Disbudpora Hadirkan Perang Bojongkokosan di Soekaboemi Tempo Doeloe 2023

Minggu 02 Juli 2023, 12:42 WIB
Antusias warga mengunjungi ornamen dan diorama Perang Bojongkokosan yang dihadirkan Disbudpora Kabupaten Sukabumi di STD 2023. (Sumber : SU/Fitriansyah)

Antusias warga mengunjungi ornamen dan diorama Perang Bojongkokosan yang dihadirkan Disbudpora Kabupaten Sukabumi di STD 2023. (Sumber : SU/Fitriansyah)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga atau Disbudpora Kabupaten Sukabumi menghadirkan ornamen Perang Bojongkokosan dalam Soekaboemi Tempo Doeloe (STD) 2023. Event sejarah kembali di gelar sebagai ajang wisata dan edukasi tentang Sukabumi.

Kembali berlangsung di Heritage Wisma Wisnu Wardhani Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, STD 2023 menghadirkan beragam atraksi dan narasi sejarah ke Sukabumian. Perang Bojongkokosan sendiri adalah salah satu peristiwa sejarah mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung selama berhari-hari di sepanjang jalan dari Bogor - Sukabumi dan Cianjur.

Bojongkokosan adalah nama wilayah di Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi yang menjadi salah satu spot pertempuran paling epik pada tanggal 9 Desember 1945.

Saat itu tentara bersama rakyat menghadang dengan gagah berani konvoi pasukan belanda dan sekutunya, yang berencana menuju Bandung.

Baca Juga: Soekaboemi Tempo Doeloe 2023, Acara Pameran Festival Budaya Gratis!

Perlawanan rakyat di Sukabumi ini juga disebut-sebut sebagai pemicu perang perang mempertahankan kemerdekaan RI di Jawa Barat lainnya, termasuk Bandung Lautan Api.

Untuk mengenang dan mengingat perjuangan rakyat Sukabumi ini, pemerintah membangun sebuah museum di kawasan Bojongkokosan, tempat dimana para pejuang republik melumat konvoi pasukan belanda dan sekutunya waktu itu.

Menampilkan kembali peristiwa Perang Bojongkokosan di ajang event wisata sejarah Soekaboemi Tempo Doeloe, merupakan upaya Disbudpora memperkenalkan peristiwa penting dimasa lalu untuk generasi muda.

"Sekaligus memberikan edukasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang pentingnya perang Bojongkokosan dalam sejarah perjuangan rakyat Sukabumi," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi Yanti Irianti kepada sukabumiupdate.com, Minggu (2/7/2023).

Menurut Yanti, Disbudpora sangat mengapreasiasi kegiatan Soekaboemi Tempo Doeloe ini. "Karena tidak ada masa kini kalau tidak ada masa lalu. Kolaborasi yang baik dalam pelaksanaan STD ini," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)
Life07 Mei 2024, 19:15 WIB

Terapkan Yuk Bund, 5 Aktivitas Fisik Untuk Balita Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Menjaga balita Anda tetap aktif secara fisik dan terhibur bukanlah hal yang mudah.
Ilustrasi aktivitas fisik balita (Sumber : pexels.com /@Tatiana Syrikova)
Keuangan07 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menghindari perilaku konsumtif yang dapat menghambat kemampuan Anda untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan Anda.
Ilustrasi. Suka belanja. Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya. (Sumber : Pixabay)
Sehat07 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala yang Jarang Diketahui

Ketombe adalah kondisi umum pada kulit kepala yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebihan.
ilustrasi ketombe di kepala (Sumber : pixabay.com /@mythjj1)
Life07 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku, Kamu Coba yang Mana?

Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang.
Ilustrasi - Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang. (Sumber : Jagranjosh.com).
Nasional07 Mei 2024, 18:19 WIB

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Pemilu AJI 2024 telah memilih Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui
Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 | Foto : Dok. AJI
Sukabumi07 Mei 2024, 18:18 WIB

Melihat Progres Pembangunan Exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cisaat Sukabumi

Total lahan yang terdampak proyek pembangunan Exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi kurang lebih sekitar 23 hektare.
Kondisi lahan di Cibolang Kaler, Cisaat Sukabumi yang dibersihkan untuk proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3, Selasa (7/5/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)