7 Artis Indonesia Go Internasional dari Aktor hingga Musisi

Sabtu 22 Januari 2022, 11:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah artis asal Indonesia telah membanggakan nama Indonesia di kancah internasional. Mulai dari aktor hingga musisi, karya dan prestasi mereka telah diakui kualitasnya mampu bersaing dengan sesama artis yang ada di dunia.

Contohnya seperti Anggun C Sasmi, musisi perempuan pertama yang berhasil go internasional pada tahun 1997 dengan modal menjual studio rekamannya.

Baca Juga :

Lalu juga ada Agnez Mo, ia baru saja berhasil menembus panggung internasional pada tahun 2017 dengan album bertajuk ‘X’ yang masuk chart musik billboard 100.

Para artis tersebut tentunya tidak dengan instan meraih kesuksesan di kancah internasional tersebut. Mereka bekerja keras dan konsisten dengan apa yang mereka lakukan hingga bisa menjadi seperti ini.

Nah, inilah deretan artis Indonesia yang sukses berkarya hingga mampu go internasional.

1. Iko Uwais

photoIko Uwais - (IMDb)

Uwais Qorny atau yang biasa orang kenal dengan nama panggung Iko Uwais, sudah memulai karir sebagai atlet bela diri Pencak Silat sejak masih kecil.

Semasa kecil hingga dewasa, ia dibesarkan dalam keluarga bela diri. Di Tahun 2005, Iko pernah menjadi Pesilat terbaik di kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional.

Di dunia seni peran, Iko Uwais menjajal skil akting di film pertamanya yaitu ‘Merantau’. Iko memerankan tokoh Yuda, seorang pemuda minang dari Sumatera Barat, yang mengharuskan dirinya untuk merantau ke negeri orang.

Di perantauan, ia menjadi korban perdagangan manusia oleh sebuah organisasi ilegal. Pada akhirnya, Yuda (Iko Uwais) harus melarikan diri dari sindikat tersebut melalui sejumlah pertarungan yang mendebarkan hingga mengancam nyawanya.

Selanjutnya, film ‘The Raid’ menjadi titik puncak kesuksesan bagi Iko Uwais sebagai aktor. Film ini mendapat banyak prestasi, seperti ditayangkan pada Festival film Internasional ‘South by Southwest Film’ (Austin, Amerika Serikat), Festival Film Busan (Korea Selatan) dan beberapa festival film lainnya di Eropa.

Sutradara film ‘Merantau’, ‘The Raid’ dan ‘The Raid Brandals’, Gareth Evans adalah orang yang pertama kali menemukan bakat berakting pria kelahiran 12 Februari 1983 tersebut.

Berikut daftar film Hollywood yang diperankan oleh Iko Uwais:

Man of Tai Chi (2013) – berperan sebagai Gilang Sanjaya

Star Wars: The Force Awakens (2015) – berperan sebagai Razoo Qin Fee

Beyond Skyline (2017) – berperan sebagai Sua

Mile 22 (2018) – berperan sebagai Li Noor

Triple Threat (2019) – berperan sebagai Jaka

Stuber (2019) – berperan sebagai Oka Teijo

Snake Eyes G.I. Jo Origins (2021) – berperan sebagai Hard Master

2. Yayan Ruhian

photoYayan Ruhian - (IMDb)

Aktor laga asal Jawa Barat bernama Yayan Ruhian ini mengawali karir sebagai instruktur bela diri profesional di salah satu perguruan silat di Indonesia dan menjadi pelatih bagi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sama seperti Iko, Yayan pertama kali berakting di film ‘Merantau’ pada tahun 2009. Sebenarnya, di film ‘Merantau’, aktor berambut panjang tersebut awalnya dijadikan sebagai seorang koreografer untuk adegan berkelahi, namun setelah berjalannya proses produksi film, sang sutradara Gareth Evans akhirnya menunjuk Yayan untuk memerankan salah satu tokoh di film tersebut karena keahlian dan karisma yang dimiliki Yayan.

Di tahun 2012, pria kelahiran Tasikmalaya 19 Oktober 1968 itu bertemu kembali dengan Iko Uwais dalam film ‘The Raid’. Yayan berperan menjadi tokoh antagonis yakni sebagai Mad Dog, seorang anggota sekaligus algojo dari sebuah sindikat gembong narkoba kelas kakap.

Mad Dog memiliki keahlian bertarung yang sangat brutal, ia akan menghabisi siapapun yang menghalangi bisnis kotornya tersebut.

Berkat aktingnya sebagai Mad Dog, Yayan menjadi terkenal oleh banyak orang hingga ia ditawarkan untuk bermain di sejumlah film-film internasional seperti ‘Yakuza Apocalypse: The Great War of Underworld’ sebagai Kyoken.

Di tahun 2015, Yayan bermain di film ‘Star Wars: The Force Awakens’ sebagai Tasu Leech, lalu di film ‘Beyond Skyline’ bersama Iko Uwais, Yayan berperan sebagai The Chief.

Dan yang paling mendapatkan apresiasi setelah ia berperan sebagai Shinobi di film ‘John Wick: Chapter 3 Parabellum’. Yang terbaru, pada tahun 2020 lalu, aktor laga ini bermain di film ‘Skylines’ sebagai Huana.

3. Joe Taslim

photoJoe Taslim - (IMDb)

Sama seperti Iko dan Yayan, Joe Taslim memulai karir sebagai atlet bela diri Judo. Sebagai atlet judo profesional, Joe taslim telah memenangkan sejumlah medali di tingkat nasional maupun Internasional.

Seperti medali emas di kejuaran nasional, kejuaraan Judo Asia Tenggara pada tahun 1999 dan medali perak di Sea Games 2007.

Setelah memutuskan berhenti dari atlet bela diri, Joe Taslim mulai aktif sebagai model di berbagai majalah dan iklan televisi.

Lalu, setelah mengikuti beberapa kali casting film, Joe mendapatkan film pertamanya yaitu ‘Karma’ di tahun 2008.

Namun, lagi-lagi film ‘The Raid’ yang membawa nama Joe Taslim semakin terkenal sebagai aktor film laga dan tembus di kancah Internasional.

Bahkan dua tahun setelahnya, ia langsung bermain di film Box Office franchise Fast and Furious. Aktor yang jauh dari gosip dan kontroversi ini memerankan tokoh antagonis bernama Jah, untuk melawan Dominic Toretto cs di film ‘Fast and Furious 6’ pada tahun 2013.

Tak hanya berhenti di situ, Joe Taslim terus mendapatkan tawaran dan berlaga di sejumlah film-film luar negeri, seperti film ‘Star Trek Beyond’ sebagai Manas, ‘The Swordsman’ film asal Korea Selatan, memerankan sebagai Gurutai dan yang terbaru, pria kelahiran Palembang ini mendapat peran sebagai Sub Zero di film laga fantasi ‘Mortal Kombat’ di tahun 2021.

4. Cinta Laura

photoCinta Laura Bintangi Film Hollywood The Ninth Passenger - (Pinterest)

Artis berdarah Jerman – Indonesia ini memiliki talenta dalam dunia akting serta bernyanyi. Di dunia tarik suara, Cinta Laura sudah mengeluarkan dua Album yakni ‘Cinta Laura’ dan ‘Hollywood Dreams’, hingga yang terbaru, ia merilis sebuah single berjudul ‘Markisa’.

Di seni peran, Cinta Laura tidak langsung terjun ke dunia film, melainkan di dunia sinetron terlebih dahulu.

Judul striping sinetron pertamanya ‘Cinderela’, berkat debutnya di sinetron tersebut, ia mendapatkan sejumlah tawaran film.

Setelah sukses di dunia Sinetron, ‘Oh Baby’ menjadi judul film pertama aktris lulusan Psikologi, Universitas Columbia tersebut.

Film luar negeri pertama yang diperankan oleh Cinta adalah ‘After The Dark’ sebagai Utami, lalu menjadi cameo di film ‘Fantastic Beasts and Where to Find Them’, ‘The Ninth Passenger’ sebagai Nicole, ‘The Nanny is Watching (Surveillance)’ sebagai Rachel dan pada tahun 2020, Cinta memerankan Camilla Landry di film bergenre horor yaitu ‘TAR’.

5. NIKI

photoPotret NIKI - (Pinterest)

Musisi kelahiran Jakarta 24 Januari 1999 ini pada tahun 2014 merilis lagu pertamanya ‘Awali Hari Dengan Cinta’.

Ia pernah menjadi penyanyi pembuka untuk konser Taylor Swift di Jakarta. pada saat merilis lagu pada tahun 2016 – 2017 dengan judul ‘Polaroid Boy’ dan ‘Anaheim’ secara independen, Niki mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di Universitas Lipscomb, Nashville, Amerika Serikat jurusan Seni Musik.

88Rising menjadi label rekaman karya-karya sekaligus manajemen dari penyanyi yang bernama asli Nicole Zefanya selama di Amerika Serikat.

