Aksi Spontan Sopir Tangki Perumdam TJM Jinakan Kobaran Api di Segog Sukabumi

Selasa 12 September 2023, 23:10 WIB
Mobil tangki perumdam TJM saat menyiramkan air ke kobaran api di kebakaran penggergajian kayu di Segog Sukabumi | Foto : Ist

Mobil tangki perumdam TJM saat menyiramkan air ke kobaran api di kebakaran penggergajian kayu di Segog Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Sopir truk tangki yang membawa air minum milik Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi melakukan aksi terpuji, ia refleks bertindak melakukan pemadaman kobaran api di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) di Segog, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Diketahui, kebakaran terjadi menimpa sebuah bangunan tempat penggergajian kayu tepatnya di Kampung Segog RT/RW 02/02, Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa 12 September 2023 sekitar pukul 08.00 WIB.

Sopir truk tangki air minum milik Perumdam TJM Sukabumi, Irman Saepulloh (37 tahun), menceritakan kepada sukabumiupdate.com, saat ia sedang melintas membawa mobil tangki air minum dari Sukabumi ke arah Cibadak, tepat di lokasi ia melihat sebuah bangunan sedang kebakaran. Melihat peristiwa tersebut, ia spontan melakukan pemadaman dengan menyiramkan air yang ia bawa dalam mobil tangki tersebut.

Baca Juga: Pemanggilan Cak Imin oleh KPK Dikritik PMII Kota Sukabumi

“Itu kebetulan lewat pak, tadinya saya mau ngirim ke desa ciambar, liat api besar, takut ke rumah yang sebelahnya, ya udah saya bantu nyiramin, sambil nunggu datang petugas pemadaman,” ujar Irman atau biasa dipanggil Ocol melalui sambungan telepon.

Kata Irman, aksi penyiraman itu terus ia lakukan sampai petugas pemadam kebakaran dari pos jaga Cibadak tiba. Ia menyebut, hampir menghabiskan air setengahnya dalam mobil tangki yang ia bawa.

“Setelah tim pemadam kebakaran tiba dilokasi, saya lanjut jalan lagi,” sambungnya.

Irman menyebut karena air dalam tangki tinggal setengahnya, lantas ia melimpahkan sisa air tersebut ke mobil pemadam. “Kan kalau dibawa juga nanggung, keplok,” imbuhnya.

Baca Juga: Tidak Ada Site Plan Terpampang di Proyek Double Track Stasiun Cisaat Sukabumi

Aksi sopir tangki perumdam TJM secara spontan melakukan pemadaman kebakaran dilandasi kenyataan bahwa kejadian kebakaran di musim kemarau seperti sekarang ini bisa terjadi dimana saja, dan menuntut semua pihak untuk tetap waspada.

Wakil Danton Posko 4 Cibadak, Asep Romal, menjelaskan kebakaran tersebut pertama kali dilaporkan pada pukul 08.00 WIB. Menanggapi laporan tersebut, pihaknya segera mengerahkan dua unit mobil pemadam dan satu unit mobil rescue ke lokasi kejadian. 

"Sebanyak 17 anggota tim pemadam kebakaran turut serta dalam upaya memadamkan api yang membesar dengan cepat," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Kemarau, Perumdam TJM Palabuhanratu Jamin Aliran Air ke Pelanggan Tetap Lancar

Asep menyatakan, proses pemadaman berlangsung selama kurang lebih dua jam, dan akhirnya, pada pukul 10.00 WIB, api berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran.

"Namun, untuk penyebab pasti kebakaran ini masih dalam tahap penyelidikan. Bangunan yang terbakar telah lama tidak digunakan, sehingga masih perlu pendalaman lebih lanjut untuk menentukan sumber api," kata dia.

Peristiwa ini, sambung Asep, meskipun tidak mengakibatkan korban jiwa, menyebabkan kerugian materi yang signifikan. "Kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 100 juta," jelasnya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional28 September 2023, 01:39 WIB

Rayakan Ultah ke-25, Ini Sejarah Berdirinya Google

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tepat di Hari ini 27 September 2023 . Perayaan ultah perak ini ditandai dengan Google Doodle yang semarak dengan angka 25
Gedung kantor Google | Foto : Ist
Sukabumi Memilih28 September 2023, 00:32 WIB

Anies-Cak Imin Bertemu HRS di Petamburan, Ini Kata PKB dan NasDem

Duet bakal Capres-Cawapres 2024 Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies-Cak Imin sowan HRS di Petamburan, ada apa?
Bakal Capres Anies Baswedan dan cawapresnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu dengan Habib Rizieq Syihab di Petamburan 3, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2023) malam (Sumber : Istimewa)
Nasional28 September 2023, 00:00 WIB

Viral Kasus Bullying Siswa SMP Cimanggu Cilacap, Ini Motif Pelaku Aniaya Korban

Selain ungkap motif, Polisi menyebut kasus bullying siswa SMP di Cimanggu Cilacap ini akan diproses peradilan anak.
Tangkapan layar video viral bullying siswa SMP di Cimanggu Cilacap Jawa Tengah. Polisi ungkap motif pelaku aniaya korban. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 September 2023, 23:55 WIB

Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Setiap musim pelaksanaan pemilu, anggaran (ongkos demokrasi) yang digelontorkan oleh pemerintah untuk pemilu selalu mengalami peningkatan.
Anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 Triliun | Foto : Sy
Keuangan27 September 2023, 22:48 WIB

Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

Dalam rangka menumbuhkan jiwa enterpreneur di kalangan mahasiswa, kelompok pengusaha Sukabumi menggelontorkan Rp 40 juta dana stimulan bagi mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis (Adbis) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Pengusaha Sukabumi (diwakili Anjak Priatama Sukma dan Tomi Ardi) membantu permodalan bagi kelompok usaha mahasiswa sebesar Rp 40 juta | Foto : Asep Awaludin
Bola27 September 2023, 22:24 WIB

Satgas Anti Mafia Bola Polri Ungkap Match Fixing Liga 2, Tetapkan 6 Tersangka

Dalam kasus suap match fixing ini ada empat wasit yang jadi tersangka. Modusnya menurut Satgas Anti Mafia Bola, tidak angkat bendera saat offside.
Wakabareskrim Polri selaku Kasatgas Anti Mafia Bola Irjen. Pol. Asep Edi Suheri pres rilis pengungkapan kasus match fixing Liga 2 tahun 2018. (Sumber : Divisi Humas Polri)
Film27 September 2023, 22:00 WIB

Drama Korea Moving Open Ending, Ada Season 2? Begini Penjelasan Kang Full

drama korea Moving sukses mengakhiri penayangannya, namun beberapa bagian di akhir episode menjadi pertanyaan penggemar dan mengira akan ada season 2
drama korea Moving sukses mengakhiri penayangannya, namun beberapa bagian di akhir episode menjadi pertanyaan penggemar dan mengira akan ada season 2 | Sumber: Instagram /@disneypluskr
Sukabumi Memilih27 September 2023, 21:55 WIB

70,5 Persen Kades Pendatang Baru, 3 Perempuan Terpilih di Pilkades Sukabumi

Tiga orang calon kepala desa perempuan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sukabumi berhasil lolos menjadi pemenang
Tiga orang perempuan terpilih menjadi kades di Pilkades serentak Sukabumi 2023 | Foto : Sy
Life27 September 2023, 21:30 WIB

10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Salah Satunya Sulit Fokus

Ciri-ciri orang yang mudah stres ini dapat berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya
Ilustrasi. 10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Salah Satunya Sulit Fokus (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi27 September 2023, 21:20 WIB

Geger Pria Ditemukan Tewas di Penginapan di Ciracap Sukabumi

Warga Ciracap digegerkan dengan penemuan seorang pria tewas di salah satu penginapan di Ciracap Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/9/2023) sekitar pukul 17.30 WIB
Seorang pria ditemukan tewas tergantung di salah satu penginapan di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang