Siap Disanksi, Alasan Wakil Ketua Majelis PPP Pindah Haluan ke Prabowo Gibran

Senin 01 Januari 2024, 10:20 WIB
Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PPP Witjaksono ditemui awak media di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis, 28 Desember 2023. | Foto: Suara.com/Novian

Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PPP Witjaksono ditemui awak media di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis, 28 Desember 2023. | Foto: Suara.com/Novian

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Witjaksono mengaku siap menerima sanksi dari DPP PPP atas langkahnya mendeklarasikan dukungan untuk capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Sebelumnya, mengutip suara.com, Witjaksono melalui Pejuang PPP mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran. Ia mendukung kemenangan capres-cawapres nomor urut 2 tersebut untuk satu putaran di Pilpres 2024.

"Saya siap menerima segala sanksi apabila memang dari partai memberikan sanksi kepada kami," kata Witjaksono di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023).

Meski siap menerima sanksi, Witjaksono menegaskan langkahnya mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon nomor urut 2 merupakan penyampaian aspirasi.

"Tapi kami hanya menyampaikan aspirasi dari bawah, bahwa kami dari Pejuang PPP insyaAllah akan memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk sekali putaran," kata Witjaksono.

Baca Juga: Menhan Prabowo Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih di Jampang Sukabumi

Witjaksono diketahui mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran. Deklarasi dukungan itu disampaikan melalui Pejuang PPP.

Witjaksono mengklaim sudah berkoordinasi dengan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono soal langkahnya mendukung Prabowo-Gibran. Padahal diketahui, PPP sudah memberikan dukungan dan tergabung kerja sama politik bersama PDIP, Perindo, dan Hanura.

"Kita sudah koordinasi, kita sudah banyak koordinasi dengan semua stakeholder di kita," kata Witjaksono di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023)..

Sementara itu ditanya apa tanggapan Mardiono kepada dirinya, Witjaksono enggan menjawab. "Silakan dikonfirmasi sendiri ke beliau," ujarnya.

Witjaksono juga tidak menjelaskan bentuk dukungan Pejuang PPP untuk Prabowo-Gibran berdasarkan partai politik, gerakan organisasi, tatau komunitas.

"Silakan dianalisa sendiri dengan saya memakai jaket seperti ini, dengan kita juga pengurus aktif di dalam PPP tapi kami deklarasi ini menggunakan nama Pejuang PPP. Jadi insyallah semua stakeholder kita di bawah kita, dari Sabang sampai Merauke akan berkolaborasi untuk memenangkan Prabowo-Gibran untuk sekali putaran," tuturnya.

Witjaksono mengaku Pejuang PPP didukung petinggi DPP PPP hingga 30 lebih calon anggota legislatif. Tetapi dia enggan menyebut siapa saja tokoh-tokoh tersebut.

"Ada jajaran DPP juga, ada majelis-majelis. Kita kurang lebih ada 17 orang, di mana 17-nya itu juga sesuai dengan angka PPP, maka kita yakin 17 akan menjadi sakral kita menjemput kemenangan insyaallah," kata Witjaksono.

Sebelumnya, Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Prabowo Gibran menghadiri kegiatan dari kelompok yang mengatasnamakan Pejuang Partai Persatuan Pembangunan atau Pejuang PPP di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan.

Rosan duduk berdampingan dengan Koordinator Nasional Pejuang PPP Witjaksono di atas panggung dengan backdrop atau patar belakang serba hijau bertuliskan Pejuang PPP untuk Prabowo-Gibran. Selain itu ada tulisan "Deklarasi Dukungan Pejuang PPP Prabowo-Gibran Satu Putaran !"

Baca Juga: Geger, Relawan Prabowo-Gibran di Madura Ditembak OTK: Polisi Selidiki

Melalui kegiatan ini, Pejuang PPP yang diwakili Witjaksono membacakan deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran. "Kita akan baca sebuah deklarasi dari Pejuang PPP bahwa kita akan memenangkan Prabowo-Gibran," kata Witjaksono, Kamis (28/12/2023).

Witjaksono menegaskan deklarasi dukungan dilakukan setelah adanya pertimbangan secara matang dan seksama, sekaligus adanya dorongan dari para kiai, bu nyai, alim ulama dan kader di daerah.

