Christopher Plummer Meninggal Dunia, Aktor Hollywood yang Sarat Prestasi

Sabtu 06 Februari 2021, 08:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar duka datang dari industri hiburan Hollywood. Aktor senior Christopher Plummer meninggal dunia. Belum diketahui dengan pasti apa penyebab meninggalnya sang aktor. Namun kabar ini disampaikan Lou Pitt, sahabat sekaligus manajer Plummer.

Sebagian orang mungkin belum mengenal sosok Christopher Plummer. Oleh karena itu, silakan simak ulasan berikut ini.

Kehidupan pribadi

Pria bernama lengkap Arthur Christopher Orme Plummer ini lahir di Toronto, Ontario, Kanada pada 13 Desember 1929. Plummer merupakan anak tunggal dari pasangan John Orme Plummer dan Isabella Mary. Namun setelah perceraian orang tuanya, Plummer dibesarkan di rumah keluarga sang ibu di Senneville, Quebec, Kanada.

Christopher Plummer terlahir sebagai anak dari keluarga bangsawan. Ayahnya bekerja di bidang penjualan saham dan sekuritas, sedangkan ibunya adalah sekretaris Dekan Ilmu Pengetahuan di Universitas McGill. 

Kakek buyut Plummer adalah seorang pengacara serta pengusaha sukses sekaligus perdana menteri ketiga Kanada, yakni Sir John Joseph Caldwell Abbott. Sementara kakeknya, yaitu John Bethune merupakan rektor Universitas McGill, salah satu universitas tertua di Kanada. Plummer juga merupakan sepupu kedua dari aktor Inggris, Nigel Bruce.

Christopher Plummer kemudian menikah dengan aktris Tammy Grimes pada tahun 1956, namun pernikahan ini hanya bertahan hingga tahun 1960. Dari pernikahannya tersebut, lahirlah seorang putri yang diberi nama Amanda Michael Plummer.

Pernikahan kedua dijalani Plummer pada tahun 1962 dengan jurnalis wanita bernama Patricia Lewis. Tetapi pernikahan keduanya ini juga hanya bertahan selama lima tahun. Pada tahun 1970, Christopher Plummer kembali menikah, kali ini dengan aktris Elaine Taylor dan pernikahan tersebut bertahan hingga akhir hayat sang aktor.

Perjalanan karir

Christopher Plummer tampil pertama kali di televisi Kanada pada Februari 1953 lewat drama berjudul "Othello" yang diproduksi oleh Canadian Broadcasting Corporation. Debut televisi Amerikanya juga terjadi di tahun yang sama, yaitu di acara episode Studio One yang berjudul "The Gathering Night".

Sepanjang 1950-an, Plummer muncul dalam beberapa judul program showcase dramatis seperti "The Alcoa Hour", "General Electric Theatre", "Kraft Television Theatre", dan "Omnibus".

Sementara karir broadway-nya dimulai pada Januari 1953 lewat "The Starcross Story". Penampilan broadway berikutnya berjudul "Home is the Hero" berlangsung selama 30 pertunjukan, yaitu dari September hingga Oktober 1954. Ia juga terus aktif hingga berpartisipasi dalam banyak judul broadway.

Karir filmnya dimulai pada tahun 1958 dengan berperan sebagai penulis muda di film "Stage Struck". Pada tahun yang sama, Christopher Plummer memainkan peran utama dalam film karya Nicholas Ray "Wind Across the Everglades". Kemudian ia muncul dalam drama televisi langsung yang berjudul "Little Moon of Alban" bersama Julie Harris. 

Namanya terus bersinar dengan membintangi banyak film ternama, salah satunya "The Sound of Music" pada tahun 1965. Film musikal yang diangkat dari buku The Von Trapp Family Singers ini menjadi film terlaris sepanjang masa dan turut melambungkan karir Christopher Plummer.

Selain sebagai aktor film, televisi, dan teater, Plummer juga menjadi penulis naskah untuk panggung, televisi, dan ruang konser. 

Untuk mendokumentasikan perjalanan sang aktor, penerbit Alfred A Knopf membuat buku memoar tentang Christopher Plummer yang berjudul "In Spite of Myself" yang diterbitkan pada November 2008.

Film bergenre misteri-komedi yang berjudul "Knives Out" pada tahun 2019 menjadi film terakhir Christopher Plummer. Saat itu ia berperan sebagai Harlan Thrombey.

