Makanan yang Tanpa Disadari Mengandung Gula Tinggi

Minggu 23 Agustus 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selain membatasi konsumsi gula, ada yang lebih penting diwaspadai yaitu makanan yang mengandung gula tinggi tanpa disadari. Biasanya, jenis makanan tinggi gula ini telah melalui proses panjang sebelumnya dan dijual dalam bentuk kemasan. Jika tidak teliti, bisa saja terjebak mengonsumsi makanan tinggi gula.

Dilansir dari Tempo.co, tingginya kadar gula darah membuat seseorang rentan mengalami masalah obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan juga kanker. Idealnya, orang dewasa membatasi asupan gula per harinya maksimal 25 gram atau 6 sendok makan untuk perempuan, serta 37,5 gram atau 9 sendok makan untuk laki-laki. Jadi, jangan mudah tergiur dengan embel-embel “rendah lemak” atau “sehat” dalam makanan yang dijual di pasaran. Sebagian besar telah diberi pemanis atau bahan tambahan untuk memperkuat rasanya.

Berikut ini makanan yang mengandung gula tinggi

1. Yogurt rendah lemak

Praktis dan bernutrisi, yogurt rendah lemak bisa menjadi salah satu makanan yang mengandung gula tinggi tanpa disadari. Sebagai contoh, 245 gram atau satu kemasan yogurt rendah lemak bisa mengandung 45 gram gula. Jika dianalogikan, ini sama dengan 11 sendok gula pasir. Jadi, sebaiknya pilih plain yogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan.

2. Saus

Kerap menggunakan cocolan saus saat makan? Waspadai kandungan gula di dalamnya. Untuk meningkatkan rasanya, saus diberi tambahan pemanis yang tidak sedikit. Bayangkan saja, satu sendok makan saus mengandung satu sendok teh gula sebagai pemanisnya.

3. Bumbu spaghetti

Ada banyak varian bumbu spaghetti yang dijual di pasaran, tinggal memilih mana yang rasanya paling disukai. Sayangnya, sebagian besar bumbu spaghetti telah diberi pemanis tambahan untuk membuat rasanya semakin kuat. Untuk itu, pastikan memeriksa label nutrisinya sebelum membeli.

4. Granola

Kerap menjadi pilihan sarapan yang sehat, granola ternyata juga termasuk makanan yang mengandung gula tanpa disadari. Tak hanya itu, kandungan kalorinya juga cukup tinggi. Ini terjadi karena oat dalam granola dicampur dengan pemanis tambahan yang membuat kalorinya bertambah.Bahkan, 100 gram granola bisa mengandung 5-7 sendok teh gula yang membuat kalorinya mencapai 400-500. Jadi, pilih granola yang tidak mengandung banyak pemanis tambahan agar tidak membuat kadar gula darah meningkat.

5. Protein bar

Snack yang diklaim sehat dan mengenyangkan ini ternyata juga mengandung tambahan gula. Rata-rata produk protein bar di pasaran mengandung tambahan 20 gram gula. Artinya, protein bar mengandung gula yang hampir serupa seperti permen.Untuk itu, jika ingin mengonsumsi protein bar yang membantu mengenyangkan dan menurunkan berat badan, periksa dulu label nutrisinya. Hindari protein bar yang mengandung tambahan pemanis terlalu banyak.

6. Sup kemasan

Sup bisa menjadi salah satu opsi masakan sehat jika dibuat sendiri. Namun, sup dalam kemasan biasanya sudah diberi tambahan pemanis untuk membuat rasanya lebih sedap. Terkadang, label pemanis tambahan ini bukan berupa gula. Perhatikan komposisi lain seperti sukrosa, dextrose, barley malt, maltosa, atau HFCS.

7. Sereal

Tak hanya anak-anak, sereal untuk sarapan juga populer dikonsumsi oleh orang dewasa. Sayangnya, sebagian besar sereal mengandung tambahan gula sekitar 12 gram atau 3 sendok teh. Jika ingin yang lebih sehat, pilih sereal yang mengandung serat tinggi tanpa pemanis tambahan.

8. Buah kaleng

Memang benar jika semua jenis buah mengandung gula alami. Namun, buah kaleng mengandung kadar gula yang benar-benar tinggi karena proses pengolahannya. Belum lagi, buah kaleng direndam dalam air yang mengandung sirup atau pemanis tambahan.Ingat pula bahwa proses pengemasan buah dalam bentuk kaleng akan menghancurkan kadar vitamin C yang sensitif terhadap panas. Jadi, lebih baik mengonsumsi buah segar dengan kandungan gula alami.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa