Menuju Graduasi Penerima PKH, Kota Sukabumi Launching Inovasi PKM Pelopor

Jumat 08 September 2023, 08:22 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi KPM Pelopor di halaman Kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi KPM Pelopor di halaman Kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pelopor dalam rangka graduasi menuju graduasi mandiri penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di halaman kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023.

Graduasi ini berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan dikategorikan mampu sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial PKH. Selain graduasi KPM, dilakukan pula penyerahan simbolis komputer ke Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) kelurahan.

''Alhamdulillah di-launching inovasi KPM Pelopor dan penyerahan seperangkat komputer ke-33 puskesos kelurahan,'' ujar Fahmi.

Ia mengatakan inovasi diperlukan karena permasalahan angka kemiskinan dan warga pindah ke kota cenderung tinggi. Sehingga, kata Fahmi, perlu intervensi untuk menekan angka kemiskinan, salah satunya melalui PKH.

Baca Juga: HUT PSM ke-48, Dinsos Kota Sukabumi Buka Ragam Layanan Gratis

Namun, lanjut Fahmi, ketika sudah naik tingkat ekonominya rata-rata tidak bersedia dalam proses graduasi. Bagaimana caranya yang meningkat statusnya bisa graduasi mandiri dan perlu dilakukan sistem pendukung yang membuat mereka sadar.

Misalnya, kata Fahmi, membuat sistem KPM Pelopor. Nantinya mereka disiapkan untuk titik tertentu agar graduasi mandiri dan memotivasi para KPM yang ada di sekitarnya yang dulu jadi penerima jadi pemberi.

Fahmi mengatakan, masalah kemiskinan adalah masalah mental dan dalam KPM Pelopor memotivasi dengan cerita-cerita. Berharap yang jadi KPM pelopor mental dikuatkan dan dibangun jadi motivator dan inspirasi bagi KPM lainnya.

''Dimotivasi hingga siap secara mental, graduasikan para KPM,'' imbuh Fahmi. Agenda lainnya yakni Puskesos akan diberikan perlengkapan sehingga hal pendataan dan lainya bisa dilakukan dengan baik supaya terjadi perbaikan.

Ia menitipkan alat-alat ini jangan digunakan untuk yang lain. Selain itu para lurah dan camat siapka ruang untuk puskesos memberikan dukungan. Sehingga mampu intevensi masalah sosial di lapangan serta lurah dan camat ajak kolaborasi elemen masyarakat. (ADV)

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo