7 Air Rebusan yang Bisa Mengatasi Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Rabu 27 Maret 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - 7 Air Rebusan yang Bisa Mengatasi Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah| Foto: Freepik/@Kamranaydinov

Ilustrasi - 7 Air Rebusan yang Bisa Mengatasi Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah| Foto: Freepik/@Kamranaydinov

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien.

Beberapa orang percaya bahwa minuman atau ramuan tertentu dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Salah satu ramuan yang sering disebutkan adalah air rebusan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung klaim ini. Dan perlu diingat jika air rebusan ini tidak menggantikan perawatan medis yang sesuai, dan konsultasi dengan dokter Anda tetaplah penting.

Berikut beberapa air rebusan yang sering disebutkan bisa membantu mengatasi asam urat.

Baca Juga: 5 Buah-buahan Tinggi Purin yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi yang disebabkan oleh asam urat. Anda dapat menambahkan irisan jahe segar ke dalam air panas untuk membuat ramuan jahe.

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ramuan kunyit dengan susu atau air hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

3. Ceri Tart

Ceri tart diketahui memiliki kandungan antiinflamasi yang tinggi. Minum jus ceri tart atau mengonsumsi buah ceri tart secara langsung dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Baca Juga: Berapa Kadar Asam Urat yang Normal Untuk Orang Dewasa? Ini Penjelasannya

4. Daun Salam

Daun salam telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk asam urat. Anda dapat merebus beberapa daun salam dalam air dan meminumnya sebagai ramuan.

5. Cuka Sari Apel

Beberapa orang percaya bahwa cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh. Campurkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum secara teratur.

6. Daun Sambiloto

Daun sambiloto telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. Minum rebusan daun sambiloto secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan akibat asam urat.

Baca Juga: Bisa Ditemukan Sekitar Rumah, 8 Cara Mengobati Asam Urat Menggunakan Bahan Alami

7. Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan memiliki sifat alkalis yang dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh. Perasan lemon segar yang ditambahkan ke dalam air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari toksin dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Pastikan untuk mengkonsumsi ramuan-ramuan ini sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat, yang meliputi pola makan seimbang, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan ideal.

Juga, diskusikan dengan dokter Anda sebelum mencoba ramuan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).