Melawan Tumor Ganas, Cerita Perjuangan Nafisah Asal Kalapanunggal Sukabumi

Kamis 22 Desember 2022, 14:03 WIB
Nafisah Zulfa (11 tahun) terbaring di atas tempat tidur rumah sakit. Nafisah merupakan warga Desa/Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, yang didiagnosis tumor ganas. | Foto: Istimewa/Dokumentasi Keluarga

Nafisah Zulfa (11 tahun) terbaring di atas tempat tidur rumah sakit. Nafisah merupakan warga Desa/Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, yang didiagnosis tumor ganas. | Foto: Istimewa/Dokumentasi Keluarga

SUKABUMIUPDATE.com - Nafisah Zulfa (11 tahun) terbaring lemas di atas tempat tidur rumah sakit dan harus bernapas menggunakan selang juga untuk asupan makanan. Nafisah merupakan warga Kampung Limus Amis RT 11/05, Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, yang didiagnosis mengidap tumor ganas.

"Sekarang dirawat di RS Sentosa Kopo Bandung. Sampai hari ini perjalanan pengobatan Nafisah sudah memakan waktu 11 bulan. Kami juga sudah ikhtiar pengobatan secara medis maupun alternatif," kata Shobandi Faizah (47 tahun), ayah Nafisa kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (22/12/2022).

Menurut Shobandi yang menjadi guru honorer di salah satu SMK di Kalapanunggal, anaknya semula dibawa ke klinik PMC Parungkuda, kemudian dirujuk ke RS Bhakti Medicare Cicurug, lalu dirujuk ke RSUP Fatmawati Jakarta. Namun rujukan ke RSUP Fatmawati tidak terlaksana karena kendala biaya dan kondisi Nafisah tak memungkinkan.

Baca Juga: Respon Pemerintah Soal Ibu Penderita Tumor Ganas di Waluran Sukabumi

Nafisah adalah anak ketiga dari empat bersaudara dan saat ini duduk di bangku kelas VI MI Miftahul Falah di Desa Kalapanunggal. Biaya pengobatan Nafisah memakai BPJS Kesehatan. Tetapi, ada beberapa dana yang juga kadang harus disiapkan keluarga untuk menunjang proses pengobatan Nafisah terutama saat berobat di rumah sakit.

"Mencoba pengobatan alternatif, tapi tidak ada perkembangan. Akhirnya kami putuskan berobat ke RS Kartika dan dirujuk ke RSUD Sekarwangi. Dari RSUD Sekarwangi dirujuk ke RSUD Syamsudin SH Bunut. Dari Bunut dirujuk ke RS Sentosa Kopo Bandung sampai hari ini," ujar Shobandi.

Baca Juga: Dibantu Udunan Online Sukabumi: Penyebab, Gejala dan Jenis Tumor Rahang

Menurut Shobandi, tidak diketahui pasti apa gejala awal yang dialami anaknya. Namun, Nafisah mengeluh sakit setelah ditarik kerudungnya oleh temannya selepas salat Asar berjemaah. Sejak itu terlihat ada benjolan pada leher. Kondisi ini terus dialami Nafisah hingga kini fisiknya melemah serta kaki dan tangannya sulit digerakkan.

"Hasil observasi diagnosis dokter bedah saraf melalui MRI (Magnetic Resonance Imaging) di RS sentosa Kopo Bandung, Nafisah penyakitnya ada tumor, indikasi ganas dan sudah menekan ke otak kecil, paru-paru, dan tulang," kata Shobandi.

"Sementara, keputusan dokter belum mengambil tindakan bedah dulu karena kondisi anak drop, gizinya kurang karena sulit makan, sehingga saat ini fokus perbaikan gizinya dan dipasang selang melalui hidung untuk asupan makanan," imbuh dia.

"Adapun rencana selanjutnya saya akan bawa berobat anak saya ke RSCM Jakarta dengan pengobatan gamma knife. Walaupun tidak bisa ter-cover BPJS dan dengan biaya lumayan besar, kami yakin Allah SWT Maha Kaya," ujar Shobandi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi