Bantu Swasembada Pangan di Sukabumi, Bupati Apresiasi Peran Mitra Cai

Rabu 07 Desember 2022, 18:32 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara sosialisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Mitra Cai yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari bakti PU ke-77, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu ini diikuti oleh ratusan Mitra Cai se-Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 156 pengelola mitra cai se-Kabupaten sukabumi,” ujar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar.

Baca Juga: Aipda Sofyan Didu Gugur, Update Kondisi Korban Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Dalam kegiatan itu, Bupati menyatakan peran mitra cai begitu penting dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan dan menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai lumbung padi di Jabar.

Kabupaten Sukabumi tidak akan swasembada pangan terutama beras kalau tidak ada peran dari bapa-bapa mitra cai semua,” ujar marwan.

Sosialisasi ini, kata Marwan dapat membantu para penggerak mitra cai dalam penguatan pemahaman tentang tata-cara pelaksanaan pengelolaan sistem irigasi air.

Baca Juga: Lord Rangga Sunda Empire Tutup Usia Jelang Duel Tinju Lawan Vicky Prasetyo

“Dari kegiatan ini para peserta akan memiliki pembekalan tentang penerapan peran secara penuh dalam proses operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi pada sistem irigasi tersier dan berpartisipasi pada sistem irigasi primer dan sekunder,” ujarnya.

Dia berharap para mitra cai untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun suatu kawasan dan menjaga stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi.

“Bagaimana kita bersinergis untuk membangun suatu kawasan dan berupaya untuk menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang harus dilakukan secara terus menerus,” katanya.

Pada kesempatan tersebut marwan menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai kemudian menyerahkan Doorprize bagi peserta yang hadir.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita

Bupati Rayu Korban Bencana Tanah Retak

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB
Bupati Rayu Korban Bencana Tanah Retak
Berita

Aher Akui Jabar Belum Berdaulat Pangan

Rabu 19 Oktober 2016, 08:31 WIB
Aher Akui Jabar Belum Berdaulat Pangan
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa