Meningkatkan Suasana Hati, 11 Makanan Terbaik Bagi Anda yang Menderita Depresi

Rabu 03 April 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi - Banyak makanan mengandung zat tertentu yang dapat membantu meringankan gejala depresi. (Sumber : pexels.com/@30Nudos Adicora).

Ilustrasi - Banyak makanan mengandung zat tertentu yang dapat membantu meringankan gejala depresi. (Sumber : pexels.com/@30Nudos Adicora).

SUKABUMIUPDATE.com - Depresi merupakan gangguan mood yang dapat membuat seseorang merasa sedih, lesu, dan rendah energi. Ada banyak perawatan dan strategi untuk membantu merasa lebih baik, namun makanan yang dimakan juga sangat berperan.

Meskipun pengobatan dan terapi dianggap sebagai pilihan terbaik, namun memasukkan makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau, beri, tomat, kenari, dan salmon ke dalam makanan sehari-hari adalah cara mudah untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang dapat menyembuhkan depresi dengan sendirinya, pola makan yang sehat dapat mengurangi gejalanya. Dikutip dari verrywellhealth, penelitian menunjukkan bahwa, secara umum makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan asam lemak diketahui dapat membantu.

Baca Juga: Mencegah Asam Lambung Naik: 10 Tips Apa yang Harus Dihindari dan Dilakukan

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung mengandung magnesium, yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa penderita depresi cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah. Sayuran berdaun hijau juga kaya akan folat, vitamin B yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mengatasi depresi.

2. Buah Berry

Buah berry seperti raspberry , stroberi, blueberry, dan blackberry, kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel. Sebuah penelitian menemukan bahwa buah beri mungkin memiliki efek meningkatkan suasana hati yang mirip dengan Depakote (asam valproat), obat antikonvulsan.

3. Wortel

Wortel memasok antioksidan unik yang disebut karotenoid, yang dikenal memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Dalam beberapa penelitian, mengonsumsi lebih banyak karotenoid terbukti menurunkan gejala depresi dan kecemasan.

Baca Juga: Depresi Hingga Kelelahan, Ini Ciri-ciri Kamu Sedang Mengalami Stres di Tempat Kerja

4. Alpukat

Alpukat kaya akan folat , potasium, triptofan, dan vitamin K, yang dapat membantu meringankan gejala depresi. Mereka juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan otak, yang mungkin memiliki efek antidepresan.

5. Jamur

Jamur kaya akan vitamin B dan selenium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi mungkin berhubungan dengan gejala depresi.

6. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan. Mereka juga mengandung zat besi, vitamin B6, dan triptofan, nutrisi yang dibutuhkan otak Anda untuk memproduksi bahan kimia pengatur suasana hati.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Stres dan Depresi Karena Ambisi Besarnya Tidak Tercapai

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang lanjut usia yang makan tomat dua hingga enam kali seminggu memiliki kemungkinan 46% lebih kecil untuk mengalami gejala depresi ringan atau berat dibandingkan dengan mereka yang makan tomat kurang dari sekali seminggu.

7. Kacang Kenari

Kacang kenari menyediakan beberapa nutrisi peningkat suasana hati, termasuk asam lemak omega-3, tembaga, zat besi, antioksidan, dan magnesium. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan kenari melaporkan lebih sedikit gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kacang.

8. Susu

Susu merupakan sumber vitamin D yang baik, yang dapat menangkal gejala depresi. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi susu rendah lemak dan yogurt dalam jumlah lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami gejala depresi.

9. Kopi

Kopi mengandung kafein , yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dengan cepat. Beberapa penelitian menunjukkan kafein dapat memberikan efek antidepresan dengan meningkatkan pergantian beberapa bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman, seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin.

Namun penelitian lain menemukan bahwa konsumsi kopi dapat memperburuk depresi pada orang yang sudah memiliki gangguan mood. Sebaiknya minum kopi hanya jika Anda melihat efek positifnya.

10. Ikan salmon

Salmon kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3, yang dapat membantu meringankan gejala depresi pada penderita kekurangan vitamin. pedoman American Heart Association menyarankan makan dua porsi ikan seperti salmon dalam seminggu.

11. Kerang

Kerang merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Kerang juga kaya akan triptofan, yang diubah menjadi serotonin di otak. Kerang kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang