TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hati-hati! Ini Bahayanya Ketiduran Pakai Softlens, Bisa Bikin Mata Kering

Lupa melepas lensa kontak atau softlens hingga terbawa tidur bisa menyebabkan masalah pada mata

Penulis
Senin 28 Nov 2022, 07:01 WIB

(Ilustrasi) Menggunakan lensa kontak atau Softlens | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Penggunaan lensa kontak atau softlens saat ini banyak dipilih baik karena alasan kesehatan maupun hal lain. Namun, banyak orang yang memakai softlens yang lupa melepasnya hingga tak sengaja terbawa tidur.

Padahal pakar mengatakan kondisi ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi mata.
Melansir dari Suara.com, hal itu diungkap Founder dan CMO Eyelovin, Wella Christie yang mengatakan pakai lensa kontak saat tidur bisa memicu mata kering, ini karena saat tidur selama berjam-jam orang tidak berkedip.

"Kita nggak rekomendasi, karena kalau kita mengedip mata kita kayak dikasih air kalau kita tidur mata kita akan kering," ujar Wella dalam acara peluncuran lensa kontak Selene, Mite Clair Pure Moist di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022).

Mata kering atau sindrom mata kering adalah kondisi kondisi ketika mata tidak dapat menghasilkan air mata seperti seharusnya, atau saat air mata tidak bekerja dengan baik untuk melumasi mata.

Kondisi mata kering sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, mata kering juga dapat mempengaruhi kualitas penglihatan.

Inilah sebabnya menurut Wella berdasarkan rekomendasi dokter maksimal softlens digunakan 8 jam sehari, namun jika terpaksa dipakai lebih lama disarankan menggunakan pakai tetes mata khusus, untuk menghidrasi mata.

"Maksimal rekomendasi dokter 8 jam sehari, kalau terpaksa lebih kita selalu rekomendasi cairan untuk menghindari softlensnya itu. Langsung diteteskan khusus untuk tetesan softlens yang dipakai di mata," jelas Wella.

Sementara itu ada juga beberapa cara mengatasi mata kering, bisa dengan mengeluarkan air mata alami dengan cara berkedip. Bisa juga rutin konsumsi asupan asam lemak omega 3.

Sumber: Suara.com


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x