Apakah Harga Diri yang Rendah Adalah Masalah Kesehatan Mental? Simak Alasannya!

Rabu 10 Juli 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Pemikiran benci pada diri sendiri identik dengan harga diri yang rendah, disebut juga low self esteem. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)

Ilustrasi. Pemikiran benci pada diri sendiri identik dengan harga diri yang rendah, disebut juga low self esteem. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang menganggap membenci diri sendiri adalah hal yang wajar. Setiap orang bangun setiap hari dan melihat ke cermin lalu berpikir 'ya, saya benci bagian itu dari diri saya'.

Pemikiran benci pada diri sendiri ini identik dengan harga diri yang rendah, disebut juga low self esteem.

Lantas, apakah harga diri yang rendah termasuk masalah kesehatan mental?

Melansir mind.org.uk, harga diri yang rendah bukan merupakan masalah kesehatan mental. Namun, kesehatan mental dan harga diri dapat saling terkait erat.

Ya, harga diri yang rendah sering kali dianggap sebagai masalah kesehatan mental karena dapat berdampak signifikan pada kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Baca Juga: 10 Cara Mempertahankan Harga Diri Agar Tidak Direndahkan Orang

Meskipun harga diri yang rendah sendiri bukanlah diagnosis medis, itu sering terkait dengan atau merupakan gejala dari berbagai kondisi kesehatan mental lainnya. Berikut, beberapa alasan mengapa harga diri yang rendah dianggap sebagai masalah kesehatan mental meliputi:

1. Depresi

Harga diri yang rendah adalah gejala umum dari depresi. Seseorang yang mengalami depresi sering kali merasa tidak berharga, putus asa, dan memiliki pandangan negatif tentang diri mereka sendiri.

2. Kecemasan

Orang dengan harga diri yang rendah mungkin merasa cemas atau khawatir berlebihan tentang penilaian orang lain, kegagalan, atau ketidakmampuan untuk memenuhi harapan.

3. Gangguan Makan

Harga diri yang rendah, terutama yang terkait dengan citra tubuh, sering kali menjadi faktor risiko untuk perkembangan gangguan makan seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa, atau binge eating disorder.

Baca Juga: 3 Masalah Sensitif Akibat Obesitas, BB Berlebihan Bisa Pengaruhi Kesuburan!

4. Gangguan Kepribadian

Beberapa gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian ambang (borderline personality disorder), sering kali terkait dengan perasaan harga diri yang rendah dan ketidakstabilan emosional.

5. Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)

Orang yang mengalami trauma sering kali memiliki harga diri yang rendah, merasa bersalah, malu, atau tidak berharga akibat pengalaman traumatis mereka.

6. Masalah Sosial dan Relasional

Harga diri yang rendah dapat menyebabkan kesulitan dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat, yang pada gilirannya dapat memperburuk kondisi kesehatan mental.

Baca Juga: Kenali Sederet Faktor Risiko Osteoporosis Agar Tulang Tidak Keropos di Masa Tua

Tak hanya itu, beberapa tanda rendahnya harga diri dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental. Terutama jika hal tersebut berlangsung lama atau memengaruhi kehidupan sehari-hari, misalnya:

  • Merasa putus asa atau tidak berharga
  • Menyalahkan diri sendiri secara tidak adil
  • Membenci dirimu sendiri
  • Khawatir tidak dapat melakukan sesuatu

Memiliki masalah kesehatan mental juga dapat menyebabkan seseorang memiliki harga diri yang rendah. Bahkan mungkin terasa lebih sulit untuk mengatasinya atau mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan harga diri jika sedang berjuang dengan kesehatan mental.

Baca Juga: Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Meski begitu, ketika Updaters mencoba memuji diri sendiri, merasa ternoda oleh semua keraguan dan muncul kebencian terhadap diri sendiri, hal itu bisa menjadi tanda Anda butuh bantuan medis. Maka cobalah konsultasi kepada ahli medis untuk tindakan lebih lanjut.

Sumber: mind.org.uk

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang