Profil M Idris, Saksi Korupsi Tukin ESDM yang Pernah Garap Kasus di Sukabumi

Rabu 05 April 2023, 04:10 WIB
M Idris F Sihite, Plh Ditjen Minerba / saksi korupsi tukin ESDM | Foto : Ist

M Idris F Sihite, Plh Ditjen Minerba / saksi korupsi tukin ESDM | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut kasus dugaan korupsi tunjangan kinerja atau tukin pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM.

Salah satu yang digarap untuk menggali keterangan dari kasus itu, penyidik KPK memanggil Plh Dirjen Minerba M Idris Froyoto Sihite, ke Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis 30 Maret 2023.

Lantas siapakah sosok M Idris Froyoto Sihite itu, sukabumiupdate.com mencoba menggali profil perjalanan karirnya.

Mengutip laman hukumonline.com M. Idris. F. Sihite menempuh pendidikan Magister dan Doktor di Universitas Indonesia. Dirinya pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kejaksaan Republik Indonesia sejak tahun 2000.

Baca Juga: Perppu Tentang Pemilu Sah Jadi Undang-Undang, Berikut Ini Perubahannya

Kemudian M Idris menduduki beberapa jabatan diantaranya sebagai Anggota Satgasus PPTPK pada JAM PIDSUS, Koordinator Asisten Intelijen di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Jabatan lainnya adalah pernah Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Kabag Tata Usaha Sekretariat JAM DATUN,

Kasubdit Pertimbangan Hukum pada JAM DATUN dan sejak tahun 2020 menjabat sebagai Kepala Biro Hukum di Sekretariat Jenderal Kementrian ESDM melalui seleksi terbuka.

Pernah juga menjadi Instruktur pada Badan Diklat Kejaksaan RI, Dosen tidak tetap pada Program Studi Kriminologi Universitas Indonesia. Beliau juga aktif sebagai narasumber pada berbagai Seminar dan Diklat Kementrian/Lembaga dan BUMN/BUMD.

Baca Juga: Hasen Ditunjuk Pelaksana Harian, Musdalub Golkar Kota Sukabumi Digelar Awal Mei

Lalu pada Tahun 2020 dia dikaryakan ke Kementerian ESDM sebagai kepala biro hukum pada Sekretaris Jenderal ESDM, dan kemudian ditunjuk sebagai plh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara.

Tak lama menjabat sebagai Plh Dirjen Minerba, KPK pun menemukan setumpukan uang miliaran rupiah di sebuah apartemen diduga milik pejabat Ditjen Minerba di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin 27 Maret 2023.

Dari penelurusan sukabumiupdate.com, pada saat M Idris F Sihite menjadi Koordinator Asisten Intelijen Kejati Jawa Barat tersebut itulah dirinya merupakan seorang yang sering mondar-mondar ke Sukabumi dalam rangka mengungkap kasus dugaan penjualan tanah negara eks HGU PT Tenjojaya di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

"Saat ini kami sudah menetapkan dua orang tersangka pada kasus dugaan penjualan tanah negara eks HGU PT Tenjojaya di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Kedua tersangka yakni UE (mantan calon Wabup Sukabumi 2010) dan R (Direktur PT Bogorindo)," kata Koordinator Asisten Bidang Intelejen Kejati Jabar, M Idris Frayoto Sihite di Sukabumi, Selasa 5 April 2016 seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Rekonsiliasi Gak Tuntas, Kisruh Paska Pemilihan Kades Antar Waktu Ciwaru Sukabumi

Kemudian dikteahui, pada kasus Tenjojaya tersebut, Kejaksaan Negeri Cibadak juga menetapkan dua orang tersangka yakni Kades Tenjojaya berinisial S dan mantan Camat Cibadak bernisial SH. Keduanya sudah ditahan di Lapas Warungkiara, Kabupaten Sukabumi dan tim penyidiki dari Kejari Cibadak pun masih terus memeriksa saksi lainnya. Sehingga jumlah tersangka pada kasus penjualan tanah negara tersebut sudah ada empat orang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)