Prediksi Cuaca Jawa Barat Sepekan ke Depan: Tiap Hari Berpotensi Hujan Lebat

Senin 25 Desember 2023, 13:45 WIB
Ilustrasi - Prediksi Cuaca Jawa Barat Sepekan ke Depan: Tiap Hari Berpotensi Hujan Lebat (Sumber : Freepik)

Ilustrasi - Prediksi Cuaca Jawa Barat Sepekan ke Depan: Tiap Hari Berpotensi Hujan Lebat (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca hujan diprediksi akan kembali mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Barat sepekan ke depan yakni pada 25 sampai 31 Desember 2023.

Hal tersebut diungkapkan Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat. Bahkan, sebagian daerah berpotensi hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang.

Melansir dari Tempo.co, cakupan wilayahnya yaitu;

Senin, 25 Desember 2023, yaitu Bogor, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, dan Garut. Sementara di kawasan pantai utara atau pantura di Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan Kuningan.

Baca Juga: Bir Pletok, Minuman Khas Betawi yang Cocok Untuk Musim Hujan, Yuk Simak Cara Buatnya!

Selasa, 26 Desember meliputi Bogor, Depok, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, Sumedang, dan Garut. Kemudian Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan Kuningan.

Rabu, 27 Desember di Bogor, Depok, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Kabupaten Bandung Barat, dan Tasikmalaya. Kamis, 28 Desember 2023, Bogor, Depok, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung Raya, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Banjar, Ciamis, dan Tasikmalaya.

Potensi hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang pada Jumat, 29 Desember 2023 di Bogor, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Ciamis, Banjar, Kuningan.

Baca Juga: Langsung Hits, 3 Wisata Baru di Sukabumi yang Hadir di Tahun 2023

Sementara Sabtu, 30 Desember meliputi Bogor, Depok, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Bandung, Cimahi, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Kuningan, Indramayu, dan Cirebon.

Minggu, 31 Desember 2023 di Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Ciamis, Tasikmalaya, Kota Banjar, Pangandaran, Subang, dan Indramayu.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia, dalam sepekan ke depan diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan juga terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat.

Gelombang atmosfer Rossby aktif di wilayah Jawa, suhu permukaan laut di sekitar perairan utara Jawa Barat relatif hangat. “Mengindikasikan potensi penambahan uap air ke wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Minggu, 24 Desember 2023.

Baca Juga: Dihuni Janda Tua & Cucu, Rumah Panggung di Jampangkulon Sukabumi Ludes Terbakar

Kelembapan udara berkisar antara 60 - 95 persen, serta diprakirakan terbentuk daerah belokan dan perlambatan angin di sebagian wilayah Jawa Barat. Labilitas atmosfer secara umum berada pada kategori labil sedang hingga kuat di sebagian wilayah Jawa Barat.

BMKG mengimbau warga agar waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologis atau dampak cuaca esktrem, seperti hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya.

Selain itu hujan yang disertai petir dan angin kencang pada sore hari, terutama setelah terjadi pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Umumnya ditandai oleh jenis awan yang berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol atau awan jenis Cumulonimbus. Potensi bahaya lain yaitu tanah longsor setelah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)