8 Jenis Makanan Ini Diperlukan Mereka yang Sering Diserang Asma

Minggu 19 Maret 2017, 07:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anda mengalami penyakit asma? Asma adalah suatu kondisi yang ditandai oleh kesulitan bernafas dan penyempitan saluran udara yang mengarah ke paru-paru, termasuk hidung, lorong hidung, mulut dan laring.

Asma adalah jenis penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan juga terkait dengan alergi, mungkin karena faktor musiman, lingkungan atau makanan. Jika Anda mengalami asma, dokter asal Amerika Serikat, Dr. Josh Axe menyarankan Anda mencoba beberapa makanan ini yang dapat membantu Anda untuk mengobati Asma tersebut. 

1. Makanan yang berwarna cerah atau mengandung karotenoid
Senyawa ini memberikan buah dan sayuran berwarna oranye atau merah, yang dapat membantu mengurangi serangan asma. Karotenoid merupakan dasar dari vitamin A, yang terlibat dalam pemeliharaan selaput lendir sehat yang melapisi lorong udara. Keparahan asma berkorelasi dengan vitamin A yang rendah, sehingga Anda dapat meningkatkan asupan makanan seperti sayuran akar, ubi jalar, wortel, sayuran hijau dan buah.

2.Makanan mengandung folat (vitamin B9)
Folat mengurangi reaksi alergi dan peradangan. Mungkin mampu menurunkan mengi dengan mengatur proses inflamasi juga. Makanan tinggi asam folat termasuk sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

3. Vitamin E dan C
Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu detoksifikasi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak vitamin C mengurangi mengi dan peradangan. Vitamin C ditemukan adalah sayuran hijau, buah jeruk, sayuran silangan dan buah. Vitamin E adalah antioksidan kuat lain yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati yang sehat.

4.Makanan mengandung magnesium
Rendahnya tingkat magnesium dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan asma. Adapun, meningkatkan magnesium telah terbukti mengurangi keparahan serangan asma. Magnesium dapat menyebabkan bronkus relaksasi otot polos dan memungkinkan udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru lebih mudah. Sumber makanan yang mengandung magnesium adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kakao dan biji-bijian kuno tertentu.

5.Bawang putih, bawang dan biji mustard
Semua makanan ini dianggap sebagai antimikroba alami. Mereka dapat membantu untuk melawan infeksi bakteri dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Mereka juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang menghambat peradangan.

6. Prebiotik dan makanan tinggi serat
Serat dari tanaman membantu menghilangkan racun dan memberi makan bakteri probiotik yang sehat. Biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran mentah yang sarat dengan bahan prebiotik merupakan sumber besar serat.

7. Omega-3
Omega-3 sebagian besar ditemukan pada ikan berminyak, seperti makarel, sarden, salmon, dan ikan tuna. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat memberikan dosis yang baik. Omega-3 membantu menurunkan kejadian asma secara signifikan karena mereka mengurangi peradangan saluran napas dan sistem reaktivitas imun.

8. Vitamin B5 atau asam pantotenat
Ini diperlukan dalam jumlah yang lebih besar oleh penderita asma karena mereka dapat memanfaatkan vitamin ini dengan benar. Ini juga telah menemukan bahwa teofilin, obat yang digunakan untuk mengobati asma, menyebabkan kekurangan vitamin B5. Asam pantotenat juga terlibat dalam fungsi adrenal, dan stres memainkan peran besar dalam asma.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)