Dengan label tersebut, Niki berhasil merilis dua single ‘See U Never’ dan ‘I Like U’. pada tahun 2018 menjadi titik kesuksesan untuk musisi muda tersebut setelah merilis album EP berisi delapan lagu yang terinspirasi kisah asmara kawula muda.

Satu tahun kemudian, penyanyi berzodiak Aquarius ini kembali merilis Album EP ‘Wanna Take This Downtown’ yang berisi empat lagu dengan ‘Lowkey’ sebagai hitsnya. Lalu pada tahun 2020, NIKI merilis album penuh berisikan 10 lagu dengan judul ‘Moonchild’.

Dalam karir bernyanyinya, Niki memilih genre RnB, karena mengikuti sang idola Destiny’s Child dan Ariana Grande. Selain itu, ternyata ia berteman baik dengan Lisa Blackpink.

6. Rich Brian

photoPotret Rich Brian - (Pinterest)

Berkat popularitasnya di YouTube, nama Rich Brian langsung meledak dan viral setelah lewat lagunya yang berjudul ‘Dat $tick’ yang dirilis pada bulan Maret 2016 setelah banyak diperbincangkan oleh warganet.

Pria bernama asli Brian Imanuel Soewarno ini awalnya hanya bermodalkan smartphone untuk membuat video klip ‘Dat $tick’ yang kini sudah mencapai 187 juta penonton.

Dengan bakat menyanyi Rap yang sangat baik, akhirnya label 88Rising menggaet Rich Brian yang di dalamnya terdapat sejumlah musisi terkenal seperti Joji.

Album pertama Rich Brian yaitu ‘Amen’ yang dirilis pada 2 Februari 2018, cukup mendapat perhatian karena pihak label benar-benar serius untuk mempromosikannya sampai ada di billboard atau LED board Times Square New York.

Prestasi yang ditoreh oleh musisi muda ini sangat membanggakan karena telah mengharumkan tanah air tercinta. Sampai-sampai Rich Brian diundang ke Istana oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Lalu pada tahun 2019, penyanyi rap ini mengeluarkan album keduanya berjudul ‘The Sailor’ dan setahun kemudian merilis album EP yang berisi tujuh lagu berjudul ‘199’”.

Di tahun 2021, lagu Rich Brian berjudul ‘Edamame’ sedang hangat diperbincangkan dan selalu menjadi backsound bagi para pengguna aplikasi TikTok.

7. Weird Genius

photoWeird Genius - (Weird Genius)

Grup Musik EDM dan Synthpop ini mulai menjadi perhitungan oleh penikmat musik dunia. Grup EDM yang terbentuk pada 2016 ini beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana dan Gerald Liu.

Tidak perlu waktu lama bagi Weird Genius untuk mendapat perhatian dari pecinta musik Indonesia.

Setelah tahun pertama mereka merilis ‘WKWK Land’ bersama Influencer Chandra Liow, di tahun 2020 menjadi titik puncak kesuksesan bagi Reza cs setelah mengeluarkan single ‘Lathi’ bersama Sarah Fajira menjadi pengisi vokal di lagu tersebut.

Di tahun yang sama, Weird Genius kolaborasi dengan musisi dunia Yellow Claw dengan merilis lagu berjudul ‘Hush’.

Dan kini, Weird Genius resmi bergabung dengan label musik Astralwerks yang masih di bawah naungan Universal Music Group.

Banyak musisi top dunia yang bekerjasama dengan perusahaan label rekaman tersebut seperti David Guetta, Sia, Marshmellow, Halsey, Alesso, Swedish House Mafia dan banyak lagi.

Writer: Dwiki Ramdhan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 09:14 WIB

Varietas Unggulan, Ini Upaya Distan Sukabumi Jaga Kelestarian Tanaman Vanili di Cidolog

Distan Kabupaten Sukabumi berupaya untuk melestarikan tanaman vanili di Cidolog melalui kegiatan pendaftaran varietas unggulan lokal.
Distan Kabupaten Sukabumi gandeng BPPBP Jabar dan BRIN saat observasi tanaman vanili di Poktan Tani Mukti Cidolog. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Radang Sendi

Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi.
Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat19 Mei 2024, 08:30 WIB

Jangan Abaikan Asam Urat Pada Anak, Ketahui Gejala Hingga Penyebabnya Berikut Ini!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
Ilustrasi. Asam urat pada anak
 Sumber: pexels.com/@BOOM
Life19 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

Mengadopsi kebiasaan pagi yang sehat tidak hanya membantu meredakan nyeri sendi asam urat, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi.  Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat (Sumber : Freepik/@stefamerpik)
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN