5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Malam Hari

Sabtu 22 Januari 2022, 15:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa hal ini tidak boleh dilakukan di malam hari jika kamu menginginkan kualitas istirahat yang baik dan cukup. 

Melansir dari Medium.com, tentang survei yang menunjukkan angka kurang dari 50% orang dewasa di Amerika cukup tidur dan lebih dari setengah sampel mengatakan kualitas tidur mereka buruk atau sedang.

Hal tersebut dikarenakan kegiatan di malam hari yang salah dan mengganggu kualitas tidur, seperti menonton tv, makan yang tidak sehat atau menelusuri media sosial seperti Tik Tok atau Instagram.

Baca Juga :

Dengan membiasakan semua rutinitas tersebut, tidak heran jika banyak orang akan merasa energi mereka terkuras.

Namun hal tersebut bisa kamu antasi dan menjadi salah satu orang yang memiliki kualitas tidur yang baik, bagun dengan mood yang baik dan hari-hari yang produktif.

Hal yang terpenting, kamu tidak harus membangun banyak kebiasaan baru, mengkonsumsi suplemen, olahraga dan lainnya.

1. Jangan Coba Menyelesaikan Pekerjaan di Tempat Tidur

photomembawa pekerjaan ke tempat tidur - (Unsplash)

Kamu tidak akan bekerja secara produktif ketika berada di sofa dan ditempat tidur. Selain itu, membawa masalah pekerjaan ke tempat tidur tidak akan merasa sepenuhnya beristirahat.

Sementara tempat tidur merupakan tempat untuk beristirahat dan meninggalkan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan fisik dan pikiran kamu.

Menurut Ruchir Patel selaku direktur medis Insomnia and Sleep Institute of Arizona, melakukan aktivitas yang merangsang mental di tempat tidur membuat kita percaya bahwa tempat tidur adalah tempat untuk tetap terjaga dan bekerja.

Hal tersebutlah menurut Asosiasi mental ini akan membuat lebih sulit untuk tertidur dan beristirahat dengan baik.

Yang Harus dilakukan:

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan setelah seharian bekerja adalah mematikan smartphone dan beristirahat.

Atau kamu bisa pergi keluar untuk gerakkan tubuh. Masak sendiri makanan yang enak dan sehat. Baca buku-buku, menghabiskan waktu bersama orang yang kamu cintai dan bersantai.

Cobalah untuk fokus beristirahat dengan baik, sehingga kamu dapat bekerja lebih efektif dan efisien pada esok harinya.

Meski pada kenyataannya kamu tidak akan pernah selesai berurusan dengan pekerjaan, sehingga meluangkan waktu untuk menikmati hal yang paling penting.

Jika kamu masih kesulitan untuk melakukan hal tersebut, maka cobalah membuat jadwal harian, dengan goal ketika istirahat otak dan tubuh kamu sudah selesai bekerja. 

Dan pastikan alat-alat yang berhubungan dengan pekerjaan kamu jauh dari tempat kamu beristirahat.

2. Jangan membuat Keputusan yang melelahkan

Jangan membuat keputusan untuk mengerjakan sesuatu pada malam hari, misal dengan mengerjakan deadline tengah malam. Hal tersebut malah akan membuat hidupmu kacau.

Pada akhirnya, kita hanya akan merasa lelah secara mental, bahkan ketika kita tidak melakukan tugas yang berat lainnya.

Istirahat adalah bagian alami dari kehidupan manusia dan ini bukan hanya untuk memulihkan tenaga tubuh kita tetapi juga pikiran kita.

Pikiran merupakan baterai, semakin kamu menggunakan maka semakin sering juga untuk mengisi ulang.

Meski orang tidak tahu bagaimana kita menggunakan segenap pikiran dan tenaga kita sepanjang waktu hanya untuk membuat berbagai keputusan setiap harinya.

Yang harus dilakukan:

Hal terbalik, jika kamu ingin pengambilan keputusan menjadi mudah maka jangan lakukan hal tersebut saat larut malam. 

Ambilah sebuah keputusan penting diwaktu yang tepat, setelah istirahat dan setelah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Jangan berharap jika pikiran kamu dapat bekerja 100% setelah seharian bekerja penuh, hal tersebut merupakan tindakan gila yang dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik.

3. Jangan Makan makanan Junk Food 

photoIlustrasi Junk Food - (Unsplash)

Mungkin setelah seharian bekerja kamu menginginkan makanan yang cepat saji dan malas untuk memasak. Sehingga kamu lebih memilih makanan siap saji atau Junk Food.

Hal ini malah akan membuat masalah terhadap tubuh kamu, karena ketika kamu tidur saluran pencernaan kamu juga harus beristirahat.

Kamu juga tidak bisa tidur dalam keadaan perut kosong, akan tetapi sebisa mungkin pilihlah makanan yang ringan dan sehat untuk makan malam.

Karena dengan begitu, kamu dapat tidur dengan mudah dan tanpa ada gangguan apapun.

Selain menghindari makanan junk food, kamu coba menghindari minuman yang mengandung kafein pada sore hari menjelang malam, agar tubuh kamu bisa mencerna kafein tersebut menjelang tidur.

Tak sedikit orang yang memiliki masalah tidur ketika mereka mengkonsumsi minuman kafein pada sore harinya. Hal tersebut membuat mereka tidak merasa tidur nyenyak dan bangun dengan perasaan lelah.

Kesalahan lainnya juga seperti berolahraga pada larut malam. Tentu saja, kamu memang perlu menggerakkan tubuh, tapi larut malam bukan pilihan yang baik.

Meningkatkan detak jantung pada malam hari dapat menyebabkan kesulitan ketika kamu mencoba untuk tertidur, jadi lebih baik berolahraga setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Terutama untuk olahraga berat seperti lari, fitness atau angkat berat. Tapi, aktivitas intens sedang seperti yoga, berenang atau peregangan, boleh dilakukan hingga satu jam sebelum tidur.

Yang harus dilakukan:

Untuk tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar, maka hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan berlemak pada larut malam.

Sebaliknya, konsumsilah makanan ringan dan bergizi. Bila memungkinkan, makan malam lebih awal sebelum tidur, sehingga tubuh kamu memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan.

Pastikan untuk menghindari kafein di sore atau malam hari atau kamu bisa mencoba teh herbal seperti chamomile, lavender atau mint.

Menggerakkan tubuh memang penting dan baik, tetapi hindari olahraga berlebihan menjelang waktu tidur.

4. Otakmu bukan tempat sampah

photoIlustasi Menonton - (Unsplash)

Untuk menghindari situasi sepi, biasanya kamu selalu menyalakan TV sepanjang malam. Entah untuk menonton berita atau komedi.

Kondisi tersebut tidaklah baik, karena otak kita terus-menerus dibombardir dengan berbagai informasi yang masuk ke otak kita dari televisi.

Jika kamu ingin menjalani kehidupan yang baik, kamu perlu berhati-hati dengan konten dan informasi yang dikonsumsi.

Menonton berita menjelang tidur kemungkinan akan membuat kamu merasa cemas dan khawatir, apalagi ketika mendapat informasi yang tidak baik.

Yang harus dilakukan:

Agar dapat mengistirahatkan otak kamu dari hal negatif dan rasa cemas lainnya, kamu bisa dengan menghindari atau dengan mencari konten yang menarik dan membangkitkan semangat.

Misalkan bisa dengan membaca buku yang membuat kamu merasa baik. melakukan beberapa latihan peregangan, mandi atau berendam, mendengarkan musik yang menenangkan atau meditasi yang dipandu.

5. Melakukan Rutinitas yang Baik 

photoYoga dapat membantu tubuh Anda kembali fleksibel setelah mengalami kekakuan akibat faktor usia atau pekerjaan - (Pixabay)

Melakukan rutinitas yang baik adalah tulang punggung kehidupan yang bahagia, produktif dan sukses.

Tanpa rutinitas, kamu akan membuang banyak waktu untuk bertanya-tanya apakah yang harus kamu lakukan.

Rutinitas yang baik, meski diulang-ulang setiap harinya tidak akan membuat hidup kamu membosankan, sama halnya ketika kamu makan tiap hari yang tidak pernah bosan.

Yang harus dilakukan:

Bangunlah rutinitas pada malam hari dan lakukan itu sebisa mungkin secara konsisten. Pergi tidur pada saat waktu yang sama dan lakukan aktivitas yang sama untuk menenangkan diri sebelum tidur.

Buatlah kebiasaan kamu ini sebagai kekuatan dan membuatnya dilakukan sebagai tantangan. Melakukan hal yang benar di malam hari dapat mempengaruhi semua bidang kehidupan mu.

Rutinitas malam hari yang tepat akan membantu kamu merasa lebih rileks, beristirahat dengan baik, meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menikmati keindahan dan keheningan hidup, bahkan ketika segala sesuatunya tampak sibuk.

Jika kamu serius ingin membuat perubahan dalam hidup, mulailah dengan menghindari lima hal di atas setiap malam dan perhatikan kesejahteraan, kesehatan, produktivitas dan kebahagiaan kamu yang meningkat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)
Life16 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan, Yuk Umat Muslim Amalkan

Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.| Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 Mei 2024, 17:51 WIB

Dinilai Hina Profesi Guru, Akun Facebook di Sukabumi Dipolisikan PGRI

PGRI Kabupaten Sukabumi melaporkan akun facebook yang dinilai hina profesi guru dan dikaitkan dengan kecelakaan bus SMK di Subang.
PGRI Kabupaten Sukabumi laporkan akun facebook Atep Romli yang dinilai hina profesi guru. (Sumber : Istimewa)