Sedang Berencana Hamil, Apel dan 10 Buah Baik untuk Kesuburan

Selasa 10 Maret 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan tentu harus menjaga pola makan agar tetap bernutrisi. Dilansir dari tempo.co, salah satunya dari asupan buah-buahan. Ada beberapa buah yang baik untuk kesuburan yang bisa meningkatkan kemungkinan hamil.

Pola makan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan bisa berpengaruh pada level hormon, kualitas sirkulasi darah, optimal tidaknya otak mengirim sinyal ke seluruh tubuh, dan banyak lagi. Semua ini berperan dalam aspek kesuburan individu. Contohnya, ketika hormon estrogen atau progesteron tidak seimbang, maka siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ketika hal ini terjadi, menghitung masa subur juga jadi lebih rumit.

Dengan memberikan tubuh asupan nutrisi sesuai kebutuhan serta mengupayakan keseimbangan hormon, diharapkan dua garis merah di testpack jadi hadiah manis kemudian.

Berikut ini beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk kesuburan

1. Blueberry

Buah berwarna biru gelap ini tak hanya merupakan sumber antioksidan, tapi juga tinggi vitamin C, folat, dan serat. Artinya, blueberry berkhasiat sebagai buah untuk kesuburan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Terlebih di lingkungan yang penuh dengan radikal bebas, antioksidan membantu menjaga sel reproduktif dari penurunan fungsinya.

2. Alpukat

Kandungan lemak alpukat termasuk yang paling tinggi dan sangat baik untuk kesehatan sel telur. Selain itu, alpukat juga memenuhi kebutuhan lemak tunggal tak jenuh, jenis lemak baik yang diperlukan tubuh terutama sistem reproduksi. Mengolahnya pun mudah, misalnya dibuat menjadi jus, isian sandwich, salad, atau olesan selai. 

3. Apel

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada apel membuatnya termasuk dalam daftar buah untuk kesuburan. Tak hanya itu, apel juga merupakan sumber zat besi yang penting untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Jika belum cukup, buah apel juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mencegah konstipasi. Bagi yang bermasalah dengan nafsu makan, apel bisa jadi solusi untuk mengembalikan nafsu makan jadi normal kembali.

4. Pear

Pir termasuk buah untuk kesuburan karena kandungan anti-peradangan yang tinggi. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada pear juga mencegah kerusakan sel telur. 

5. Stroberi

Masih soal antioksidan, stroberi juga termasuk buah untuk kesuburan yang memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, betakaroten, dan antosianin. Buah berwarna merah ini juga berkhasiat dalam memastikan sel telur berkembang dengan sehat. Selama tidak ada reaksi alergi atau keluhan pencernaan, stroberi aman dikonsumsi setiap hari.

6. Plum

Kandungan potasium dalam plum juga membuatnya layak masuk dalam daftar buah untuk kesuburan. Potasium dapat mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang. Namun konsumsi plum perlu diperhatikan terutama bagi individu yang menderita diabetes atau risiko obesitas.

7. Peach

Buah untuk kesuburan berikutnya adalah peach yang kaya akan asam nikotinat, vitamin C, dan juga potasium. Kombinasi kandungan dalam buah peach ini membantu produksi folikel penghasil sel telur matang. Tak hanya itu, peach juga memperkuat tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Pisang

Potasium yang tinggi dalam pisang meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan energi dan kekebalan tubuh serta memberikan suplai mineral dan nutrisi yang diperlukan.

Tak hanya itu, konsumsi pisang juga meningkatkan produksi serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Buah untuk kesuburan yang satu ini juga bisa mengusir stres atau mood buruk yang bisa berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang untuk hamil.

9. Jeruk bali

Kaya vitamin C sama seperti buah jeruk dan grapefruit, jeruk bali juga kaya akan potasium, kalsium, dan vitamin B. Kombinasi ini bisa membantu seseorang berhasil hamil dengan membuat ovulasi lebih teratur serta menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

10. Semangka

Buah kaya air, semangka, juga bisa memberikan suplai glutathione. Ini adalah jenis antioksidan penting yang sangat penting bagi kualitas sel telur. Tak hanya itu, semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 10:13 WIB

Heboh! Warga Cisaat Sukabumi Temukan Dua Senjata Laras Panjang Terkubur di Tanah

Senjata api laras panjang ini ditemukan dalam keadaan sudah berkarat.
Dua senpi laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Istimewa
Life30 April 2024, 10:00 WIB

Terlalu Fokus Pada Masa Lalu! 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya

Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali.
Ilustrasi - Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION).
Life30 April 2024, 09:46 WIB

Dapat Mengganggu Perkembangan Kognitif, 8 Dampak Negatif Memukul Anak

Memukul sering dilakukan orang tua dan memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak. Akan tetapi, hal itu memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi memukul anak. | Foto: Freepik/@menguasai1305
Sukabumi30 April 2024, 09:33 WIB

Warga Sukabumi Kecewa VAR Anulir Gol Indonesia dalam Semifinal Piala Asia U-23 2024

Wasit Shen Yinhao memeriksa VAR karena terindikasi offside.
Kegiatan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin malam, 29 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)