Megawati Beri Tiga Arahan ke Kader PDIP Soal Pilkada 2020, Sukabumi?

Sabtu 11 Januari 2020, 13:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan arahan tertutup dalam Rapat Kerja Nasional I PDIP pada Jumat malam, 10 Januari 2020. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Arif Wibowo pengarahan itu terkait dengan pemenangan Pilkada 2020.

Dikutip dari tempo.co, kongres PDIP sebelumnya sudah menetapkan target kemenangan di Pilkada 2020 sebesar 60 persen. "Maka dikasih arahan secara jelas dan tegas bagaimana mengkosolidasi memenangkan pilkada di daerah-daerah yang sudah dipetakan dengan baik oleh partai," kata Arif di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Januari 2020.

Berikutnya, kata Arif, Megawati juga mengatakan bahwa penentuan pasangan calon dan koalisi harus dipikirkan matang. Dia menyebut penentuan itu tak boleh sekadar memenangkan orang, tetapi harus memenangkan partai dan rakyat.

"Memenangkan partai itu jelas, bahwa partai harus diuntungkan dengan kemenangan dalam pilkada," kata Arif.

Adapun kemenangan rakyat, ujar Arif, adalah agar politik anggaran di daerah berpihak kepada masyarakat. Politik anggaran ini harus disesuaikan dengan kepentingan mendesak di setiap daerah untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan. 

"Yang ketiga adalah kemenangan dalam pilkada ditargetkan dan wajib dicapai oleh partai akan menjadi dasar bagi kemenangan kita di 2024," kata Arif.

Megawati memberikan arahan tertutup dalam Rakernas I kemarin malam. Dalam forum tertutup itu hadir pula Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani.

Kabupaten Sukabumi termasuk salah satu dari banyak daerah di Indonesia yang akan menggelar pilkada di tahun 2020 ini. Dewan Pimpinan Cabang (DCP) Kabupaten Sukabumi sendiri sudah menyetorkan sejumlah nama ke level Jawa Barat dan pusat dari proses penjaringan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Koalisi Gemuk Jelang Pilkada Sukabumi 2020, Giliran PDIP Labuhkan Dukungan ke MH

Terkini secara politik PDIP (DPC) nyatakan siap berkoalisi dengan Partai Golkar di Pilkada Kabupaten Sukabumi. Sikap ini sekaligus menegaskan jika PDIP siap mendukung figur petahana Marwan Hamami (MH) yang saat ini menjabar sebagai Bupati Sukabumi dan diusung Partai Golkar di Pilkada 2020. 

PDIP menyatakan siap berkoalisi dengan partai-partai pendukung MH, termasuk mengusulkan figur untuk disandingkan dengan Marwan Hamami sebagai calon wakil bupati. “"PDIP mempunyai figur yang memiliki potensi dan bisa mendampingi Pak Marwan, finalisasinya nanti di DPP. PDIP tidak akan pernah kehabisan kader untuk maju," jelas Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDIP, Toni Kamajaya kepada sukabumiupdate.com dalam wawancara pasca pertemuan pengurus PDIP dengan Marwan Hamami di Surade Sukabumi pada tanggal 23 Desember 2019 silam.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life30 April 2024, 19:23 WIB

6 Bukti Jelas Pasangan Kamu Hanya Pura-pura Cinta Selama Ini, Ketahui Tandanya

Terkadang tidak disadari bahwa selama ini pasangan anda hanya pura-pura cinta dan berniat hanya mengambil manfaat materi dari hubungan.
Ilustrasi. Pasangan yang pura-pura cinta. | Sumber Foto : Pexel/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 19:19 WIB

Berikan Konsekuensi, Berikut 5 Strategi Disiplin Agar Anak Tidak Mencuri

Biasanya, mencuri dapat diatasi melalui bimbingan, intervensi, dan konsekuensi orang tua. Namun, jika seorang anak terus melakukan perilaku tersebut, mereka mungkin memerlukan bantuan profesional.
Ilustrasi agar anak tidak mencuri | Foto : pexels.com/@kamaji ogino
Keuangan30 April 2024, 19:16 WIB

Belajar dari Orang Jepang, Ini 6 Cara Mengelola Uang Bulanan dengan Benar, Yuk Terapkan!

Orang Jepang memiliki konsep dalam menabung keuangan. Ini solusi bagi orang yang ingin cepat kaya dengan menerapkan langkah finansial ini.
Ilustrasi. Belajar menabung uang dari orang Jepang. | Sumber Foto: Pexels/Ahsanjaya
Sukabumi30 April 2024, 19:10 WIB

Cerita Asep Gali Tanah Temukan Senjata Api Laras Panjang Di Cisaat Sukabumi

Asep menceritakan penemuan senjata api laras panjang ketika ia bekerja untuk membetulkan saluran air pada kolam ikan yang bocor, setelah satu meter penggalian
Asep Burdah (49 tahun), temukan senjata laras panjang saat gali tanah tepi kolam | Asep Awaludin
Gadget30 April 2024, 19:00 WIB

Performa Tangguh: Rekomendasi 3 HP dengan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan.
POCO X6 5G - Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber : mi.co.id).
Life30 April 2024, 18:21 WIB

Patut Diterapkan Bund, Ini Tips Ajari Anak Berperilaku Baik Saat Kunjungi Rumah Orang Lain

Ajari anak Anda bagaimana berperilaku ketika mengunjungi rumah orang lain
Ilustrasi berperilaku baik ketika mengunjungi rumah orang lain | Foto : Pexels.com/@Sergey Makashin
Life30 April 2024, 18:04 WIB

6 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua, Anda Termasuk?

Kesalahan mendidik anak bisa menyebabakn kefatalan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Orang tua harus mengetahui betul hal ini.
Ilustrasi. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak | Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Segera! 5 Doa Minta Jodoh Agar Dipertemukan dengan Pasangan Terbaik

Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT.
Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangan Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas