Inilah 5 manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Selasa 15 Februari 2022, 21:15 WIB

SUKABUMIUPDAT.com - Air putih merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga berfungsi mengangkut nutrisi ke sel-sel, mengatur suhu tubuh serta melumasi sendi.

Air sendiri merupakan zat yang sangat penting untuk menyusuk 50 - 60 persen komposisi tubuh. Tapi ternyata minum air putih dipagi hari ternyata memiliki manfaat lain untuk tubuh lho. Apa saja?

Seperti melansir dari sura.com inilah lima manfaat minum air putih dipagi hari.

Baca Juga :

1. Baik Untuk Penurunan Berat Badan

photoIlustrasi Baik untuk Penurunan Berat Badan - (Pexels.com)</span

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. 

Hal itu diungkap lewat studi pada tahun 2019, yang menemukan bahwa asupan cairan yang tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh bagi orang dewasa muda.

Selain itu, studi pada tahun 2010 menemukan, orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan, di mana mereka minum air putih sebanyak 500 mililiter sebelum makan selama 12 minggu.

Para peneliti juga mengaitkan penurunan berat badan dengan penurunan asupan energi, yang berarti mereka lebih sedikit makan dibanding orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Baik Untuk Kesehatan Mental

photoIlustrasi Baik untuk Kesehatan Mental - (Pexels.com)</span

Sebuah studi tahun 2016 mengungkap, air putih disebut baik untuk peningkatan kognisi dan dan kinerja mental, bahkan mampu mengatasi dehidrasi ringan.

Hal itu juga diungkap oleh studi tahun 2019, yang melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan, bahwa ada tren peningkatan kinerja mental bagi para peserta studi yang terhidrasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

Baca Juga :

3. Meningkatkan Suasana Hati

photoIlustrasi Meningkatkan Suasana Hati - (Pexels.com)</span

Minum air di pagi hari juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Menurut studi tahun 2014 menemukan, orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Di lain sisi, studi tahun 2019 menemukan bahwa dehidrasi mempengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan penemuan ini, seseorang yang ingin minum air sepanjang hari, dapat memiliki efek yang positif pada suasana hati mereka.

4. Baik Untuk Kesehatan Kulit

photoIlustrasi Baik untuk Kesehatan Kulit - (Unplash.com)</span

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat meningkatkan penampilan serta kesehatan kulit. 

Dengan mengandung sekitar 30 persen air, ini dapat membantu meningkatkan kulit tetap montok, hingga meningkatkan elastisitas dan ketahanannya.

Sebuah studi tahun 2015 mengungkapkan, peningkatan asupan air memiliki efek positif pada fisiologi kulit. 

Selain itu, studi tahun 2018 juga menemukan, peningkatan asupan air dapat meningkatkan hidrasi lapisan luar kulit. Hidrasi kulit yang berasal dari air cukup untuk mencegah kerutan dan mengimbangi efek matahari, genetika, dan lingkungan.

5. Baik Untuk Fungsi Tubuh

photoIlustrasi Organ Tubuh Manusia - (via etsy.com)</span

Minum air putih di pagi hari tidak hanya baik untuk kulit dan kinerja mental saja, tetapi juga baik untuk fungsi tubuh lainnya. Salah satunya ginjal, saluran kemih, sistem kardiovaskular, sampai sendi dan tulang.

source: suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Life21 Juli 2024, 08:00 WIB

5 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses, Hindari Sikap Ini!

Orang miskin seringkali memiliki pola pikir yang negatif tentang uang dan kesuksesan. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk keluar dari siklus kemiskinan.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)