Mengenal Jamur Ringworm, Faktor Penyebab Hingga Cara Mengobatinya

Rabu 20 Juli 2022, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jamur Ringworm merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan muncul ruam merah dengan bentuk melingkar pada kulit. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan anggap sepele karena jika dibiarkan, jamur kulit ini bisa menjadi masalah serius.

Melansir dari Suara.com, jamur ini bisa muncul pada kulit dan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu penyebabnya bisa berasal dari hewan peliharaan seperti kucing.

Lalu apa itu jamur ringworm dan bagaimana gejalanya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga :

Apa itu Ringworm?

Dikutip dari laman rsudbulelengkab.go.id, Ringworm dalam istilah medis disebut dermatofitosis. Ini adalah infeksi jamur kulit yang bisa menyerang berbagai bagian tubuh seperti di badan, kulit kepala, kaki dan selangkangan.

Penularan jamur ini bisa terjadi karena kontak langsung saat bersentuhan dengan penderitanya, melalui benda tertentu bahkan dari tanah.

Hewan peliharaan seperti kucing juga menularkan penyakit ini melalui sentuhan. Jika terinfeksi, baik kamu maupun hewan peliharaan akan mengalami gatal pada hari keempat atau dua minggu setelah terpapar.

Jamur ini lebih suka tumbuh di area yang lembab dan bagian tubuh yang sering berkeringat, wilayah iklim tropis seperti Indonesia juga bisa memudahkan jamur untuk tumbuh.

Jenis-jenis jamur Ringworm

photoRingworm - (CDC)</span

Ada beberapa jenis jamur Ringworm, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tinea Pedis

Tinea pedis atau kutu air adalah infeksi jamur pada kaki. Infeksi kulit ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti pada kuku dan tangan.

Jamur penyebab Tinea Pedis menempel di kaki, apabila kamu tertular jika kontak fisik dengan penderitanya.

Umumnya jamur ini ditemukan di kamar mandi, ruang ganti pakaian, atau area yang ada di kolam renang. Beberapa gejala yang muncul seperti rasa gatal dengan sensasi terbakar dan menyengat.

2. Tinea cruris

Jamur kulit ini umumnya terdapat pada area kelamin, paha bagian dalam, dan pantat. Gejala yang terjadi umumnya kulit kemerahan, rasa gatal, sensasi terbakar, dan kulit mengelupas.

kamu beresiko tertular jika ada kontak langsung dengan penderita infeksi jamur kulit ini, selain juga juga bisa tertular melalui kontak pakaian yang tidak dicuci dari penderita infeksi jamur ini.

3. Tinea capitis

Infeksi jamur ini umumnya terjadi pada kulit kepala dan rambut. Meski bisa menyerang semua usia, jamur ini umumnya terjadi pada anak-anak.

Gejala yang ditimbulkan yaitu rambut rapuh, sakit pada kulit kepala, demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Tinea capitis juga bisa ditularkan oleh hewan seperti anjing dan kucing, begitu juga hewan ternak lainnya seperti kambing, kuda, babi dan sapi.

4. Tinea corporis

Tinea capitis bisa juga menyebabkan ruam kemerahan berbentuk melingkar seperti cincin dan umumnya terjadi dibeberapa bagian tubuh.

Gejala yang ditimbulkan adalah ruam kemerahan, rasa gatal bahkan bisa parah hingga menimbulkan lepuh dan luka bernanah di area cincin ruam tersebut.

Anda bisa tertular penderita jika ada kontak fisik dengan penderita, bisa ditularkan melalui hewan dan dari benda yang disentuh oleh si penderita.

Cara mengobati Jamur Ringworm

Sebagai upaya pengobatan jamur Ringworm, dokter biasanya akan memberikan sejumlah obat dan merekomendasikan sejumlah perubahan gaya hidup pada penderitanya.

Obat yang diberikan tergantung pada tingkat keparahannya, seperti gatal di selangkangan, kutu air dan ringworm semua dapat diobati dengan tipikal seperti krim anti jamur, salep, gel dan semprotan.

Selain dengan obat, ada sejumlah perubahan gaya hidup yang sebaiknya dilakukan agar terhindar dari jamur Ringworm. Di antaranya adalah:

  • Mencuci sprei dan pakaian setiap hari selama terkena infeksi jamur
  • Mengeringkan tubuh secara menyeluruh sehabis mandi
  • Mengenakan pakaian longgar
  • Mengobati semua area tubuh yang terinfeksi jamur

SUMBER: SUARA.COM/Damayanti Kahyangan

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin