BPJS Ketenagakerjaan Tandatangani Kerjasama dengan DMI Kota Sukabumi

Kamis 26 Oktober 2023, 16:59 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Kerjasama dengan DMI Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Kerjasama dengan DMI Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Sukabumi di Aula Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Rabu (25/10/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Oki Widya Gandha dan ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Sukabumi KH Apep Saepulloh. Penandatanganan ini dalam rangka memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pengurus dan anggora DMI di Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Oki mengatakan BPJS Ketenagakerjaan menjadi kebutuhan dasar yang wajib dimiliki oleh pekerja sektor apapun termasuk para pengurus masjid, karena tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan resiko itu bisa terjadi.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan yang ditunjuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan prinsip nirlaba atau tidak mencari keuntungan,” ucapnya.

Baca Juga: 50 Perisai BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Ikuti Upscalling Kinerja

Berbeda dengan asuransi swasta yang mencari keuntungan dari nasabahnya, BPJS Ketenagakerjaan pada prinsipnya berprinsip gotong royong sehingga setiap iuran yang dibayarkan oleh peserta atau perusahaan bisa dipertanggungjawabkan atau akan kembali kepada peserta jika mengalami resiko.

“Resiko saat bekerja sangat mungkin terjadi termasuk para pengurus masjid, maka dari itu perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan rasa nyaman tanpa rasa khawatir saat bekerja,” lanjutnya.

Ketua DMI Kota Sukabumi KH Apep Saepulloh menyampaikan program dari BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bagus dan manfaatnya sangat besar untuk para pengurus masjid. Para Ketua DMI atau DKM yang hadir pada sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pengertian kepada pengurus lainnya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sosialisasi tentang BPJS Ketenagakerjaan sangat perlu dilakukan agar informasi bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk para pengurus masjid yang berada di wilayah Kota Sukabumi,” ucapnya.

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Sukabumi berupaya memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid, salah satunya dengan memastikan seluruh pengurus masjid menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis kartu kepesertaan dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi kepada Ketua DMI dan perwakilan pengurus DMI Kota Sukabumi, serta sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan iuran yang sangat terjangkau, manfaat yang diterima sangat besar, untuk para pengurus masjid termasuk kategori pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) dengan iuran yang dibayarkan hanya Rp 16.800 per bulan per orang.

Seperti diketahui pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) akan mendapatkan perlindugan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan manfaat jika mengalami JKK berhak mendapatkan perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai indikasi medis, homecare service, santunan sementara tidak mampu bekerja selama 12 bulan pertama sebesar 100% upah, jika meninggal dunia akibat kecelakaan kerja mendapatkan santunan 48x upah hingga program kembali bekerja atau return to work, sedangkan manfaat program JKM yaitu santunan sebesar Rp 42 juta dan beasiswa untuk dua orang anak mencapai Rp 174 juta. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)
Sukabumi08 Mei 2024, 19:37 WIB

Mau Jadi Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024, Cek Syaratnya di Sini

Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dibuka, berikut kriteria dan syaratnya.
Finalis Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2023. (Sumber : Istimewa)
Gadget08 Mei 2024, 19:30 WIB

Sering Dapat Telepon dari Nomor Tidak Dikenal? Begini Cara Blokirnya di HP Android atau iPhone

Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone.
Ilustrasi - Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone. (Sumber : Freepik.com/@vecstock).
Life08 Mei 2024, 19:15 WIB

7 Langkah yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Menghindari Memanjakan Anak

Membesarkan anak yang tidak manja berarti kita menikmati kebersamaan dengan mereka dengan lebih sedikit konflik dan lebih banyak kesenangan.
Ilustrasi menghindari memanjakan anak (Sumber : pexels.com/ @PolesieToys)