Hati-hati, Efek Berbahaya Minum Suplemen Vitamin Berlebihan pada Kesehatan

Jumat 22 Juli 2022, 19:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mengonsumsi suplemen harus hati-hati karena memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara.

Melansir dari Tempo.co, Bayo Curry-Winchell, Direktur Medis Perawatan Urgent dan Dokter, Carbon Health dan Rumah Sakit Saint Mary, Inggris, mengatakan bahwa sebelum mengonsumsi suplemen vitamin apa pun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

"Ada mitos bahwa vitamin tidak dapat menyebabkan kerusakan. Namun, vitamin dapat membahayakan jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi atau dengan obat atau kondisi kesehatan tertentu, termasuk kehamilan. Jadi berhati-hatilah!"

Baca Juga :

Curry-Winchell menambahkan bahwa tubuh menerima beberapa vitamin seperti A, C, D, E, dan K dari makanan sehari-hari. Selain itu, tubuh secara alami membuat vitamin D dan K. "Oleh karena itu, mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan dan komplikasi yang sebelumnya tidak akan terjadi."

Seperti obat-obatan, Curry-Winchell mengatakan ada istilah terlalu banyak vitamin! Dikonsumsi dalam jumlah besar, vitamin bisa berbahaya.

Karena tubuh mendapatkan sebagian besar vitamin melalui makanan, dan secara alami membuat vitamin D, dan K dosis ekstra dapat menyebabkan komplikasi dan masalah kesehatan yang serius."

Mayo Clinic menyatakan, keracunan vitamin D, juga disebut hipervitaminosis D, adalah kondisi langka namun berpotensi serius yang terjadi ketika mengonsumsi jumlah vitamin D yang berlebihan dalam tubuh. Keracunan vitamin D biasanya disebabkan oleh suplemen vitamin D dosis besar, bukan karena makanan atau paparan sinar matahari.

Itu karena tubuh mengatur jumlah vitamin D yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, dan bahkan makanan yang diperkaya tidak mengandung vitamin D dalam jumlah besar.

photo(Ilustrasi) vitamin dan suplemenh. - (Shutterstock)</span

"Konsekuensi utama dari keracunan vitamin D adalah penumpukan kalsium di darah (hiperkalsemia), yang dapat menyebabkan mual dan muntah, kelemahan, dan sering buang air kecil. Keracunan vitamin D dapat berkembang menjadi nyeri tulang dan masalah ginjal, seperti pembentukan batu kalsium," kata dia. 

Selain vitamin D, overdosis vitamin A juga mungkin terjadi. "Terlalu banyak vitamin A dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti mual, perubahan penglihatan, sakit kepala, dan kesulitan koordinasi. Asupan vitamin A yang tinggi saat hamil telah dikaitkan dengan cacat lahir dan dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu," Curry-Winchell menambahkan.

Curry-Winchell juga mengingatkan bahwa vitamin C tersedia secara alami melalui diet sehat. "Jika mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar, itu dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti sakit kepala, muntah, dan kram perut."

SUMBER: EATTHIS.COM | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram