Menuju Graduasi Penerima PKH, Kota Sukabumi Launching Inovasi PKM Pelopor

Jumat 08 September 2023, 08:22 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi KPM Pelopor di halaman Kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi KPM Pelopor di halaman Kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pelopor dalam rangka graduasi menuju graduasi mandiri penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di halaman kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023.

Graduasi ini berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan dikategorikan mampu sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial PKH. Selain graduasi KPM, dilakukan pula penyerahan simbolis komputer ke Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) kelurahan.

''Alhamdulillah di-launching inovasi KPM Pelopor dan penyerahan seperangkat komputer ke-33 puskesos kelurahan,'' ujar Fahmi.

Ia mengatakan inovasi diperlukan karena permasalahan angka kemiskinan dan warga pindah ke kota cenderung tinggi. Sehingga, kata Fahmi, perlu intervensi untuk menekan angka kemiskinan, salah satunya melalui PKH.

Baca Juga: HUT PSM ke-48, Dinsos Kota Sukabumi Buka Ragam Layanan Gratis

Namun, lanjut Fahmi, ketika sudah naik tingkat ekonominya rata-rata tidak bersedia dalam proses graduasi. Bagaimana caranya yang meningkat statusnya bisa graduasi mandiri dan perlu dilakukan sistem pendukung yang membuat mereka sadar.

Misalnya, kata Fahmi, membuat sistem KPM Pelopor. Nantinya mereka disiapkan untuk titik tertentu agar graduasi mandiri dan memotivasi para KPM yang ada di sekitarnya yang dulu jadi penerima jadi pemberi.

Fahmi mengatakan, masalah kemiskinan adalah masalah mental dan dalam KPM Pelopor memotivasi dengan cerita-cerita. Berharap yang jadi KPM pelopor mental dikuatkan dan dibangun jadi motivator dan inspirasi bagi KPM lainnya.

''Dimotivasi hingga siap secara mental, graduasikan para KPM,'' imbuh Fahmi. Agenda lainnya yakni Puskesos akan diberikan perlengkapan sehingga hal pendataan dan lainya bisa dilakukan dengan baik supaya terjadi perbaikan.

Ia menitipkan alat-alat ini jangan digunakan untuk yang lain. Selain itu para lurah dan camat siapka ruang untuk puskesos memberikan dukungan. Sehingga mampu intevensi masalah sosial di lapangan serta lurah dan camat ajak kolaborasi elemen masyarakat. (ADV)

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)