Jika Sulit Kentut Jangan Dianggap Sepele, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Kamis 20 Oktober 2022, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jangan menganggap sepele jika Anda mengalami sulit buang angin (Kentut) karena bisa jadi hal tersebut menjadi gejala penyakit serius.

Meskipun kerap dianggap sebagai hal yang memalukan, nyatanya kentut sebenarnya memiliki peran penting bagi sistem pencernaan tubuh.

Dilansir dari Tempo.co, kentut atau flatulensi merupakan bagian integral dari sistem pencernaan berupa keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat perhimpunan gas di dalam perut. Kentut merupakan tanda bahwa sistem pencernaan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam sehari, seseorang bisa kentut beberapa kali, tetapi rata-rata kentut bisa terjadi sekitar 5-15 kali. Tetapi, kentut yang berlebihan menunjukkan gangguan dalam tubuh. Begitupun sebaliknya, seseorang yang tidak bisa mengeluarkan gas atau buang angin juga perlu diwaspadai.

Tubuh yang tidak bisa membuang gas atau kentut menimbulkan rasa tidak nyaman di dalam perut. Tidak bisa kentut bisa jadi merupakan gambaran tubuh sedang mengalami gejala-gejala atas suatu penyakit. Berikut adalah gangguan-gangguan yang memungkinkan tubuh tidak dapat kentut:

1. Gejala Sembelit

Kondisi yang menyebabkan tubuh sulit untuk kentut adalah sembelit. Dilansir dari healthline.com, hal ini karena saat sembelit, gas berupa kentut akan kesulitan untuk keluar melewati usus besar. Untuk mengatasi sembelit dapat dilakukan dengan konsumsi jahe karena mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

2. Peradangan dalam selaput perut (Peritonitis)

Peradangan dalam selaput perut atau peritonitis. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan di area jaringan tipis yang melapisi dinding bagian dalam perut bernama pernineum.

Dilansir dari mayoclinic.org, peradangan ini timbul karena adanya luka atau pecahan dalam perut karena penyakit tertentu. Dalam kasus lebih parah, pembedahan menjadi tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi peritonitis. Sebab, apabila dibiarkan kondisi sulit kentut karena peradangan ini bisa mengancam jiwa seseorang.

3. Perut kembung

Dikutip dari 1md.org, perut kembung terjadi karena gas di dalam saluran pencernaan menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan. Perut kembung dapat terjadi karena seseorang terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, atau makan makanan berlemak.

4. Sumbatan di saluran pencernaan (Obstruksi usus)

Obstruksi atau sumbatan pada saluran pencernaan usus dapat disebabkan oleh tinja yang keras, benda asing yang tertelan, hingga tumor atau kanker. Obstruksi usus dapat menyebabkan seseorang susah kentut disertai beberapa gejala lainnya, seperti hilang nafsu makan, perut kembung, kram atau sakit perut, mual, muntah, serta diare atau konstipasi.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co/Naomy A. Nugraheni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)