Bantu Swasembada Pangan di Sukabumi, Bupati Apresiasi Peran Mitra Cai

Rabu 07 Desember 2022, 18:32 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai. | Foto: Dokpim Setda Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara sosialisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Mitra Cai yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari bakti PU ke-77, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu ini diikuti oleh ratusan Mitra Cai se-Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 156 pengelola mitra cai se-Kabupaten sukabumi,” ujar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar.

Baca Juga: Aipda Sofyan Didu Gugur, Update Kondisi Korban Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Dalam kegiatan itu, Bupati menyatakan peran mitra cai begitu penting dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan dan menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai lumbung padi di Jabar.

Kabupaten Sukabumi tidak akan swasembada pangan terutama beras kalau tidak ada peran dari bapa-bapa mitra cai semua,” ujar marwan.

Sosialisasi ini, kata Marwan dapat membantu para penggerak mitra cai dalam penguatan pemahaman tentang tata-cara pelaksanaan pengelolaan sistem irigasi air.

Baca Juga: Lord Rangga Sunda Empire Tutup Usia Jelang Duel Tinju Lawan Vicky Prasetyo

“Dari kegiatan ini para peserta akan memiliki pembekalan tentang penerapan peran secara penuh dalam proses operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi pada sistem irigasi tersier dan berpartisipasi pada sistem irigasi primer dan sekunder,” ujarnya.

Dia berharap para mitra cai untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun suatu kawasan dan menjaga stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi.

“Bagaimana kita bersinergis untuk membangun suatu kawasan dan berupaya untuk menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang harus dilakukan secara terus menerus,” katanya.

Pada kesempatan tersebut marwan menyerahkan akta notaris pembentukan P3A/Mitra Cai secara Simbolis kepada anggota mitra cai kemudian menyerahkan Doorprize bagi peserta yang hadir.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita

Bupati Rayu Korban Bencana Tanah Retak

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB
Bupati Rayu Korban Bencana Tanah Retak
Berita

Aher Akui Jabar Belum Berdaulat Pangan

Rabu 19 Oktober 2016, 08:31 WIB
Aher Akui Jabar Belum Berdaulat Pangan
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang