3 Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda, Ini Tips Mencegahnya Agar Lebih PD

Senin 13 Februari 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi. Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda dan Tips Mencegahnya Agar Lebih PD (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda dan Tips Mencegahnya Agar Lebih PD (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Sunda termasuk Sukabumi, memiliki istilah tersendiri untuk menggambarkan kondisi perut buncit. Ya, ada tiga istilah yang digunakan yakni Bucitreuk, Burayut/Budayut, dan Bureuteu, dikutip dari wisatabdg.com.

Istilah Perut Buncit pertama yaitu bucitreuk, kondisi perut buncit tetapi badannya cenderung kecil. Kedua, Burayut/Budayut menggambarkan perut yang buncitnya ke bawah dan lebih besar dari bucitreuk. Ketiga, Bureuteu merupakan kondisi perut buncit ke bagian depan dan agak berisi, bentuknya seperti perut perempuan yang hamil besar.

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

Perut Buncit kerap dikeluhkan oleh karena selain membuat tidak Percaya Diri (PD) tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Lemak perut atau lemak visceral, kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit serius, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Agar tampil lebih PD tanpa lemak perut buncit, Yuk Terapkan 7 tips Mencegah Perut Buncit berikut ini, seperti dilansir via Halodoc!

Tips Mencegah Lemak Perut Buncit, Lebih PD Tanpa Lemak Bucitreuk, Burayut, Bureuteu

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Pola makan sehat bisa diawali dari kebiasaan mengkonsumsi sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak. Jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama karena kaya serat dan bergizi tinggi.

Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya pun dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Baca Juga: Perut Buncit Bikin Gak PD? Ini 5 Cara Mencegahnya, Yuk Coba Terapkan!

2. Hindari Makanan dengan Lemak Trans

Lemak trans adalah jenis lemak yang paling buruk untuk kesehatan tubuh. Artiny, mengkonsumsi banyak lemak trans tidak hanya bisa menambah lemak perut, tapi juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lain.

Lemak trans banyak ditemukan pada margarin, mentega, minyak nabati tertentu, makanan kemasan dan juga sering digunakan pada makanan cepat saji.

Oleh karena itu, untuk mengatasi lemak perut buncit dan melindungi kesehatan, baca label bahan makanan dengan seksama dan hindari produk yang mengandung lemak trans.

3. Air Putih yang Cukup

Kebutuhan tubuh akan air bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas (2-2,5 liter) perhari. Apalagi jika rutin melakukan olahraga, cairan tubuh yang cukup akan menjaga tubuh dari dehidrasi.

Konsumsi minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, dan minuman berenergi harus dihindari karena mengandung gula dalam kadar tinggi kalori dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

4. Rutin Berolahraga

Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Jika merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu berolahraga, kamu bisa mulai melakukan olahraga ringan dengan jalan kaki, bersepeda atau pun berenang.

5. Latihan Otot Rutin

Setiap hari, lemak tubuh dapat dibakar dengan melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, latihan otot setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu, yang mana upaya peningkatan massa otot secara tidak langsung dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

6. Kurangi Kalori Tubuh

Buang lemak sebanyak satu kilogram setiap minggu dengan mengurangi asupan kalori sekitar 500 sampai 1000 kalori/hari. Melalui rutinitas sehat ini, lemak tubuh pun akan berkurang secara berkala.

7. Tidur Cukup

Tidur yang cukup penting untuk berbagai aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami pertambahan berat badan dan juga lemak di perut. Jadi, jika kamu ingin mengatasi lemak perut buncit, usahakan untuk tidur yang cukup setiap malam ya!

Seperti diketahui, buncit sendiri adalah kondisi meningkatnya tekanan perut dan perubahan ukuran lingkar. Makanan manis seperti kue, permen, dan minuman soda menyebabkan kenaikan berat badan, memperlambat metabolisme, mengurangi kemampuan membakar lemak.

Sumber: Halodoc

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini30 April 2024, 17:29 WIB

MAY DAY dan Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia

Hari Buruh Internasional atau May Day, memiliki kronologis yang panjang dan kompleks· Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana Hari Buruh Internasional berkembang:
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM / Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi / Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute
Life30 April 2024, 17:27 WIB

6 Kebiasaan Harian yang Merapuhkan Mental Anda Secara Perlahan, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa membaut mental seseorang lemah, hancur dan rapuh. Tak ayal kebiasaan ini wajib dihindari agar tidak menghambat kesuksesan.
Ilustrasi. Kebiasaan yang membuat mental rapuh. | Sumber foto : Pexels/Liza Summer
Life30 April 2024, 17:13 WIB

Buat Aturan yang Jelas, Begini 10 Cara Mencegah Masalah Perilaku Pada Anak

Disiplin merupakan tindakan yang sangat penting untuk kehidupan anak. Namun jika anak belum disiplin cobalah tips ini untuk mencegahnya.
Ilustrasi mencegah masalah perilaku pada anak / Sumber : pexels.com/@Nothing Ahead
DPRD Kab. Sukabumi30 April 2024, 17:00 WIB

DPRD Sukabumi Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati TA 2023

DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD kepada Bupati mengenai LKPJ TA 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri rapat Paripurna DPRD yang beragendakan penyampaian rekomendasi LKPJ 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Musik30 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, OST Film Ipar Adalah Maut

Berikut Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, Salah Satu OST Film Ipar Adalah Maut
Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari OST Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/MDMusic
Life30 April 2024, 16:30 WIB

9 Sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari yang Membuatmu Semakin Dihormati

Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain.
Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi30 April 2024, 16:09 WIB

Gadis di Kalibunder Sukabumi Hilang Usai Dijemput 2 Pria Tak Dikenal, Keluarga Lapor Polisi

Kasus Ela Nopianti gadis di Kalibunder Sukabumi yang hilang diduga dibawa kabur dua pria tak dikenal itu tengah diselidiki kepolisian.
Foto Ela Nopianti (16 tahun), gadis putus sekolah asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua laki-laki tak dikenal. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 April 2024, 16:00 WIB

7 Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Rekomendasi Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Buah apel. | Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat. Foto: Freepik/@drobotdean
Inspirasi30 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi. | (Sumber : Istimewa)
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project