Penghargaan

Sepanjang perjalanan karirnya di dunia hiburan, Christopher Plummer banyak mendapat penghargaan. Berikut sederet prestasinya.

Tahun 1974 - Pemenang kategori aktor terbaik dalam musikal dalam Tony Awards lewat musikal berjudul "Cyrano".

Tahun 1977 - Pemenang kategori aktor luar biasa-serial atau film terbatas dalam The Primetime Emmy Award lewat film berjudul "Arthur Hailey's the Moneychangers".

Tahun 1994 - Pemenang kategori performa sulih suara luar biasa dalam The Primetime Emmy Award lewat serial berjudul "Madeline".

Tahun 1997 - Pemenang kategori aktor terbaik drama dalam Tony Awards lewat drama berjudul "Barrymore".

Tahun 2012 - Pemenang kategori aktor pendukung terbaik dalam The Academy Award atau lebih dikenal dengan Oscar lewat film berjudul "Beginners". Kemenangan ini menempatkan dirinya sebagai aktor tertua penerima Oscar dalam sejarah yaitu di usia 82 tahun.

Tahun 2016 - Plummer menerima penghargaan Canadian Screen Award untuk Lifetime Achievement.

Tahun 2018 - Nominasi dalam The Academy Award atau lebih dikenal dengan Oscar lewat perannya di film besutan Ridley Scott berjudul "All the Money in the World". Kemenangan ini menempatkan dirinya sebagai nomine tertua di bidang akting dalam sejarah dunia, yaitu di usia 88 tahun.

Selain penghargaan yang telah disebutkan di atas, masih banyak penghargaan dan nominasi lainnya yang berhasil ditorehkan aktor senior itu.

Tanda Kehormatan

Selain berprestasi di dunia hiburan dengan mendapat sederet penghargaan, Christopher Plummer juga memperoleh sejumlah tanda atau gelar kehormatan, antara lain:

Tahun 1968

Bintang Kanada atau Order of Canada (CC) atas kontribusinya pada seni pertunjukan di dalam dan luar negeri. Tanda kehormatan ini merupakan bintang jasa tertinggi dalam sistem tanda kehormatan untuk warga sipil di Kanada atas jasa luar biasa atau pengabdian terpuji melalui kontribusi seumur hidup dalam berbagai bidang. 

Tahun 1977

Medali perayaan perak Ratu Elizabeth II untuk Kanada. Medali ini dimaksudkan untuk memberi penghargaan kepada individu-individu yang dianggap telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada sesama warga negara, komunitas, atau negara Kanada. 

Tahun 1993

Medali Hari Jadi ke-125 Konfederasi Kanada. Medali ini merupakan medali peringatan yang dibuat oleh Royal Canadian Mint untuk memperingati ulang tahun ke-125 Konfederasi Kanada dan diberikan kepada orang Kanada yang dianggap telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada sesama warga negara, komunitas, atau negara.

Tahun 2001

Penghargaan Seni Pertunjukan Gubernur Jenderal untuk Prestasi Artistik Seumur Hidup, yang merupakan perhargaan tertinggi Kanada dalam seni pertunjukan.

Tahun 2002

Medali Perayaan Emas Ratu Elizabeth II. Medali peringatan ini diciptakan tahun 2002 untuk menandai ulang tahun ke-50 dari aksesi Ratu Elizabeth II. Medali tersebut dianugerahkan di Kanada kepada para nominasi yang berkontribusi pada kehidupan publik.

Tahun 2012

Medali Diamond Ratu Elizabeth II. Medali peringatan ini diciptakan tahun 2012 untuk menandai perayaan ke-60 dari aksesi Ratu Elizabeth II ke tahta persemakmuran. Medali tersebut diberikan kepada semua orang yang dianugerahi persahabatan dalam orde Kanada.

Kematian

Pada 5 Februari 2021, Christopher Plummer meninggal dunia di usia 91 tahun di rumahnya di Weston, Connecticut, Amerika Serikat. Elaine Taylor yang telah menjadi istrinya selama 53 tahun setia mendampingi sang aktor pada detik-detik terakhir hidupnya. 

Sejumlah aktor dan aktris turut berduka, seperti Julie Andrews, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Chris Evans, Don Johnson, Elijah Wood, Ed Asner, dan lain-lain serta menyampaikan rasa dukanya atas kepergian aktor legendaris tersebut.

Selamat jalan Kapten Von Trapp.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)