Mengenal Sesar Bumi, Sering Disebut Jadi Penyebab Gempa Bumi

Selasa 22 November 2022, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas sesar bumi aktif kerap menjadi salah satu penyebab gempa bumi di Indonesia yang menjadikannya salah satu negara yang sering mengalami guncangan gempa.

Lalu apa sebenarnya sesar bumi itu dan kenapa kerap menjadi penyebab gempa? Berikut ulasannya.

Menurut Billing, 1959 yang dikutip dari laman geologinesia, sesar atau patahan secara geologi merupakan bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif (displacement) satu blok terhadap blok batuan lainnya. 

Jarak pergeseran tersebut bermacam-macam, ada yang hanya beberapa milimeter hingga puluhan kilometer.

Sedangkan bidang sesarnya mulai dari yang berukuran beberapa centimeter hingga puluhan kilometer.

Apa Hubungan Sesar Bumi dengan Gempa?

Seperti kita jika Indonesia secara geografis diapit oleh dua benua dan dua samudera. Posisi geografis tersebut menjadikan Indonesia dilewati oleh tiga jalur lempeng tektonik besar yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.

Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah Utara menyusup ke dalam Lempeng Eurasia, sementara Lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Pergerakan lempeng benua dan lempeng samudera ini terkadang saling mengunci satu sama lain yang menyebabkan pengumpulan energi.

Pengumpulan energi tersebut berlangsung terus sampai pada suatu waktu batuan pada lempeng tektonik tersebut tidak lagi kuat menahan gerakan tersebut dan terjadilah pelepasan mendadak yang disebut sebagai gempa bumi.

Gempa bumi ini biasanya terjadi di jalur sesar atau patahan baik yang berada di dasar laut maupun di daratan.

(Ilustrasi) Sesar atau patahan secara geologi merupakan bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif satu blok terhadap blok batuan lainnya | Foto: nittygrittyscience.com
(Ilustrasi) Sesar atau patahan secara geologi merupakan bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif satu blok terhadap blok batuan lainnya | Foto: nittygrittyscience.com

Jenis-jenis Sesar

Mengutip dari laman ilmugeografi.com, ada beberapa jenis sesar berdasarkan orientasi pola tegasan utama yang menyebabkannya.

1. Sesar Naik

Pada jenis sesar ini biasanya tidak berdiri sendiri dan di dalam satu kawasan bisa terjadi beberapa daerah sesar. Pada masing-masing sesar ini juga biasanya akan memiliki pola yang sama seperti kemiringan sesar dan struktur sesar yang sama. Sesar naik ini bisa dibedakan berdasarkan posisi bidang sesar terhadap sumbu tektonik transport.

Sesar yang terbentuk di belakang sumbu lipatan atau tektonik transport disebut dengan forelimb thrust sedangkan untuk sesar yang terbentuk di depan sumbu lipatan disebut dengan back limb thrust. Terbentuknya sesar naik ini tidak bisa terjadi secara bersamaan namun secara berurutan.

Contoh dari jenis sesar naik ini seperti di daerah majalengka dan beberapa daerah lainnya di Kalimantan timur. Pembentukan sesar ini dimulai dari sisi yang paling dekat dengan gunung dan diikuti oleh daerah lainnya yang jauh dari gunung api.

2. Sesar Mendatar

Bidang sesar pada sesar mendatar ini seperti bidang vertikal biasa oleh karena itu istilah hanging fault dan foot wall tidak lazim digunakan oleh sesar atau patahan jenis ini.

sesar mendatar ini memiliki bentuk yang mendatar dan agak berbeda dengan jenis sesar naik yang memiliki bagian depan dan belakang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan deteksi pada jenis sesar mendatar ini.

3. Sesar Normal

Sesar normal merupakan bidang yang posisinya saling sejajar satu sama lain, kemudian jika hanya ada salah satu dari dua bidang tersebut yang mengalami pergerakan tunggal maka bisa dinamakan dengan half graben atau half horst tergantung pada situasi yang terjadi.

Contoh dari jenis sesar normal ini adalah patahan semangko yang berada di pulau Sumatera. Akibat adanya sesar ini membuat terbentuknya beberapa danau di dalamnya karena cekungan dari sesar atau patahan ini.

Sesar ini juga bisa membantu menentukan adanya cadangan minyak dan gas di daerah tersebut atau tidak melalui celah dari sesar atau patahan yang terjadi.

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI