Simak Tips Dokter Fajar Tentang Osteoarthritis: Cegahlah Sebelum Anda Menderita!

Selasa 22 Oktober 2019, 05:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah anda merasakan sendi-sendi terasa nyeri dan kaku saat bangun pada pagi hari?? Ataukah pernahkah lutut anda ‘berbunyi’ saat digerakkan?? Apabila ‘Ya’ , mungkin anda mengalami gejala Osteoarthritis.

Apa itu Osteoarthritis??

Osteoarthritis adalah sendi yang mengalami pengapuran dan mengalami peradangan, perkembangan penyakit ini bersifat kronis dan progresif, kerusakan tulang rawan sendi (pecah) dapat juga menyertai proses pengapuran tersebut, pada fase terparahnya permukaan sendi dapat mengalami perlunakan diikuti oleh munculnya tulang baru (osteofit) pada tepi tulang. Dalam ilmu anatomi, sendi tubuh mempunyai tulang rawan (kartilago) yang berfungsi sebagai bantalan dan pelumas, tulang rawat tersebut berfungsi sebagai bantalan, dimana bantalan tersebut melindungi sendi saat tubuh menggerakan sendi, sehingga sendi tidak akan terasa sakit saat bergerak. Pada Osteoarthritis terjadi kerusakan pada bantalan tersebut yang mengakibatkan sakit saat sendi digerakan.

Osteoarthritis VS Osteoporosis

Pada topik pembicaraan di masyarakat, mungkin anda lebih sering mendengar istilah osteoporosis dibandingkan mendengar istilah osteoarthritis. Apakah hal ini merupakan penyakit yang sama? Tentu tidak, hal ini merupakan dua penyakit yang berbeda, osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang, sedangkan osteoarthritis merupakan penyakit sendi yang mengalami pengapuran.

Osteoarthritis VS Rematik

Selanjutnya, tentu menjadi pertanyaan “Apakah osteoarthritis dengan penyakit rematik itu sama??” Jawabannya adalah, Ya! Bukan berarti osteoarthritis sama dengan rematik, namun Osteoarthritis merupakan salah satu golongan penyakit rematik. Penyakit ini banyak terjadi di masyarakat, dibuktikan dari data yang menunjukkan bahwa prevalensi penyakit rematik di Indonesia (2008) mencapai 23.6-31.3 persen, berarti 2-3 dari  10 orang di sekitar anda mengalami rematik! Suatu angka yang fantastis. Para ahli menyimpulkan bahwa Osteoarthritis menempati urutan kedua setelah penyakit jantung yang dapat mengganggu aktivitas kita. Di dunia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melakukan suatu survey dan mendapatkan angka bahwa  40 persen penduduk dunia yang berusia lebih dari 70 tahun akan menderita osteoarthritis pada sendi lutut.

Sasaran Osteoarthritis

Dari sekian banyak sendi ditubuh kita, sendi manakah yang menjadi sasaran penyakit osteoarthritis ?? Biasanya sendi yang menjadi sasaran penyakit ini adalah sendi yang sering digunakan sebagai penopang berat badan seperti sendi lutut, sendi tulang belakang, dan sendi panggul.

Gejala Osteoarthritis

Setelah uraian dari beberapa paragraf di atas, mari kita sama-sama kenali apa saja gejala osteoarthritis ?? Gejala osteoarthritis yang paling sering dialami adalah nyeri yang disertai kekakuan pada persendiaan saat digerakkan, makin lama sendi itu digunakan makin terasa nyeri dan nyeri akan berkurang apabila sendi diistirahatkan; yang kedua adalah pembengkakan dan peradangan pada persendian; gejala ketiga saat sendi diraba, sendi akan teraba hangat dan tampak kulit pada sendi tersebut berwana kemerah-merahan; gejala ke empat terdengarnya ‘bunyi’ saat sendi tersebut digerakan; dan pada fase akhir dapat terbentuk benjolan (nodul) pada sendi yang mengalami osteoarthritis.

Gambar kiri Nodul pada ujung-jari, gambar kanan melengkungnya kaki pada Osteoarthritis yang menyerang sendi lutut. (Foto: Istimewa).

Penyebab Osteoarthritis

Saat ini belum dapat ditentukan secara pasti apa penyebab osteoarthritis, beberapa ahli mengatakan penyebab utamanya adalah menuanya usia seseorang. Faktor risiko yang dapat menyebabkan osteoarthritis, antara lain : Wanita yang telah mengalami menopause; Kelebihan berat badan (Obesitas); Penggunaan sendi yang berlebihan (biasa terjadi pada olahragawan); Pernah mengalami perlukaan/ trauma pada sendi (keseleo); dan Merokok.

Tindakan dan Pencegahan

Saat ini anda telah mengetahui gejala dan penyebab osteoarthritis, selanjutnya apakah  yang harus dilakukan apabila mengalami gejala osteoarthritis menimpa pada anda ?? yang harus anda lakukan adalah melakukan penanganan awal  yaitu konsumsi obat pereda rasa nyeri dan segera konsultasi dengan dokter. Prinsip penanganan awal pada osteoarthritis adalah bertujuan untuk menghilangkan nyeri, menghilangkan nyeri dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri (analgetik) ataupun dapat pula dioleskan salep /balsam pereda nyeri, pengobatan ini umumnya disertai pemberian obat anti-radang pada sendi, sebaiknya pengobatan ini sesuai dengan petunjuk dokter. Apabila kerusakan sendi sudah sangat parah, pembedahan merupakan alternatif pengobatan terakhir. Perlu diingat bahwa pemijatan pada sendi yang meradang TIDAK AKAN meredakan nyeri yang dialami oleh sendi.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, pada paragraf ini akan dibahas secara singkat bagaimana pencegahan osteoarthritis. Terdapat dua macam pencegahan yaitu pencegahan ditujukan bagi orang yang belum mengalami osteoarthritis dan bagi orang yang telah mengalami gejala osteoarthritis namun masih gejala ringan. Bagi mereka yang belum mengalami osteoarthritis, pencegahan yang dapat dilakukan adalah kurangi berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas, hindari merokok, dan hindari penggunaan sendi/olahraga yang berlebihan. Sedangkan bagi mereka yang telah mengalami gejala ringan, janganlah berputus asa.. terdapat beberapa pencegahan yang dapat dilakukan saat serangan nyeri muncul diantaranya memberikan kompres hangat guna meredakan nyeri dan melancarkan peredaran darah bagi sendi yang sakit kompres hangat ini juga dapat dilakukan setelah bangun tidur pada pagi hari sebelum beraktifitas.

Makanan yang dapat membantu mencegah penyakit ini berupa daging ikan laut yang kaya akan Omega 3, biasakan minum susu yang kaya akan kalsium.Bagi mereka yang  kurang menyukai susu, dapat diberikan vitamin (suplemen) sendi yang berupa Glukosamine dan Chondroitin sulfat yang sudah banyak dijual di apotik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)