Penelitian Terbaru Ungkap Kekuatan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus

Minggu 16 Oktober 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian terbaru telah mengungkapkan besaran gelombang mencapai ketinggian satu mil yang menyapu bumi, menenggelamkan, dan memusnahkan makhluk hidup di masa lalu termasuk dinosaurus.

Gelombang dahsyat tersebut menjelajahi dasar laut sejauh ribuan mil yang membentang dari lokasi tumbukan hingga ke Selandia Baru, sejauh 7.500 mil.

"Tsunami ini cukup kuat untuk mengganggu dan mengikis sedimen di cekungan laut di belahan dunia, meninggalkan celah dalam catatan sedimen atau tumpukan sedimen yang lebih tua," jelas Penulis utama Molly Range, dari University of Michigan seperti melansir dari Suara.com.

Ilustrasi Dinosaurus di masa lalu yang dimusnahkan Asteroid
Ilustrasi Dinosaurus di masa lalu yang dimusnahkan Asteroid

Temuan ini didasarkan pada simulasi komputer dan tinjauan catatan geologi di lebih dari 100 situs di seluruh dunia.

Tiga perempat spesies menghilang setelah batu ruang angkasa seukuran kota menabrak semenanjung Yucatan di Teluk Meksiko 66 juta tahun yang lalu.

Mereka termasuk semua dinosaurus non-unggas, pterosaurus, amon, dan sebagian besar reptil laut.

#SHOWRELATEBERITA

Energi awal mencapai 30.000 kali lebih besar dari tsunami Boxing Day yang menewaskan lebih dari 230.000 orang.

Asteroid ini membuat kawah dengan lebar lebih dari 60 mil, yang dikenal sebagai Chicxulub. Dalam hitungan menit, segala sesuatu dalam jarak ratusan mil dibakar.

Sepuluh menit setelah proyektil menghantam, dan 137 mil dari titik tumbukan, gelombang tsunami berbentuk cincin setinggi satu mil mulai menyapu lautan ke segala arah.

Suhu turun, hujan asam turun dan matahari terhalang selama berbulan-bulan dan mematikan 90 persen tanaman.

Tim AS fokus pada sedimen laut yang diendapkan tepat sebelum atau setelah tumbukan 66 juta tahun lalu dan 'batas K-Pg' berikutnya, yang menutup Kapur.

Ilustrasi Tsunami | National Geographic
Ilustrasi Tsunami | National Geographic

Menurut Molly Range, distribusi erosi dan hiatus yang diamati di sedimen laut Kapur paling atas konsisten dengan hasil model, yang memberinya lebih percaya diri dalam prediksi model.

Modelnya menunjukkan tsunami menyebar terutama ke timur dan timur laut ke Samudra Atlantik Utara, dan ke barat daya.

Ia melakukan perjalanan melalui Central American Seaway, yang dulu memisahkan Amerika Utara dan Selatan, ke Pasifik Selatan.

Di cekungan tersebut dan di beberapa daerah yang berdekatan, kecepatan arus bawah laut kemungkinan mencapai hampir setengah mil per jam, cukup untuk mengikis sedimen berbutir halus di dasar laut.

Atlantik Selatan, Pasifik Utara, Samudra Hindia, dan wilayah yang sekarang disebut Mediterania sebagian besar terlindung dari efek terkuat.

Sebagian besar sampel yang dianalisis berasal dari inti yang dikumpulkan selama ekspedisi pengeboran laut ilmiah.

Rekan penulis Profesor Brian Arbic, yang mengawasi proyek tersebut, mengatakan pihaknya menemukan bukti yang menguatkan dalam catatan geologis untuk area yang diprediksi akan berdampak maksimal di laut terbuka.

"Bukti geologis pasti memperkuat makalah ini,” ucapnya melansir laman Metro.uk.

Hal paling penting adalah singkapan dari batas K-Pg di pantai timur pulau utara dan selatan Selandia Baru, lebih dari 7.500 mil dari 'ground zero.'

Sedimen yang disebut endapan olistostromal, pada awalnya dianggap sebagai hasil aktivitas tektonik lokal.

Namun, usia dan lokasi mereka secara langsung di jalur model tsunami menunjukkan asal yang berbeda.

"Kami merasa endapan ini merekam efek dari dampak tsunami, dan ini mungkin konfirmasi paling jelas tentang signifikansi global dari peristiwa ini," ujar Molly Range.

Programnya melacak kekacauan 10 menit pertama peristiwa itu – mulai dari tumbukan, hingga pembentukan kawah dan inisiasi tsunami.

Berdasarkan temuan penelitian sebelumnya, asteroid para peneliti berdiameter 8,7 mil dan bergerak dengan kecepatan 27.000 mph.

Itu menghantam kerak granit yang dilapisi oleh sedimen tebal dan perairan laut dangkal, meledakkan kawah selebar 62 mil dan mengeluarkan awan jelaga dan debu padat ke atmosfer.

Setelah dua setengah menit, tirai material yang dikeluarkan mendorong dinding air keluar dari lokasi tumbukan, secara singkat membentuk gelombang setinggi 2,8 mil yang mereda saat ejecta jatuh kembali ke Bumi.

Sepuluh menit setelah proyektil menghantam, dan 137 mil dari titik tumbukan, gelombang tsunami berbentuk cincin setinggi satu mil mulai menyapu lautan ke segala arah.

Data tersebut dimasukkan ke dalam dua model prakiraan tsunami untuk mengikuti gelombang raksasa melintasi lautan.

Rekan penulis Prof Ted Moore, juga dari Michigan, mengatakan bahwa hasil besar di sini adalah bahwa dua model global dengan formulasi berbeda memberikan hasil yang hampir sama.

"Data geologis pada bagian yang lengkap dan tidak lengkap konsisten dengan hasil tersebut. Model dan data verifikasi sangat cocok," tuturnya.

Rekonstruksi dramatis menunjukkan satu jam setelah tumbukan, tsunami telah menyebar ke luar Teluk Meksiko dan ke Atlantik Utara.

Tiga jam kemudian, mereka telah melewati Central American Seaway dan menuju Pasifik.

Hari berikutnya, atau 24 jam setelah ledakan awal, mereka telah melintasi sebagian besar Pasifik dan Atlantik dari timur dan barat, masing-masing, dan memasuki Samudra Hindia dari kedua sisi.

Dalam 48 jam, gelombang tsunami yang signifikan telah mencapai sebagian besar garis pantai dunia.

Para peneliti tidak berusaha untuk memperkirakan tingkat banjir yang cukup besar

Model menunjukkan ketinggian gelombang laut terbuka di Teluk Meksiko akan melebihi 328 kaki.

Mereka mencapai hingga 33 kaki (32,8 kaki) saat tsunami mendekati bagian Atlantik Utara dan pantai Pasifik Amerika Selatan.

Saat mendekati garis pantai tersebut dan bertemu dengan perairan dasar yang dangkal, ketinggian gelombang akan meningkat secara dramatis melalui proses yang disebut shoaling.

Kecepatan akan melebihi ambang batas saat ini 0.4mph untuk sebagian besar wilayah pesisir di seluruh dunia.

Menurut Molly Range, tergantung pada geometri pantai dan gelombang yang bergerak maju, sebagian besar wilayah pesisir akan tergenang dan terkikis sampai batas tertentu.

“Tsunami yang didokumentasikan secara historis tidak ada artinya dibandingkan dengan dampak global seperti itu,” ujarnya. Studi ini dipublikasikan dalam AGU Advances.

"Sebuah studi lanjutan direncanakan untuk memodelkan tingkat genangan pantai di seluruh dunia," tambah Prof Arbic.

#SHOWRELATEBERITA

SOURCE: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang