Kronologi Truk Tangki Muatan Aspal 15 Ton Masuk Jurang di Palabuhanratu Sukabumi

Jumat 05 Mei 2023, 19:45 WIB
Kondisi truk tangki muatan aspal cair yang terperosok masuk jurang di Desa Tonjong Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Kondisi truk tangki muatan aspal cair yang terperosok masuk jurang di Desa Tonjong Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Truk tangki bermuatan aspal cair mengalami kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Parungcabok Rt. 01/01 Desa Tonjong Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Truk tangki No Pol R 1434 RK tersebut terperosok ke jurang.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan tunggal ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, Jumat (5/5/2023).

Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun terlihat truk tangki tersebut terguling dengan kondisi akhir miring dan posisi ban kanan berada di atas. Terlihat badan truk beserta tangki sebagiannya alami ringsek sehingga muatannya pun tumpah sedikit demi sedikit mencemari Sungai yang tertimpa truk.

Baca Juga: Truk Tangki Masuk Jurang di Jalan Cikidang-Palabuhanratu Sukabumi

Kanit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi Ipda M Yanuar Fajar mengatakan, kecelakaan lalu lintas tersebut bermula ketika truk tangki R 1434 RK yang dikendarai Wilianto (46 tahun) membawa penumpang Haini (39 tahun) dan Feri (30 tahun) dengan muatan aspal cair seberat 15 Ton melaju dari arah Citarik menuju Palabuhanratu.

Sesampainya di tempat kejadian, lanjut Fajar, melintasi jalan tikungan ke sebelah kanan, diduga sistem pengereman pada truk tangki tersebut tidak berfungsi dengan baik.

"Sehingga kendaraan Mitsubishi tangki No Pol R 1434 RK tidak bisa menguasai laju kendaraannya dan kemudian terperosok ke dalam Jurang sedalam kurang lebih 25 meter," kata Fajar dalam laporannya.

Akibat kejadian ini, kata Fajar, dua orang penumpang alami luka-luka. Haini mengalami luka sobek terbuka tangan kiri dan lecet kaki kiri, sedangkan Feri alami luka sobek di lutut kiri, sikut sebelah kiri dan lecet di kaki kanan.

"Kemudian di bawa ke RSUD Palabuhanratu. Sedangkan Pengemudi Kendaraan Mitsubishi Tangki No Pol R 1434 RK dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Kerugian materi terhitung kurang lebih 10 Juta Rupiah," ujar Fajar.

Fajar menuturkan, hingga pukul 17.15 WIB, truk tangki tersebut masih berada di dalam jurang. Proses evakuasi dilakukan usai alat berat tiba di lokasi. Adapun di sekitar kejadian sudah dipasang garis polisi

"Sambil menunggu alat berat, kita melakukan pengaturan lalulintas agar tidak terjadi hambatan atau kepadatan arus di sekitar lokasi," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)