Lima Berita Jelang Pilkada 2020 Sukabumi, Paling Banyak Dibaca Sepanjang 2019

Senin 30 Desember 2019, 05:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu daerah yang akan melangsungkan Pilkada Serentak di tahun 2020 mendatang. Serangkaian dinamika politik mewarnai ingar bingar jelang perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut.

Dari rangkaian demi rangkaian dinamika politik tersebut, sukabumiupdate.com merangkum lima berita terpopuler atau lima berita Pilkada Sukabumi yang paling banyak dibaca sepanjang tahun 2019. Berikut rangkuman lima berita politik tersebut, dengan jumlah pembaca terhitung sejak terbit hingga Senin, 30 Desember 2019 pukul 12.00 WIB.

1. Jejak Politik Pilkada 2020, PAN, PKB, PPP Gerindra Kembali Bertemu, Kali Ini Ada PKS

Di urutan teratas, yang paling banyak menyedot pembaca adalah berita pertemuan lima pimpinan partai politik, antara lain PAN, PKB, PPP, Gerindra dan PKS. Pertemuan itu adalah kali kedua, digelar pada Juni 2019 di di rumah peristirahatan Ketua DPC Partai Gerindra, Yudha Sukmagara.

Hadir dalam pertemuan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi Yusuf Maulana, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi Mansuruddin, Ketua PKB Kabupaten Sukabumi Asep Supriatna, dan Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi Yusuf Ridwan. Berita ini dibaca oleh 9.491 pembaca.

2. Empat Petinggi Parpol Sukabumi Bertemu, Bahas Pilbup 2020?

Urutan kedua adalah kabar tentang pertemuan perdana antar pimpinan partai politik di Kabupaten Sukabumi. Pertemuan digelar pada bulan Juni 2019 selepas lebaran. Dalam pertemuan, PKB, PPP, PAN dan Partai Gerindra terlihat mesra. Bahkan kemesraan itu diperlihatkan lewat sebuah foto di media sosial hingga tersebar di beberapa grup Facebook.

Dalam foto tersebut diperlihatkan Ketua PKB Asep Supriatna, Ketua Gerindra Yudha Sukmagara, Ketua PPP Yusuf Ridwan, Bendahara PAN Jawa Barat Iman Adinugraha dan tokoh lainnya. Sambil tersenyum-senyum, para petinggi partai politik itu nampak saling berjabat tangan. Berita ini dibaca oleh 6.846 pembaca.

3. Namanya Mulai Dikaitkan di Pilbup 2020, Begini Reaksi Adjo

Urutan ketiga, ada berita tentang Adjo Sardjono. Pria yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sukabumi itu sebelumnya ramai dibicarakan sebagai salah satu kandidat petahana yang akan maju di Pilkada Sukabumi 2020. Dan benar saja, untuk memuluskan langkahnya untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi, Adjo pada bulan Oktober 2019 lalu.

Sebelum penjaringan, Adjo yang diwawancarai sukabumiupdate.com pada Mei 2019 masih belum terang-terangan memutuskan untuk maju. Pria yang pernah menjabat sebagai Sekda Kabupaten Sukabumi itu juga angkat bicara soal namanya yang banyak beredar di jagat media sosial. Berita ini dibaca oleh 5.290 pembaca.

4. Soal Pencalonan di Pilbup 2020, Adjo: Saya Ingin Fokus Kerja

Urutan keempat rupanya masih diisi oleh berita tentang figur Adjo Sardjono yang digadang-gadang maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi. Wawancara sukabumiupdate.com terkait berita ini dengan Adjo Sardjono dilakukan pada Juni 2019 lalu, usai acara halal bihalal di Gedung Pendopo Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Adjo memberikan jawaban tegas. Ia mengaku ingin fokus menuntaskan tugasnya sebagai Wakil Bupati Sukabumi hingga akhir masa jabatan. "Hal itu masih jauh lah, saya hanya ingin fokus untuk melaksanakan tugas sebagai Wakil Bupati Sukabumi," kata Adjo. Berita ini dibaca oleh 4.850 pembaca.

5. Namanya Disebut Dalam Bursa Pilkada 2020, Iyos: No Komen!

Urutan kelima ada figur Iyos Somantri. Ia tak lain adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi yang sampai saat ini masih menjabat. Nama Iyos tak kalah populer dengan nama-nama petahana seperti Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono.

Nama Iyos Somantri ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan ada pula warganet yang memasangkan foto Iyos bersama sejumlah kandidat lainnya, lalu diposting di situs jejaring sosial Facebook. Salah satunya dengan Marwan Hamami, yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sukabumi.

Namun saat dikonfirmasi, Iyos enggan memberikan jawaban mengenai hal tersebut. Beberapa kali dicecar pertanyaan oleh awak media, Iyos keukeuh enggan memberi jawaban. "Kalau soal itu (Pilkada), no comment," singkat Iyos saat diwawancarai Selasa, 18 Juni 2019 usai menghadiri acara di Cikukulu, Kabupaten Sukabumi. Berita ini dibaca oleh 4.664 pembaca.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 07:00 WIB

8 Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Jika Anda melihat anak menunjukkan ciri-ciri stres karena sering dimarahi atau merasa lelah, penting untuk memberikan dukungan emosional dan membantu mereka mengatasi stres.
Ilustrasi - Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : unsplash.com/Chinh Le Duc)
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).