5 SMA Negeri di Kota Sukabumi, Ribuan Calon Siswa Gagal Lolos PPDB 2023

Kamis 13 Juli 2023, 17:38 WIB
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kota Sukabumi Ceng Mamad jelaskan soal PPDB 2023 (Sumber : sukabumiupdate/awaludin)

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kota Sukabumi Ceng Mamad jelaskan soal PPDB 2023 (Sumber : sukabumiupdate/awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Masa Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2023 untuk SMAN dan SMKN di wilayah Jawa Barat selesai dilaksanakan. Khusus Kota Sukabumi, Dinas Pendidikan atau Disdik Jawa Barat menyebut kuota SMA dan SMK sudah terpenuhi, dan 50 persen dari jumlah pendaftar tak diterima di sekolah negeri.

Hal ini diungkap Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kota Sukabumi Ceng Mamad kepada awak media, Kamis (13/7/2023). Ia mengatakan semua kuota yang tersedia untuk Sekolah Negeri di Kota Sukabumi telah terpenuhi dan hampir 50 persen calon siswa terpaksa tidak diterima.

Diuraikan bahwa ada 4.979 calon peserta didik baru mendaftarkan diri di sekolah negeri di Kota Sukabumi melalui dua tahapan. 2.327 pendaftar SMA dan 2.652 pendaftar untuk SMK.

Baca Juga: Pajampangan Heboh Tipu Mobil Modus Gadai, Pelakunya Tentara Gadungan

Sesuai aturan khususnya SMA, disediakan dua tahapan, pertama yaitu jalur afirmasi, prestasi dan jalur perpindahan tugas (Guru dan TNI, Polri), sedangkan tahap kedua adalah jalur zonasi.

"Tahap 1, kita punya kuota rata-rata 1.292 berarti 1.035 - an yang tidak diterima. Dari tahap pertama itu 50 persen pendaftar itu tidak bisa diterima," kata Mamad di SMAN 1 Kota Sukabumi pada Kamis (13/7/2023).

Menurutnya, mayoritas yang tidak lolos di tahap pertama kembali mendaftar pada tahap kedua (zonasi). Dilihat dari jumlah pendaftar memang tidak sepadan dengan kuota yang tersedia.

Baca Juga: Terjerat Kasus Selingkuh, Polisi Bakal Jemput Paksa Kades Banten Jika Kembali Mangkir

"Tahap 2, mayoritas yang tidak lolos di tahap 1 daftar lagi di tahap 2. Ada juga yang langsung mendaftar di tahap 2 karena merasa rumahnya lebih dekat dan di jalur zonasi ini," kata dia.

Untuk jalur zonasi, kata dia dari 5 sekolah negeri yang ada di Kota Sukabumi memiliki jumlah kuota 960 kursi dan itu sudah terpenuhi.

"Semua kuota (zonasi) sudah terpenuhi sehingga tidak ada satu pun sekolah (negeri) yang kekurangan pendaftar atau ada jalur yang masih kosong," lanjutnya.

Baca Juga: Dorong UMKM Semakin Maju, Pemkab Sukabumi Launching Toko Kami

Mamad menjelaskan, PPDB tahun ini tetap sistem online (aplikasi). Dimana Kemudian pihak sekolah melakukan verifikasi data pada pendaftar. Untuk kota sukabumi lanjut Ceng Mamad, tak semua berasal dari warga kota tapi juga ada calon siswa dari wilayah kabupaten, khususnya kecamatan yang berbatasan dengan kota.

"Pendaftar yang masuk ke Kota Sukabumi itu ada juga yang berasal dari daerah kabupaten seperti Sukaraja, Cisaat, Sukabumi, Cireunghas dan Nyalindung," ungkapnya.

"Jadi ada migrasi pendaftar kabupaten daftar ke Kota Sukabumi. Angkanya sekitar 20 persen. Kita tidak bisa menolak karena PPDB itu lintas kabupaten kota dan mereka masuk lewat jalur non zonasi, seperti prestasi kejuaraan," sambung Ceng Mamad.

Baca Juga: Baru Dibangun 3 Bulan, Rumah Buruh Tani di Tegalbuleud Sukabumi Ludes Terbakar

Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan bagi para peserta didik yang tidak lulus di sekolah negeri dapat beralih ke sekolah swasta. Kota Sukabumi sendiri punya 10 SMA swasta dan 20 SMK swasta.

Sekolah swasta tersebut disebutnya mampu menampung anak usia SMA sederajat. "Sehingga kalau melihat ketersediaan kursi asal mereka mau sebetulnya semua siswa bisa sekolah di Kota Sukabumi. Karena daya tampung (sekolah swasta) masih tersedia banyak dibanding pendaftar," ucapnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 16:35 WIB

PKS Jabar Usulkan Iyos Somantri dan Sodikin ke DPP untuk Maju di Pilkada Sukabumi

Kedua tokoh yang diusulkan memiliki kemampuan untuk memimpin Sukabumi.
Iyos Somantri (kiri) dan M Sodikin (kanan) diusulkan DPW PKS Jabar ke DPP PKS sebagai bakal calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels
Musik11 Mei 2024, 15:00 WIB

Sebentar Lagi Konser di Indonesia, Berikut Lagu Hits Dari NCT DREAM

NCT Dream sebentar lagi akan menggelar konser ketiga di indonesia yang bertajuk The Dream Show 3: DREAM ()SCAPE, yang digelar pada 18 Mei 2024, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
NCT Dream yang akan menggelar konser ketiga di Indonesia 18 Mei 2024 (Sumber : Instagram @/Nct_dream)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 14:07 WIB

Fahmi dan Ayep Zaki Olahraga Bareng di Lapdek Sukabumi, Sinyal Koalisi Pilkada 2024?

Fahmi berpeluang kuat untuk maju di periode keduanya memimpin Kota Sukabumi.
Wali Kota Sukabumi periode 2018-2023 Achmad Fahmi bersama Ayep Zaki berolahraga di Lapang Merdeka (Lapdek) pada Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Film11 Mei 2024, 14:00 WIB

Sinopsis Film The Architecture of Love, Kisah Romantis di New York

Film The Architecture of Love merupakan adaptasi dari novel Ika Natassa berjudul serupa yang menceritakan pertemuan Raia Risjad dengan River Jusuf
Sinopsis film The Architecture of Love Karya Ika Natassa (Sumber : Instagram @/ikanatassa)
Sukabumi11 Mei 2024, 13:54 WIB

Kesehatannya Menurun, Kabar Pria Tunanetra di Tegalbuleud Sukabumi Huni Rumah Bilik

Hendra terlihat hanya terbaring di atas kasur yang sudah lapuk.
Hendra (41 tahun) di rumahnya di Kampung Teluk Jati RT 01/07 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Hidup Jadi Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.  (Sumber : Freepik.com)
Nasional11 Mei 2024, 12:53 WIB

Masih Ditutup! Cek Progres Perbaikan Longsor di Tol Bocimi Seksi 2 (Parungkuda)

Perbaikan longsor di di KM 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 lalu hingga saat ini masih terus dilakukan.
Kondisi perbaikan longsor tol bocimi seksi 2 di KM 64, pada awal Mei 2024 (Sumber: akun youtube sukabumi infrastruktur)