CSPS SKSG UI: Hari Tenang Pemilu Dinodai Kampanye Hitam

Selasa 13 Februari 2024, 08:32 WIB
Guntur Subagja Mahardika - Pemilu tahun ini bermunculan kampanye hitam (black campaign) yang beredar di platform komunikasi whatsapp dan media sosial. (Sumber : Linkedin).

Guntur Subagja Mahardika - Pemilu tahun ini bermunculan kampanye hitam (black campaign) yang beredar di platform komunikasi whatsapp dan media sosial. (Sumber : Linkedin).

SUKABUMIUPDATE.com - JAKARTA – Hari tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sejatinya dilarang berkampanye bagi para calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif DPR dan DPD RI, termasuk yang dilakukan oleh para pendukungnya. Namun, nyatanya hari tenang Pemilu tahun ini bermunculan kampanye hitam (black campaign) yang beredar di platform komunikasi whatsapp dan media sosial.

Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, Guntur Subagja Mahardika, menilai hari tenang Pemilu 2024 mulai tanggal 11-13 Februari 2024 ternoda oleh pihak-pihak yang ingin memenangkan Pemilu dengan menyebar kampanye hitam dan kampanye negatif (negative campaign) yang dapat merugikan lawan politiknya. “Hari tenang dinodai oleh perilaku yang justru tidak mengindahkan demokrasi,”ungkap Guntur S Mahardika, di Jakarta.

Guntur mencermati, konten kampanye hitam yang ditampilkan melalui video, text, dan meme atau infografis yang tersebar di grup whatsapp dan sosial media sebagian besar mendiskreditkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming. “Pasangan nomor urut 02 tentu dirugikan, sehingga pihak Tim Kampanye Prabowo Gibran memberikan klarifikasi dan menyebutkan informasi yang beredar adalah hoax dan fitnah,”tutur peneliti yang memimpin pusat riset di bawah holding Unit Kerja Khusus (UKK) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) UI ini.

Baca Juga: Guntur Subagja Mahardika Kembali Pimpin Pusat Riset CSPS SKSG UI

Konten-konten yang tersebar luas itu tampaknya menyerang Prabowo dan Gibran, antara lain menyebutkan Prabowo dilarikan ke rumah sakit, tudingan dugaan korupsi pengadaan pesawat tempur, isu jabatan Prabowo hanya dua tahun dan akan digantikan Gibran, dan isu-isu lainnya, termasuk rilis film dokumenter “Dirty Vote” yang narasinya terkesan memojokkan pasangan Prabowo-Gibran. Konten-konten tersebut sepertinya membentuk opini ada kecurangan dalam Pemilu 2024. Semua itu dibantah TKN Koalisi Indonesia Maju dan menyebutnya sebagai informasi tidak benar, hoax, dan fitnah.

Ketua CSPS SKSG UI menduga maraknya penyebaran hoax dan kampanye hitam itu kemungkinan karena kekhawatiran atas kemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 02, yang bahkan kemungkinan menang dalam sekali putaran. “Sejumlah lembaga survey merilis hasil survey terbarunya yang sebagian besar menyebutkan tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran melebihi 50 persen,”jelasnya.

Hasil survey dimaksud, sebagaimana dipublikasikan media, antara lain Lembaga Survey Indonesia (LSI) yang merilis pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan tingkat keterpilihan 51,9 persen. Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat suara 23,3 persen, dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD mendapatkan suara 20,3 persen. Survey SPIN (Survey and Polling Indonesia) terbaru mengungkapkan pasangan 02 menang 54,8 persen, pasangan 01 memperoleh 24,3 persen, dan pasangan 03 mendapatkan 16,1 persen.

Baca Juga: Guntur Soekarnoputra: Kalau Ganjar Jadi Presiden, Jokowi Mau Diapain Terserah

LSI Denny JA mempublikasikan Prabowo-Gibran menang 53,5 persen, Anies-Muhaimin 21,7 persen, dan Ganjar Mahfud 19,2 persen. Sebelumnya, Indonesia Survey Center (ISC) mengungkap Prabowo unggul 25%, Anies 21,7 persen, dan Ganjar memperoleh 18,1 persen. Charta Politika menyebut Prabowo tertinggi dengan 42,2 persen, Ganjar 28 persen, Anies 26,7 persen.

