangkulon dan masih keturunan Eyang Santri Dalem, pada 15 Juni 1982 menjadi awal berdirinya masjid itu dengan nama Masjid Haji Abdul Jalil. Masjid ini berdiri di atas tanah wakaf H Abdul Jalil yang adalah tokoh Surade. H Abdul Jalil menjadi lurah di Surade sekitar 1920.

Saat ini masjid tersebut bernama Masjid Al-Jalil. Lokasinya berada di pusat perkotaan Surade, jalan provinsi ruas Surade-Ujunggenteng, tepatnya di Bundaran Surade, Kelurahan/Kecamatan Surade, atau depan Taman Megalodon.

Baca Juga: Membaca Sejarah Papajar, Tradisi Sambut Ramadhan yang Berkembang di Sukabumi

Dalam catatannya, lanjut Ki Kamaludin, H Abdul Jalil merupakan keturunan Eyang Santri Dalem dari Raden Wangsamanggala beserta Raden Haji Asep Abdul Hadi. Keduanya kakak beradik putra Raden Pranabangsa anak Raden Sanggaprana bin Aria Santri Dalem atau Eyang Cigangsa.

"Kakak beradik ini yang mula membuka Surade, asal hutan dibuat permukiman, saluran air, dan sawah. Kemudian Raden Haji Asep Abdul Hadi menjadi lurah di Surade dan menginjak masa tuanya bermukim beberapa tahun di Bagdad. Lalu setelah kembali ke tanah air dan wafat, dimakamkan di TPU Cikangkung, Kelurahan Surade," katanya kepada sukabumiupdate.com, Senin (18/3/2024).

Selanjutnya, Haji Mansur (putra Raden Wangsamanggala,) dan saudara sepupu yaitu Haji Abdul Jalil (putra H Asep Abdul Hadi) waktu zaman penjajahan Belanda mengusulkan kepada pemerintah Belanda agar Surade dijadikan ibu kota Kecamatan Ciracap dengan beberapa pertimbangan saat itu. Hasilnya, ibu kota dipindahkan ke Surade sekitar 1920 yang terdiri sembilan desa.

"Dalam catatan, diperkirakan tahun 1920 H Abdul Jalil saat menjadi Lurah Surade mendirikan masjid itu. Beliau merupakan anak H Asep Abdul Hadi bin Raden Pranabangsa bin Raden Sanggaprana bin Eyang Santri Dalem. Seiring perkembangan waktu, masjid itu sudah beberapa kali direnovasi. Bahkan saat ini juga sedang dalam proses renovasi" ujar Ki Kamaludin.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Kecantikan16 Juli 2024, 19:30 WIB

9 Manfaat Masker Jelly untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tips Menggunakannya

Masker jelly bisa membantu memberikan hidrasi mendalam dan membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.
Ilustrasi Memakai Masker Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 19:26 WIB

Respons Dispar Soal Pelecehan Seksual Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni berharap pihak kepolisian bisa memproses secepatnya kasus dugaan pemerkosaan ini.
Jujun Juaeni, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life16 Juli 2024, 19:00 WIB

12 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Ditiru, Positif dan Bermanfaat!

Orang sukses memiliki kebiasaan pagi yang membantu mereka menjadi lebih fokus, produktif, dan mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi - Orang sukses memiliki kebiasaan pagi yang membantu mereka menjadi lebih fokus, produktif, dan mencapai tujuan mereka. (Sumber : Pexels.com/@Andrea Piacquadio).