Iwan Fals Soal Penimbun Oksigen dan Obat: Harus Dihukum Seberat-beratnya

Senin 05 Juli 2021, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyanyi legendaris, Iwan Fals ikut bersuara tentang maraknya penimbunan oksigen dan obat-obatan di masa krisis pandemi Covid-19 ini. Ia tidak habis pikir dengan oknum yang memanfaatkan keadaan demi keuntungan pribadi.

"Ya iyalah, para penimbun oksigen, obat-obatan, vitamin serta kebutuhan dasar untuk hidup, demi keuntungan dan karena keserakahan di masa pandemi ini, ya harus dihukum seberat-beratnyalah, tega amat," tulis Iwan Fals seperti dikutip tempo dari Twitter pribadinya, Senin, 5 Juli 2021.

Sejak beberapa hari lalu media sosial diramaikan dengan berbagai foto maupun video antrean panjang di tempat penjualan oksigen. Selain harganya yang semakin mahal, saat ini tabung oksigen juga sudah mulai langka di beberapa kota karena tingginya permintaan. Netizen ikut mendukung pernyataan Iwan Fals itu. Menurut mereka para penimbun tersebut sangat tidak menunjukkan sisi kemanusiaan di tengah situasi genting saat ini.

"Benar Bang, apalagi korupsi bansos Bang, semuanya harus dihukum seberat-beratnyalah! Tega teramat sangat!" tulis @virgo_vod. "Binatang tak mempunyai akal dan pikiran, segala cara dihalalkan demi perut kenyang, binatang tak pernah tahu rasa belas kasihan, padahal di sekitarnya terlatih berjalan pindang, pas buat para penimbun," tulis @_cullpjfc.

Baca Juga :

Pemerintah telah mengingatkan kepada distributor untuk tidak menimbun oksigen maupun obat-obatan demi mencari keuntungan pribadi di tengah krisis pandemi Covid-19. Juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menegaskan bahwa pasokan oksigen harus diprioritaskan untuk pasien yang membutuhkan.

"Distributor dan pelaku penimbun oksigen dan obat-obat penting untuk perawatan Covid-19 adalah musuh masyarakat dan akan ada ganjarannya," katanya dalam konferensi pers pada Minggu, 4 Juli 2021.

Pemerintah menyadari bahwa ketersediaan oksigen saat ini terbatas. Hal ini membuat pemerintah terus berusaha mencari pasokan oksigen dari lokal maupun membuka peluang mendatangkannya langsung dari luar negeri alias impor. Masyarakat diminta untuk mempelajari tata cara pertolongan pertama bagi pasien dengan kadar oksigen di bawah 90 persen. Informasi mengenai hal tersebut dapat diperoleh dari Kementerian Kesehatan, para dokter, hingga dari telemedis.

Iwan Fals mengejutkan para pengguna Twitter pada Kamis malam, 24 Juni 2021. Pasalnya cuitannya membuat netizen menduga bahwa ia tengah terpapar Covid-19. "ISOMAN," tulisnya dengan singkat. Kata isoman merupakan kependekan dari isolasi mandiri. Dua kata ini mengacu pada tindakan yang sekarang ini biasa dilakukan seseorang yang terpapar Covid-19.

Iwan Fals juga menambahkan pada cuitan berikutnya bahwa isoman adalah pilihan yang bisa diambil karena sudah banyak rumah sakit yang penuh. "Karena rumah sakit penuh ya isomanlah, bagi yang sedang menjalani dan yang merawat tetap SEMANGAT," tulisnya. Sejumlah penggemarnya mendoakan kesembuhan untuk penyanyi yang terkenal dengan lagu Bento ini. Iwan Fals bahkan sampai mengganti nama Twitternya menjadi Oi PPKM Darurat Oiii, untuk mengingatkan netizen bahwa saat ini PPKM Darurat tengah berlangsung mulai tanggal 3 hingga hingga 20 Juli 2021 di wilayah Jawa dan Bali.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 14:30 WIB

"Bagaimana Perasaanmu?", 8 Kalimat Penting untuk Membesarkan Anak Bahagia

Ungkapan-ungkapan praktis berikut adalah semua yang Anda perlukan untuk memiliki anak yang bahagia dan mandiri.
Ilustrasi. Tips membesarkan anak bahagia. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 14:00 WIB

Cara Menghilangkan Trauma Setelah Diputuskan, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Putus cinta bisa menjadi pengalaman yang mengguncang dan meninggalkan bekas trauma emosional yang dalam.
Ilustrasi. Putus cinta. Sumber : pixabay/breakty99
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)