3 Cagar Budaya Baru di Kota Sukabumi Segera Ditetapkan, Ini Daftarnya

Selasa 05 Desember 2023, 19:21 WIB
Rumah tahanan Bung Hatta dan Sutan Sjahrir bakal ditetapkan jadi Cagar Budaya Kota Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)

Rumah tahanan Bung Hatta dan Sutan Sjahrir bakal ditetapkan jadi Cagar Budaya Kota Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang berada di Kota Sukabumi akan segera ditetapkan sebagai bangunan Cagar Budaya. Tiga ODCB tersebut yaitu Gedung Balai Kota Sukabumi, Rumah Tahanan (rutan) Mohammad Hatta alias Bung Hatta dan Sutan Sjahrir, serta Gereja Sidang Kristus.

Ketiga ODCB itu akan resmi ditetapkan sebagai cagar budaya dalam sidang penetapan cagar budaya Rabu 6 Desember 2023 besok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penetapan tiga objek tersebut sebelumnya telah melalui tahapan seleksi dari 21 ODCB lainnya di Kota Sukabumi oleh tim Cagar Budaya setempat.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, bahwa setelah ketiga objek tersebut statusnya ditetapkan menjadi cagar budaya, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara merawatnya.

"Tinggal PR (Pekerjaan Rumah) kita sebenarnya untuk me-maintenance tiga cagar budaya yang ditetapkan. Mohon doanya juga dan ini adalah bukti sejarah terutama di Kota Sukabumi begitu banyak bangunan bangunan sebagai cagar budaya," ungkap pria yang akrab disapa Tutus itu kepada sukabumiupdate . com, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga: Disdikbud Targetkan Tiga Bangunan di Kota Sukabumi Jadi Cagar Budaya

Namun demikian, penetapan tiga cagar budaya baru ini merupakan penghargaan terhadap bukti sejarah di Kota Sukabumi. Termasuk diberikan bagi orang-orang yang berperan dalam meningkatkan pembangunan di Kota Sukabumi.

"Ini adalah bukti sejarah terutama di Kota Sukabumi begitu banyak bangunan bangunan sebagai cagar budaya ini buat penghargaan kita terhadap budaya dan terhadap orang orang yang berperan dalam meningkatkan, mereka berperan dalam pembangunan di Kota Sukabumi," kata dia.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji terkait rencana penetapan tiga ODCB jadi Cagar Budaya baru Kota Sukabumi.Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji terkait rencana penetapan tiga ODCB jadi Cagar Budaya baru Kota Sukabumi.

Ke depan, lanjut Tutus, berencana menjadikan ketiga cagar budaya tersebut menjadi objek wisata sejarah. Selain menjadi edukasi bagi warga masyarakat, pemanfaatan cagar budaya menjadi objek wisata juga dapat menumbuhkan perekonomian Kota Sukabumi.

"Harus (jadi objek wisata), jadi nanti selain juga pemeliharaan kan juga terbatas kita akan coba pemanfaatan barang milik daerah (BMD) ini yang seyogyanya ada inovasi agar kita lebih mempermudah untuk mendapatkan sumber pendapatan yang sah terutama juga nanti mungkin kunjungan kunjungan ke Kota Sukabumi semakin bertambah banyak karena spesifik ada cagar budaya budaya yang sangat luar biasa," tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 April 2024, 22:27 WIB

Ajarkan Strategi Mengatasinya, Ini 5 Cara Mengajari Anak Tentang Perasaannya

Ketika anak melakukan kesalahan dengan melampiaskan sesuatu karena marah mereka frustasi, anggaplah ini sebagai kesempatan untuk mengajari mereka cara berbuat lebih baik di lain waktu.
Ilustrasi mengajari anak tentang perasaanya | Foto : Pexels.com/@Tran Lang
Life30 April 2024, 22:20 WIB

Ajarkan Perilaku Yang Pantas, Berikut 6 Cara Merespon Pukulan Anak

Ketika anak memukul anda, maka anda akan merasa malu jika hal itu dilakukan didepan orang banyak. Naun lakukan hal berikut untuk merespon pukulan anak
Ilustrasi merespon pukulan anak | Foto pexels.com/@Ketut Subiyanto
Sukabumi30 April 2024, 22:07 WIB

Tempati Rumah Tidak Layak, Janda di Cibadak Sukabumi Butuh Bantuan

Seorang janda, Nyai (54 tahun) dengan satu anak, warga Kampung Gunung Karang RT 2/9, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, tinggal di rumah dengan kondisi tidak layak
Nyai (54 tahun) seorang janda membutuhkan bantuan untuk perbaikan rumah yang tidak layak huni | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi30 April 2024, 21:33 WIB

Akui Sempat Kolaps, PT BDJ Sukabumi Akhirnya Tunaikan Tunggakan Upah Pekerja

Direktur Utama PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) Sukabumi Jane Maureen mengakui jika perusahaanya sempat kolaps hingga menunggak pembayaran upah pada sejumlah karyawannya.
Suasana pembayaran upah pekerja di PT BDJ Sukabumi di Jalan Raya Panggeleseran - Babakan, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (30/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Life30 April 2024, 21:16 WIB

Tetap Fokus Pada Pengembangan, Berikut 5 Tips Mengatasi Amukan Balita yang Tidak Terkendali

Amukan balita seringkali membuat kita kelelahan, namun jangan khawatir berikut beberapa tips untuk mengatasinya.
Ilustrasi mengatasi amukan balita / pexels.com/@Kevin Fai
Sukabumi30 April 2024, 21:08 WIB

Dorong Putera Daerah Maju Pilkada Sukabumi 2024, Haji Ucok: Banyak yang Mampu

Tokoh Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusuf melempar wacana sekaligus mendorong agar putera puteri terbaik Sukabumi maju dalam perhelatan pemilihan bupati / wakil bupati yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
H. Ucok Haris Maulana Yusuf | Foto : Facecook H Ucok Hari MY
Sehat30 April 2024, 21:00 WIB

7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Sehat dan Dijamin Efektif

Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami.
Ilustrasi Teh Jahe Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik/jcomp)
Life30 April 2024, 20:55 WIB

11 Kegiatan untuk Meningkatkan Perkembangan Balita, Salah Satunya Dorong Permainan Pura-Pura

Dorong perkembangan kognitif dan bahasa dengan aktivitas belajar sehari-hari yang menyenangkan untuk balita ini.
Ilustrasi perkembangan balita / Sumber : pexels.com/@pixabay
Life30 April 2024, 20:40 WIB

Memiliki Kontrol Impuls yang Buruk, Waspadai 4 Alasan Anak Berani Mencuri

Dalam kebanyakan kasus, mencuri terjadi karena rasa ingin tahu, kurangnya batasan atau pemahaman, tekanan teman sebaya, dan/atau pencarian sensasi.
Ilustrasi alasan anak berani mencuri / Sumber : pexels.com/@Alexey domidov
Sukabumi30 April 2024, 20:29 WIB

Berawal Kenalan di Medsos, Gadis di Bawah Umur Digilir 2 Remaja di Sukabumi

Berawal dari kenalan di Medsos, Polisi ungkap kronologi kasus dugaan pencabulan oleh dua remaja terhadap gadis 15 tahun di Kota Sukabumi.
Ilustrasi - Kasus dugaan pencabulan dilakukan dua remaja terhadap gadis di bawah umur di Kota Sukabumi. (Sumber : istimewa)