Bakal Ditanam Lagi, DPUTR Blak-blakan Soal Penebangan Pohon di Trotoar Sukabumi

Rabu 07 Juni 2023, 10:15 WIB
Salah satu titik penebangan pohon dalam penataan trotoar atau jalur pedestrian di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi. | Foto: SU

Salah satu titik penebangan pohon dalam penataan trotoar atau jalur pedestrian di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi. | Foto: SU

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jalur pedestrian atau penataan trotoar di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi menimbulkan polemik soal banyaknya pohon yang ditebang untuk memuluskan proyek ini. Suara-suara penolakan datang dari beberapa pihak yang menilai penebangan tersebut memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Sony Hermanto menjelaskan soal penebangan pohon ini. Menurut Sony, penebangan dilakukan untuk melakukan pola penjarangan dalam mengatur kerapatan jarak tanam pohon. Termasuk upaya pembatasan perakaran dari beberapa jenis pohon yang cenderung merusak.

"Kami akan berusaha agar kesesuaian kepentingan ekologis dengan estetika dalam konteks penataan pedestrian dapat sama-sama terpenuhi. Pola penjarangan yang kami lakukan tentunya memerhatikan banyak hal," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (7/6/2023).

Sony mengungkapkan pola penjarangan juga dilakukan untuk memprioritaskan pohon yang kurang atau sudah tidak baik kondisinya dan mengatur tinggi tajuk pohon yang telah melewati batas tinggi. Sony menyebut konsep estetika dalam penataan lanskap adalah keserasian dan keseragaman, sehingga dibutuhkan tindakan peremajaan pohon dengan mengganti atau menanam kembali jenis-jenis pohon yang sama dengan seragam di ruas jalan lainnya.

"Hal tersebut akan dilakukan (sudah masuk perencanaan). Penanaman pohon dengan jenis yang sama dan seragam serta jarak yang ideal akan dilakukan di Jalan KH Ahmad Sanusi dan Jalan RA Kosasih, seiring dengan perencanaan pembangunan gapura atau gerbang jalan," ujarnya.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Sony juga menerangkan bahwa menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, kondisi sebagian besar pohon-pohon yang berada di area jalur hijau di wilayah Kota Sukabumi sudah tidak dalam kondisi yang ideal, baik secara jenis, vegetasi, jarak tanam, kondisi perakaran, dan tajuk tertinggi serta terendah.

"Kebutuhan akan ruang terbuka hijau sudah kami akomodir. Khusus penataan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, penanaman pohon palem raja (degung) akan dilakukan dan sudah masuk di RAB ((Rencana Anggaran Biaya) pada DED-nya (Detail Engineering Design). Penyebaran ruang terbuka hijau sudah kami lakukan pula, contohnya untuk ruas Jalan Ahmad Yani yang sebelumnya sulit ditanami pohon, sekarang dengan pembangunan atau penataan pedestrian yang dilakukan, bisa kami tanami pohon (dapat dilihat di jalan tersebut)," kata Sony.

"Kemudian apabila kita kaji dari perspektif keselamatan lalu lintas jalan di ruang terbuka hijau kawasan perkotaan, maka rumusnya adalah semakin tinggi, semakin besar, semakin tua suatu pohon, maka akan semakin tinggi pula risiko pohon itu tumbang dan menyebabkan tingkat kecelakaan yang tinggi. Prinsipnya kami pun akan senantiasa memerhatikan kepentingan ekologis dalam melakukan pembangunan-pembangunan infrastruktur, baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan," imbuhnya.

Sebelumnya, DPUTR Kota Sukabumi akan mengevaluasi penataan trotoar (jalur pedestrian) yang tengah berlangsung di beberapa ruas jalan. Ini dilakukan agar pekerjaan bisa terlaksana sesuai tahapan perencanaan yang telah disusun di mana harus selesai pada Juli 2023.

DPUTR melalui Bidang Bina Marga melakukan penataan trotoar di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi yakni Jalan Veteran, Siliwangi, Sudirman, dan Arif Rahman Hakim yang terintegrasi dengan bagian barat Jalan Bhayangkara.

Baca Juga: Pembangunan Jalur Pedestrian, Jalan Depan Gedung Juang Sukabumi Ditutup Sebagian

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Lutfi Alip mengungkapkan penataan empat ruas jalan itu menggunakan anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rp 34 miliar dan ditargetkan selesai dalam waktu 120 hari. Sementara anggaran Pemerintah Kota Sukabumi Rp 11 miliar digunakan dalam penataan khusus untuk membangun bagian timur Jalan Bhayangkara.

“Penataan pedestrian tahun ini ada lima lokasi jalan. Empat dari bantuan keuangan pemerintah provinsi, satu dari APBD Pemkot Sukabumi. Empat itu Jalan Veteran, Siliwangi, Sudirman, Arif Rahman Hakim terintegrasi dengan Jalan Bhayangkara sebelah barat. Kalau APBD (Pemkot) Jalan Bhayangkara sebelah timur," katanya pada 4 Mei 2023.

Pada 29 Mei 2023, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pengerjaan trotoar untuk mengetahui tingkat kemajuan pekerjaan. Saat diwawancarai setelah menghadiri acara Dinas Lingkungan Hidup di Hotel Balcony pada hari yang sama, Fahmi mengungkapkan ada beberapa kendala teknis sehingga progres pekerjaan baru mencapai sekitar 20 persen, tidak sesuai dengan target waktu yang ditetapkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)