Pejuang PPP juga lebih dulu memperhatikan tantangan ekonomi, geopolitik, dan keamanan global yang semakin tidak menentu, sebelum akhirnya memutuskan mendukung Prabowo-Gibran.

"Kami atas nama Pejuang PPP, menyatakan dengan tegas untuk mendukung Bapak Letnan Jenderal TNI Purnawirawan H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2024-2029," kata Witjaksono. Selanjutnya, secara simbolis Witjaksono memberikan dukungan tersebut kepada Rosan.

Rosan mewakili TKN serta Prabowo-Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan dari Pejuang PPP. Ia mengatakan dukungan ini menambah energi untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam sekali putaran.

"Tentunya saya atas nama TKN dan juga atas nama Bapak Prabowo dan Mas Gibran mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya," kata Rosan.

Ketiga calon masih memiliki waktu dan harapan dalam menentukan kerja politik.

Situasi politik tersebut bisa saja dapat mengubah elektabilitas, baik naik maupun turun, termasuk karena faktor debat.

Berbeda dengan CSIS, Indikator Politik juga merilis hasil elektabilitas dengan sampel yang lebih relevan pada periode 23-24 Desember 2023.

Elektabilitas Ganjar Mahfud berada di posisi kedua, dengan total 24,5 persen.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani menyerukan agar lembaga survei bersikap netral dalam kinerja masing-masing terkait Pemilu 2024.

Karena belakangan ini masyarakat disuguhkan dengan beragam survei tentang elektabilitas capres dan cawapres yang dinilai semakin tidak masuk akal.

“Posisi lembaga survei ini tidak pernah kita tahu, apakah mereka merangkap sebagai konsultan politik, juru kampanye yang berlindung di balik survei atau agitator yang ditugasi untuk menggiring opini,” katanya.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)
Inspirasi17 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 14:53 WIB

Hutan Pinus Tertutup Tanah, Longsor Susulan Ancam Jalan Jampangtengah Sukabumi

Sementara di bawah lapisan tanah terdapat batuan cadas yang miring dan licin.
Kondisi material longsor berupa tanah yang menutupi area hutan pinus milik Perhutani di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Science17 Juli 2024, 14:30 WIB

Selatan Banten dan Sekitarnya Waspada! Fase Purnama Picu Banjir Rob di Pesisir Indonesia

Fenomena ini terkait fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah perairan di Indonesia.
Ilustrasi banjir rob. Sampah berserakan kotori pantai Karanghawu Cisolok paska gelombang pasang | Foto : Ilyas Supendi
Sehat17 Juli 2024, 14:00 WIB

Rasakan Sendiri Khasiatnya! 8 Manfaat Konsumsi Minuman Jahe dan Kunyit di Pagi Hari

Minuman jahe dan kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan apalabila dikonsumsi setiap pagi.
Ilustrasi - Minuman jahe dan kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan apalabila dikonsumsi setiap pagi. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi17 Juli 2024, 13:51 WIB

TKP Jarang Dilewati Warga, Kronologi Anjing Temukan Mayat di Hutan Situ Gunung Sukabumi

Mayat yang diduga laki-laki ini ditemukan mengenaskan dan sudah membusuk.
Polisi di lokasi penemuan mayat tanpa busana di kawasan hutan Situ Gunung, Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. |  Foto: Istimewa
Keuangan17 Juli 2024, 13:50 WIB

Siapkan Perwal, Pj Wali Kota Sukabumi Soal Temuan BPK Anggaran Tunjangan Kinerja RSUD R Syamsudin

BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) menemukan hal tak wajar berdasarkan hasil audit anggaran tahun 2023 di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Entertainment17 Juli 2024, 13:30 WIB

Bikin Kaget, DK SEVENTEEN Foto Bareng Bimbim SLANK dan Keluarganya

Bikin kaget penggemar, DK SEVENTEEN berfoto bersama Bimbim SLANK dan keluarganya. Momen itu tidak sengaja terungkap ketika salah satu program di stasiun Tv Swasta mendatangi rumah drummer band rock tersebut.
Bikin Kaget, DK SEVENTEEN Foto Bareng Bimbim SLANK dan Keluarganya (Sumber : Instagram/@bimbimslank dan @dk_is_dokyeom)