TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Bahaya Gunakan Minyak Goreng Berulang Kali untuk Kesehatan

Selasa 17 Mei 2022, 15:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok umum pasti digunakan setiap harinya oleh ibu rumah tangga.

Namun, sebagian orang sering menggunakan minyak goreng berulang kali guna mengurangi pengeluaran. Padahal faktanya, menggunakan minyak goreng secara berulang dapat membahayakan kesehatan.

Melansir dari tempo.co, inilah beberapa bahaya minyak goreng jika digunakan berulang kali.

1. Dapat Menyebabkan  Gangguan Jantung

photoIlustrasi Gangguan pada Jantung - (Freepik)</span

Ketika minyak yang sudah digunakan dipanaskan lagi, dapat mengeluarkan konsentrasi yang lebih tinggi dari berbagai bahan kimia beracun seperti Aldehida yang terkait dengan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan jantung, masalah kognitif seperti demensia, Alzheimer, dan penyakit Parkinson. 

Demikian juga zat beracun lain yang dilepaskan saat minyak dipanaskan kembali adalah 4-hydroxy-trans-2-nominal (HNE) yang bersifat racun dan cukup toksik bagi tubuh serta dapat menghambat fungsi DNA, RNA, dan protein tubuh.

2. Kadar Kolesterol Jahat Meningkat

photoIlustrasi Kadar Kolesterol - (Shutterstock)</span

Saat memasak minyak pada suhu tinggi, beberapa lemak diubah menjadi lemak trans. Dan ketika minyak hitam asap ini dihangatkan kembali, ia bahkan melepaskan lemak trans dalam jumlah lebih tinggi yang sangat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Mengikuti proses yang sama untuk jangka waktu yang lebih lama menyeret Anda mendekati komplikasi kesehatan seperti stroke, obesitas, nyeri dada, sakit perut, gangguan pencernaan dan bahkan penyakit jantung karena konsumsi lemak trans yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x