3 Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda, Ini Tips Mencegahnya Agar Lebih PD

Senin 13 Februari 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi. Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda dan Tips Mencegahnya Agar Lebih PD (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Istilah Perut Buncit dalam Bahasa Sunda dan Tips Mencegahnya Agar Lebih PD (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Sunda termasuk Sukabumi, memiliki istilah tersendiri untuk menggambarkan kondisi perut buncit. Ya, ada tiga istilah yang digunakan yakni Bucitreuk, Burayut/Budayut, dan Bureuteu, dikutip dari wisatabdg.com.

Istilah Perut Buncit pertama yaitu bucitreuk, kondisi perut buncit tetapi badannya cenderung kecil. Kedua, Burayut/Budayut menggambarkan perut yang buncitnya ke bawah dan lebih besar dari bucitreuk. Ketiga, Bureuteu merupakan kondisi perut buncit ke bagian depan dan agak berisi, bentuknya seperti perut perempuan yang hamil besar.

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

Perut Buncit kerap dikeluhkan oleh karena selain membuat tidak Percaya Diri (PD) tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Lemak perut atau lemak visceral, kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit serius, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Agar tampil lebih PD tanpa lemak perut buncit, Yuk Terapkan 7 tips Mencegah Perut Buncit berikut ini, seperti dilansir via Halodoc!

Tips Mencegah Lemak Perut Buncit, Lebih PD Tanpa Lemak Bucitreuk, Burayut, Bureuteu

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Pola makan sehat bisa diawali dari kebiasaan mengkonsumsi sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak. Jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama karena kaya serat dan bergizi tinggi.

Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya pun dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Baca Juga: Perut Buncit Bikin Gak PD? Ini 5 Cara Mencegahnya, Yuk Coba Terapkan!

2. Hindari Makanan dengan Lemak Trans

Lemak trans adalah jenis lemak yang paling buruk untuk kesehatan tubuh. Artiny, mengkonsumsi banyak lemak trans tidak hanya bisa menambah lemak perut, tapi juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lain.

Lemak trans banyak ditemukan pada margarin, mentega, minyak nabati tertentu, makanan kemasan dan juga sering digunakan pada makanan cepat saji.

Oleh karena itu, untuk mengatasi lemak perut buncit dan melindungi kesehatan, baca label bahan makanan dengan seksama dan hindari produk yang mengandung lemak trans.

3. Air Putih yang Cukup

Kebutuhan tubuh akan air bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas (2-2,5 liter) perhari. Apalagi jika rutin melakukan olahraga, cairan tubuh yang cukup akan menjaga tubuh dari dehidrasi.

Konsumsi minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, dan minuman berenergi harus dihindari karena mengandung gula dalam kadar tinggi kalori dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

4. Rutin Berolahraga

Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Jika merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu berolahraga, kamu bisa mulai melakukan olahraga ringan dengan jalan kaki, bersepeda atau pun berenang.

5. Latihan Otot Rutin

Setiap hari, lemak tubuh dapat dibakar dengan melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, latihan otot setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu, yang mana upaya peningkatan massa otot secara tidak langsung dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

6. Kurangi Kalori Tubuh

Buang lemak sebanyak satu kilogram setiap minggu dengan mengurangi asupan kalori sekitar 500 sampai 1000 kalori/hari. Melalui rutinitas sehat ini, lemak tubuh pun akan berkurang secara berkala.

7. Tidur Cukup

Tidur yang cukup penting untuk berbagai aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami pertambahan berat badan dan juga lemak di perut. Jadi, jika kamu ingin mengatasi lemak perut buncit, usahakan untuk tidur yang cukup setiap malam ya!

Seperti diketahui, buncit sendiri adalah kondisi meningkatnya tekanan perut dan perubahan ukuran lingkar. Makanan manis seperti kue, permen, dan minuman soda menyebabkan kenaikan berat badan, memperlambat metabolisme, mengurangi kemampuan membakar lemak.

Sumber: Halodoc

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan27 Juli 2024, 09:44 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Salah satunya, BPJS Ketenagakerjaan berhasil mencatatkan pertumbuhan kepesertaan yang baik selama tahun 2023.
Suasana di kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber : Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Nasional27 Juli 2024, 09:31 WIB

Hadiri JMS 2024, Pj Gubernur Optimistis Jatim Episentrum Baru Industri Media

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Jatim Media Summit 2024 di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024).
CEO Suara.com Suwarjono dan CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto memberikan cinderamata ke Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)