Catat! Jadwal Ceramah UAS di Sukabumi, 3 Fakta Seputar Ustadz Abdul Somad

Jumat 21 Oktober 2022, 18:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi Jawa Barat, khususnya kaum muslimin akan kedatangan Ustadz Abdul Somad. UAS biasa disapa akan berceramah di sejumlah tempat di Kota dan Kabupaten Sukabumi, pada 22 dan 23 Oktober 2022.


Ustadz Abdul Somad adalah seorang pendakwah yang namanya mulai viral di sosial media karena gaya kajiannya yang humoris dan sangat padat ilmu. Punya nama asli Abdul Somad Batubara lahir 18 Mei 1977 di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara.


Selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 22-23 Oktober 2022, UAS akan hadir di 4 lokasi yang berada di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Catat Ya! Ini jadwal acara dan pengumuman penting lainnya dari panitia.


1. Lapdek Kota Sukabumi

Ustadz Abdul Somad akan datang memenuhi undangan sebagai penceramah dalam acara Tabligh Akbar dan Hari Santri di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Kajian Ustadz Abdul Somad di Lapang Merdeka Kota Sukabumi diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Oktober 2022, mulai pukul 07.00 WIB.


Acara Tabligh Akbar dijadikan salah satu momen umat islam terkhusus Kota Sukabumi dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hari Santri juga turut menjadi peringatan hari besar islam, mengingat tanggalnya bertepatan sehari sebelum Tabligh Akbar berlangsung, yaitu tanggal 22 Oktober 2022. 


Kedatangan Ustadz Abdul Somad dalam acara Tabligh Akbar dan Hari Santri Kota Sukabumi disambut dengan antusias oleh para jamaah. Lokasi kajian bahkan sempat dialihkan dari Masjid Agung ke Lapang Merdeka Kota Sukabumi.


Hal ini diketahui dari postingan akun instagram resmi Walikota Sukabumi @achmadfahmi.smi pada Rabu, 19 Oktober 2022.


"RALAT TEMPAT ACARA

Sahabat..,

karena diperkirakan jumlah jamaah akan membludak, maka kami panitia mengalihkan acara Tabligh tersebut ke LAPANG MERDEKA dgn hari dan jam yg sama." tulis beliau, Rabu (19/10/2022).


Kepada tim sukabumiupdate.com, Jumat (21/10/2022), Tantan Sontani selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi juga menyampaikan tata tertib peserta Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Lapang Merdeka Kota Sukabumi.


Tata tertib peserta Tabligh Akbar tersebut diantaranya:


  1. Tidak Merokok
  2. Membawa alas duduk masin-masing
  3. Tidak Memakai alas kaki yang memiliki hak tinggi atau yang dapat merusak lintasan lari Lapang Merdeka
  4. Membawa kantong plastik (untuk tempat alas kaki/sampah)
  5. Menjaga ketertiban dan kebersihan


Selain itu, Tantan juga menyebutkan bahwa pada 22-23 Oktober 2022, Lapang Merdeka akan ditutup sementara sejak pagi hingga siang hari dari kegiatan olahraga.


Saat Tabligh Akbar berlangsung, jamaah akan disediakan beberapa tempat parkir oleh Dinas Perhubungan. Tempat parkir disebar di sejumlah tempat area Lapang Merdeka, yakni:


• Pendopo

• Bank Danamon

• BJB

• Qolbun Salim

• TK As-Suaibi 

• Wisma PGRI

• Telkom

• Kel. Gunung parang

• Samsat

• GOR Liverpool

• Pusat Kajian Islam

• Disporapar

• Wisma Asisi

• Gedung Juang

• Kantor Pajak depan Polresta


2. SMKN 1 Kota Sukabumi


Pada hari yang sama (Minggu, 23/10/2022), Ustadz Abdul Somad juga dikabarkan akan menghadiri kajian serupa di SMKN 1 Sukabumi. Mengutip dari akun instagram resmi SMKN 1 Kota Sukabumi, Ustadz Abdul Somad akan hadir dalam acara ‘Silaturahim Alumni Stekmensi’.


"Kesempatan Reuni sareng Ngadangukeun Ceramah Ustad Abdul Somad Kantun 3 dinten deui. Enggal enggal daftar Iraha deui reuni STM sareng ustadz anu jadwalna penuh 2 tahun ka payun." tulis @smkn1_kotasukabumi, Kamis (20/10/2022).


Oleh karena agenda ceramah dilaksanakan di hari yang sama dengan Tabligh Akbar maka ceramah di SMKN 1 Sukabumi akan dilakukan setelah acara Tabligh Akbar Lapangan Merdeka selesai.


Ceramah UAS pada acara Silaturahmi Alumni Stekmensi akan diselenggarakan pada


• Hari : Minggu, 23 Oktober 2022 

• Waktu : Pukul 09.00-12.00 WIB

• Tempat : Aula SMKN 1 Kota Sukabumi


Kegiatan Silaturahmi Alumni SMKN 1 Kota Sukabumi memiliki tema "Lembah Berkah, Mendidik dengan Hati dan Teknologi". 


Saat ini, Ustadz Abdul Somad atau lebih akrab disapa UAS dikabarkan akan datang memenuhi undangan sebagai penceramah dalam beberapa kajian di Kota Sukabumi. Simak Informasi lengkapnya berikut ini!


3. Bojongkokosan Parungkuda Sukabumi


Sebelum ke Kota Sukabumi, UAS terlebih dulu akan menggelar pengajian di di Desa Bojongkokosan, Kabupaten Sukabumi. Dalam acara silaturahim Akbar, Tausiyah, Dzikir dan Doa dalam rangka Hari Jadi Desa Bojongkokosan yang ke-40.


Acara tersebut diketahui dari postingan yang dibagikan oleh Irman Musafir Sufi, salah satu anggota komunitas pegiat museum bojongkokosan di akun Facebooknya. Irman mengunggah poster kegiatan Tausiyah UAS yang akan dilaksanakan pada Sabtu Pagi Besok (22/10/2022). 


Kepada tim sukabumiupdate.com, Irman mengatakan bahwa benar adanya akan diadakan kegiatan tausiyah dengan salah satu pengisi acara yaitu Ustadz Abdul Somad.

"Ya benar jadi. Posisi UAS sekarang di Jasinga menuju Ciawi jadi bisa dipastikan besok akan datang" ujar Imran kepada sukabumiupdate.com, Jumat (21/10/2022).


Berikut agenda UAS di Desa Bojongkokosan


• Hari : Sabtu, 22 Oktober 2022 

• Waktu : Pukul 06.00-selesai

• Tempat : Lapang Sepak Bola Babakan Peundeuy (Depan Kantor Polsek Parungkuda)


4. Bantarsari Pabuaran Kabupaten Sukabumi


Setelah Bojongkokosan, Ustadz Abdul Somad akan menghadiri acara serupa di hari yang sama (22 Oktober 2022) di Desa Bantarsari.  Acara Tabligh Akbar ini diselenggarakan oleh Ikatan Remaja Masjid Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. 


Tabligh Akbar ini bertujuan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda.  Pada Selasa, (18/10/2022), Ketua Ikatan Remaja Masjid Al Ikhlas Bantarsari, Julham Ginanjar mengatakan kepada sukabumiupdate.com, bahwa Ustadz Abdul Somad atau UAS merupakan penceramah yang akan mengisi acara tersebut.


Adapun kajian tersebut akan dilaksanakan pada:


• Hari : Sabtu, 22 Oktober 2022 

• Waktu : Pukul 20.30-selesai WIB

• Tempat : Kompleks Yayasan Al Muhtar Kampung Cibiru RT 02/01 Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran (Lapang Kondang)


Mulyani Iskandar, selaku ketua pelaksana tabligh akbar, menyampaikan kegiatan Tabligh Akbar Desa Bantarsari merupakan inisiatif dari Ikatan Remaja Masjid se-Desa Bantarsari serta tak luput dari dukungan para tokoh Desa Bantarsari.


Tentang Ustadz Abdul Somad (UAS)


Melengkapi tentang Ustadz Abdul Somad yang akan datang ke di Sukabumi, berikut tiga fakta seputar UAS


1. Ustadz Abdul Somad Memiliki Latar Pendidikan Yang Mumpuni Sebagai Penceramah


Ustadz Abdul Somad saat ini diketahui telah menempuh pendidikan hingga doktor (S3).

Ustadz Abdul Somad merupakan alumni S1 di Universitas Al-Azhar, Mesir (Lc.), S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hasaniyah, Kerajaan Maroko (D.E.S.A.), S3 di Universitas Islam Omdurman, Sudan (Ph.D.) dan Profesor di Unissa Brunei.


Oleh karena itu, Ustadz Abdul Somad merupakan ulama yang sekaligus memiliki gelar akademik yang sah sebagai Prof. H. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph. D.


2. Ustadz Abdul Somad Pernah Menjadi Seorang Dosen


Ustadz Abdul Somad merupakan ulama yang mendalami fokus di bidang ilmu hadis dan fikih.

Ustadz Abdul Somad pernah menjabat sebagai seorang dosen selama 10 tahun yaitu sejak 2009–2019 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.


3. Kehidupan Ustadz Abdul Somad Berbasis "Agama"


Ustadz Abdul Somad sudah dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran sejak Sekolah Dasar.

Pada 1990, UAS Tamat dari SD Al-Washliyah Medan dan melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan (Lulus: 1993).


Pendidikan menengah ia tempuh selama 1 tahun di Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatera Utara sebelum pindah ke Riau di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu yang selesai pada 1996.


Wah, ternyata Ustad Abdul Somad atau UAS ini adalah salah satu ulama/penceramah yang gak kaleng-kaleng updaters! Ilmu agama yang sudah ia dalami sejak kecil mampu menghantarkan beliau menjadi penceramah yang hebat.


Jadi, untuk warga Kota Sukabumi jangan pernah ragu untuk mengikuti Ceramah Ustad Abdul Somad secara langsung ya! Karena beliau adalah salah satu ulama hebat yang ada di tanah air.


Selain itu, bagi kamu, para jamaah yang akan mengikuti Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, kamu bisa segera mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari persyaratan hingga tempat parkir yang akan digunakan.


Jangan sampai ketinggalan ceramah hanya karena sibuk berkutat mencari tempat parkir. Kamu dapat datang lebih awal untuk mengantisipasi hal tersebut. Siapkan juga infaq terbaik yang dapat kamu berikan dalam agenda kajian menuntut ilmu ini!


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Nida Salma Mardiyyah


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi16 April 2024, 11:30 WIB

Lahirkan Anak Laki-laki, Ibu Hamil yang Terjebak Macet Lebaran di Palabuhanratu Sukabumi

Ketika itu mobil bak terbuka yang ditumpangi Sumarni terjebak kemacetan lebaran.
(Foto Ilustrasi) Sumarni (31 tahun) melahirkan anak laki-lakinya dengan selamat di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pexels.com/@Rene Asmussen
Sehat16 April 2024, 11:30 WIB

6 Rekomendasi Makanan Kaya Nutrisi Agar Luka Operasi Cepat Kering

Berikut Beberapa Rekomendasi Makanan Kaya Nutrisi Agar Luka Operasi Cepat Kering. Yuk, Konsumsi Segera!
Ilustrasi. Makan Sehat. Nutrisi Penting Agar Luka Operasi Cepat Kering (Sumber : Pexels/KarolinaG)
Keuangan16 April 2024, 11:06 WIB

34 Binaan Dinsos, Pemkot Sukabumi Salurkan Hibah Miliaran untuk 123 Lembaga

Bantuan ini bentuk dukungan agar setiap organisasi bisa melaksanakan program.
Foto bersama setelah kegiatan penyerahan hibah oleh Pemkot Sukabumi pada 3 April 2024 di Balai Kota. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life16 April 2024, 11:00 WIB

9 Cara Menjadi Ayah yang Baik untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia.
Ilustrasi - Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia. (Sumber : Freepik.com/@artursafronovvvv).
Sukabumi16 April 2024, 10:46 WIB

Lewat Talkshow, DPUTR Sosialisasikan Layanan Tata Ruang di Kota Sukabumi

SKRK merupakan dokumen yang diperlukan sebagai landasan untuk menerbitkan PBG.
Pejabat atau pegawai DPUTR Kota Sukabumi saat hadir dalam talkshow Radio Swara Perintis pada 2 April 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat16 April 2024, 10:30 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan, Pilih yang Banyak Mengandung Air

Pastikan untuk memilih buah-buahan yang lembut dan tidak terlalu asam jika tenggorokan Anda sangat sensitif.
Ilustrasi. Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Keuangan16 April 2024, 10:27 WIB

Tahun Kemarin Rp 1,1 Miliar, BPR Jampangkulon Sukabumi Kembali Buka Tahara

Saat ini nasabah Tahara belum ada yang membuka kembali tabungannya.
Pegawai Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon di kantornya. | Foto: Istimewa
Life16 April 2024, 10:00 WIB

Apa Kamu Salah Satunya? 9 Ciri Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan.
Ilustrasi - Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat16 April 2024, 09:48 WIB

Tembus 391 Ribu, Kunjungan Wisatawan di Jawa Barat saat Libur Lebaran 2024

Herman mengatakan total kunjungan ini selama periode 5-14 April 2024.
Suasana wisatawan di Pantai Kebonkalapa, Karanghawu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (13/4/2024). | Foto: Facebook/Kota Palabuhanratu
Inspirasi16 April 2024, 09:30 WIB

Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!

Jobseeker Yuk Apply Sekarang! Berikut Informasi Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 atau S1 di Wilayah Jakarta.
Ilustrasi. Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!(Sumber : Freepik)