Poltracking Indonesia merilis pasangan 02 tertinggi 46,7%, pasangan 01 26,9 persen, pasangan 03 20,6 persen. Indikator Poltik menyebutkan Prabowo-Gibran memperoleh 45 persen , Anies-Cak Imin 25%, dan Ganjar-Mahfud 22%. Lembaga Survey Nasional )LSN) mempublikasikan paslon 02 memperoleh 49,5 persen, paslon 01 24,3 persen, dan paslon 03 sebesar 20,5 persen.

“Melihat data-data hasil survey tersebut, ada kecenderungan pasangan Prabowo-Gibran akan memenangkan Pemilu 2024 dengan sekali putaran pada pemilihan umum tanggal 14 Februari 2024,”tegas Guntur. “Kalo melihat selisihnya antara pasangan capres-cawapres 02 dengan pasangan 01 dan 03 terpaut jauh rata-rata di atas 20 persen. Kondisi ini diduga membuat sekelompok orang atau pengusungnya berupaya menyerang pasangan calon 02 agar elektabilitasnya turun. Namun, realitanya tren Prabowo-Gibran ini terus naik dan mengarah melampaui capaian suara 50 persen lebih,”urai Guntur yang juga menjabat Ketua Umum Arus Baru Indonesia (ARBI).

Guntur mengajak masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang beredar dan diedarkan untuk mempengaruhi pemilih tersebut. “Kami mengimbau para kontestan dan pendukungnya untuk berpolitik secara dewasa dengan mengusung etika dan tidak menyebar fitnah. Kami juga mengajak masyarakat untuk memilah informasi mana yang benar dan tidak benar dan jangan menyebarkan informasi yang fitnah serta tidak jelas sumbernya,”tuturnya.

Menurut Guntur, semua pihak diharapkan menjaga iklim demokrasi yang baik dengan menciptakan situasi kondusif. “Biarkan masyarakat mencerna program-program yang ditawarkan pasangan capres dan cawapres yang akan menjadi keputusannya menentukan pilihan pada saat pencoblosan,”ajaknya. “Upaya menghasut, menyebar fitnah, dan hoax tidak akan laku lagi, masyarakat semakin cerdas dan tahu mana yang benar dan mana informasi sampah,”tambahnya.

Guntur mengajak masyarakat, khususnya generasi muda dan pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya. “Mari datang ke TPS, gunakan hak pilih Anda sebaik-baiknya, karena suara Anda akan menentukan masa depan Indonesia. Yuk, sukseskan Pemilu 2024 dengan partisipasi masyarakat yang tinggi,”imbaunya.***

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)
Life04 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya, Ini Langkahnya

Menemukan jati diri yang sebenarnya memang harus terus dicari oleh setiap orang. Pasalnya, mengenal jati diri bisa membantu hidup lebih bermakna.
Ilustrasi. Cara menemukan jati diri yang sebenarnya. Sumber foto : Pexels/iam hogir
Sehat04 Mei 2024, 09:00 WIB

Rahasia Menaklukkan Kolesterol Jahat dengan 10 Makanan Terbaik Ini

Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Ilustrasi - Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi04 Mei 2024, 08:26 WIB

Saber Pungli Selidiki Dugaan Pungutan Liar Tenaga Kerja di Pabrik Sukabumi

Tim Saber Pungli tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi dugaan pungutan liar terhadap para pencari kerja di salah satu pabrik di Kabupaten Sukabumi.
Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Kompol Rizka Fadhila. (Sumber : SU/Ilyas)
Life04 Mei 2024, 08:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Suka Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Tak Biasa

Ciri-Ciri Anak Stres Karena Suka Dimarahi Orang Tua Dapat Dilihat Dari Sikapnya yang Tak Biasa. Ayah Bunda Jangan Abai!
Ilustrasi. Sikap anak yang tidak biasa mengindikasikan bahwa mereka sedang mengalami stres hingga tekanan emosional dan psikologis yang berat. (Sumber : Pixabay/GabrielMiguelBero)
Food & Travel04 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Langkah Mudah, Ini Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil

Berikut Sembilan Langkah Mudah untuk Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil. Yuk, Coba!
Jeruk peras memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama vitamin C. (Sumber : Pexels/pixabay)