Beruk Meresahkan di Palabuhanratu Sukabumi Tertangkap, Warga: Kayak yang Nangis

Sabtu 03 Juni 2023, 00:51 WIB
Beruk yang resahkan warga Palabuhanratu Sukabumi diamankan doleh Reza dengan memasukan ke dalam kandang besi. (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

Beruk yang resahkan warga Palabuhanratu Sukabumi diamankan doleh Reza dengan memasukan ke dalam kandang besi. (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor beruk yang dikeluhkan warga akibat meresahkan di Kampung Nugraha RT 09/04, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, akhirnya tertangkap.

Adalah Reza (29 tahun), warga sekitar, yang berhasil mengamankan primata bernama latin Macaca nemestrina tersebut di depan Rumahnya, Jumat 2 Juni 2023 subuh. Saat itu, beruk tersebut tiba-tiba menghampiri dan langsung memeluk Reza.

Kata Reza, beruk itu berlari dari arah gonggo atau jembatan sungai kecil di depan rumahnya dengan raut wajah seperti menangis.

"Kejadiannya Subuh, pas saya pulang salat. (Beruk) nyamperin dari gonggo. Nyamperin ke saya, langsung ngegabrug kayak yang nangis, langsung sama saya di kasih makan," kata Reza kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Beruk Masuk Perkampungan di Palabuhanratu Sukabumi, Isi Rumah Diacak-acak

Reza kemudian memasukan beruk itu ke dalam kandang besi di depan rumah miliknya. Namun sorenya, kata dia, satwa jenis makaka itu entah bagaimana bisa melepaskan diri. Hingga akhirnya bisa ditangkap kembali karena beruk itu seolah tak mau beranjak dari kediamannya.

Menurut Reza, sebelum datang ke rumahnya, beruk itu sempat diburu warga hingga ditembak menggunakan senapan angin. Hal itu terlihat dari banyaknya luka di sekujur tubuh primata tersebut.

"Banyak luka banyak yang nembakin. Kasihan. Memang beberapa hari kemarin (beruk itu) sempat merusak genting, masuk rumah warga. Sepertinya memang hewan peliharaan, jinak tapi enggak tahu siapa pemiliknya," kata Reza.

Usai diamankan Reza, beruk tersebut kemudian dijemput oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan wilayah I Palabuhanratu.

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Nugraha RT 09/04, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, resah dengan kehadiran seekor beruk.

Warga menyatakan beruk tersebut sudah 3 hari terlihat di kampung tersebut. Beruk itu membuat resah sebab masuk rumah lalu mengacak-acak isi rumah. Tingkahnya yang liar juga menyebabkan langit-langit atau plafon rumah jebol.

“Beruknya datang ke satu rumah ke rumah lainnya. Beruk itu gak ngambil barang cuma isi rumah di acak-acak, sudah ada langit-langit rumah punya tetangga jebol, dengan adanya beruk ini jadi resah," ungkap Dini (30 tahun) warga.

Kampung tersebut memang berada dekat hutan Cisarakan yang banyak dihuni monyet, namun warga menduga kalau beruk tersebut bukan dari hutan Cisarakan.

Sebab warga hafal dengan karakter monyet dari hutan Cisarakan yang hanya datang ke kampung untuk mencari makan lalu pergi lagi ke hutan.

"Kalau monyet Cisarakan biasanya datang kalau nggak ada makanan di hutan, tapi nggak pernah ngerusak,” katanya.

Sehingga warga tak tahu dari mana beruk itu berasal dan menduga kalau ada yang sengaja membuang ke kampung tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi