Dibawa ke RS, Remaja Tunadaksa di Sukabumi yang 15 Tahun Terbaring di Kasur

Jumat 03 Februari 2023, 12:02 WIB
Sady Mulyana (19 tahun) saat di rumahnya di Kampung Nagrak RT 01/08 Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Sady Mulyana (19 tahun) saat di rumahnya di Kampung Nagrak RT 01/08 Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Sosial RI melalui Sentra Phala Martha Sukabumi memfasilitasi pengobatan Sady Mulyana (19 tahun), remaja tunadaksa asal Kampung Nagrak RT 01/08 Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Sady difasilitasi penanganan medis di rumah sakit pada 30 Januari 2023.

Sady mengalami disabilitas fisik sejak usia empat tahun akibat terjatuh. Dia hanya terbaring di tempat tidur dan membutuhkan bantuan orang lain untuk beraktivitas.

Tetangga Sady, Nuraeni (46 tahun), mengatakan Sady dibawa pengobatan ke RS Hasan Sadikin Bandung bersama ibunya, Nining. Namun belum diketahui berapa lama Sady harus menjalani perawatan. Sady pun mendapatkan bantuan kursi roda elektrik.

"Alhamdulillah Sady mendapat bantuan kursi roda elektrik dan kebutuhan pasien serta keluarganya. Sudah lama hati nurani saya ingin bantu, akhirnya pemerintah membawa Sady ke Bandung untuk perawatan," kata Nuraeni, Kamis, 2 Februari 2023.

Baca Juga: 15 Tahun Terbaring di Kasur, Remaja Tunadaksa di Sukabumi Ini Butuh Bantuan

Menurut Nuraeni, sekarang Sady masih harus menjalani uji laboratorium untuk di-rontgen dan hasilnya belum diumumkan. Hasil laboratorium tersebut akan menentukan penanganan lanjutan Sady apakah harus dioperasi atau ada tindakan  lainnya. "Masih belum ada informasi dari pihak rumah sakit," kata Nuraeni.

Kementerian Sosial RI melalui Sentra Phala Martha Sukabumi bergerak menerjunkan tim ke rumah Sady untuk melakukan asesmen dan pemberian bantuan yang diperlukan. "Tim sudah membawa dan mendampingi Sady di RS Hasan Sadikin untuk mendapatkan penanganan kesehatan," kata Kepala Sentra Phalamarta Cup Santo.

Setelah asesmen, Sady difasilitasi perekaman KTP dan pembuatan BPJS Kesehatan. "Kami juga memberikan kursi roda adaptif bagi Sady dan dukungan pemenuhan hidup layak seperti sembako, nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, perlengkapan tidur, pakaian, dan perlengkapan sekolah untuk kedua adik Sady yang SMA," ujar Santo.

Baca Juga: Dengar Pidato Jokowi Soal Bantuan, Curhat Pedagang Kopi Tunadaksa di Kota Sukabumi

Santo mengatakan Sentra Phalamarta bersama Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan instansi terkait lainnya berkomitmen terus melakukan pendampingan kepada Sady dan keluarga untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang terbaik.

"Adapun untuk pemberdayaan keluarga, kami berikan bantuan kewirausahaan jualan minuman dingin dan tambahan modal usaha warung sembako," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Sady hampir seumur hidupnya harus mendapatkan perhatian khusus dari kedua orang tua lantaran menderita tunadaksa atau cacat tubuh sejak usia empat tahun. Selama 15 tahun, putra keempat dari pasangan Edy (59 tahun) dan Nining (55 tahun) itu hanya menghabiskan hari-harinya terbaring di kasur.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)