Bolehkah Ngemil Saat Diabetes? Inilah 9 Camilan Sehat Ramah Kadar Gula Darah

Kamis 13 Juni 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi Penderita diabetes tetap bisa ngemil dengan camilan sehat ramah kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@8photo)

Ilustrasi Penderita diabetes tetap bisa ngemil dengan camilan sehat ramah kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@8photo)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola kadar gula darah ketika sedang terkena diabetes memanglah tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang senang ngemil dan selalu perlu camilan.

Rasa khawatir karena takut adanya lonjakan gula darah selalu ada di pikiran penderita diabetes. Oleh karena itu, banyak dari mereka menahan keinginan untuk memakan camilan.

Tapi kini penderita diabetes tak perlu khawatir untuk ngemil. Karena terdapat beberapa camilan sehat dan tinggi serat yang ramah untuk kadar gula darah.

Camilan ini merupakan camilan sehat yang tentunya tak hanya membantu mengelola kadar gula darah, tetapi juga bermanfaat bagi sistem tubuh lainnya seperti pencernaan.

Mengutip dari laman eatingwell.com, ada 9 macam camilan sehat yang ramah untuk kadar gula darah dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes yang senang ngemil.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Camilan Sehat yang Ramah Untuk Kadar Gula Darah

1. Puding Chia

Puding chia merupakan salah satu camilan lezat serta menyehatkan yang bisa dinikmati kapan saja sepanjang hari. Jika Anda mencari camilan berserat tinggi agar bisa membuat kenyang dalam waktu cukup lama sekaligus membantu menurunkan kadar gula darah, maka menambahkan puding chia ke dalam daftar camilan saat ini merupakan rekomendasi yang sangat tepat.

2. Kacang Panggang

Meskipun kebanyakan orang lebih suka dengan camilan yang rasanya manis, tapi sebagian lagi mungkin menginginkan camilan bercita rasa enak tetapi tidak manis.

Kacang kaya akan protein, yang membantu kadar gula darah naik lebih lambat dibandingkan melonjak dengan cepat. Makanan ini akan menawarkan rasa netral yang bisa diubah bilang menambahkan penambah rasa.

3. Berondong Jagung/Popcorn

Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa popcorn adalah biji-bijian utuh. Seperempat cangkir biji popcorn mengandung sekitar 7 gram serat, menjadikannya camilan yang baik untuk membantu Anda mencapai rekomendasi serat 25 hingga 30 gram setiap hari.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

4. Sorgum Panggang

Inilah gandum utuh (dan alternatif popcorn) lainnya yang kaya nutrisi untuk menstabilkan kadar gula darah. Sorgum adalah biji-bijian kuno yang secara alami menyediakan serat, antioksidan, dan banyak nutrisi penting lainnya yang mendukung penderita diabetes.

5. Prune/Plum Kering

Plum kering benar-benar baik untuk tubuh. Makanan ini tidak hanya dapat melancarkan buang air besar, tetapi juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Prune tanpa tambahan gula memiliki salah satu tingkat indeks glikemik terendah dari semua buah kering.

6. Oat/Gandum

Menurut American Heart Association, menderita diabetes meningkatkan kemungkinan kolesterol tinggi, penyebab utama penyakit kardiovaskular. Oat atau gandum, terkenal karena efeknya dalam menurunkan kolesterol dan juga bagus untuk kadar gula darah.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

7. Buah Beri

Strawberry, blackberry, raspberry, dan blueberry adalah buah beri yang mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin dan flavonoid. Kadar antioksidan didalamnya seringkali dianggap lebih rendah bagi para penderita diabetes.

Senyawa bioaktif seperti antioksidan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan kontrol gula darah dan dapat memerangi komplikasi diabetes.

8. Kacang

Di dalam kacang mengandung trio nutrisi yang mengesankan bagi penderita diabetes yakni serat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat. Dan rendah karbohidrat, menjadikannya ideal untuk dimasukkan dalam makanan ramah diabetes atau kadar gula darah.

Baik kacang almond, kenari, kacang tanah, atau pecan, kacang-kacangan mengenyangkan dan dapat mengurangi rasa lapar di antara waktu makan. Sehingga sangat baik juga untuk jadi cemilan bagi yang sedang diet.

9. Apel

Kesehatan usus mendukung kesehatan secara keseluruhan, dan itu termasuk kesehatan diabetes juga. Ketidakseimbangan bakteri usus, atau disbiosis, dapat memicu peradangan dan resistensi insulin yang memperburuk kadar gula darah.

Mengupayakan keseimbangan yang tepat dan selaras dengan gaya hidup dan tujuan kesehatan sangat penting dalam mengelola kadar gula darah pada tubuh.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

Oleh karena itu, konsultasi bersama ahli kesehatan, ahli diabetes, dan ahli diet diperlukan dalam memilah serta memilih makanan yang ramah untuk menjadi camilan Anda sehari-hari.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang