Kunjungi Ponpes di Sukabumi, Prabowo Beberkan Kedekatan dengan Ulama

Minggu 07 Oktober 2018, 12:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto membeberkan soal kedekatannya selama ini dengan sejumlah ulama. Apalagi, seperti diketahui, Prabowo adalah calon presiden hasil Ijtima Ulama.

"Saya sempat ditanya beberapa saat yang lalu, kenapa Pak Prabowo dekat sama ulama. Dan selalu ditanya, ketika dekat dengan ulama ini dituduh bahwa kita ini sebagian besar radikal. Ekstrim kanan," kata Prabowo saat mengisi sambutan di acara Tabligh Akbar dan Haul KH Abdullah Syafii di Pondok Pesantren As-Syafiiyah, Pulo Air, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (7/10/2018).

Prabowo meyakinkan, semua ulama yang dikenalnya tidak radikal. Justru selalu menganjurkan kebaikan, mengajarkan untuk berserah diri, dan tentang kedamaian.

"Yang mereka ajarkan adalah menghindari hal-hal buruk," kata Prabowo dalam pidatonya.

BACA JUGA: Kritik Sistem Ekonomi Indonesia, Prabowo: Tidak Sesuai UUD 1945

Prabowo mengenal dekat para ulama sejak beberapa puluh tahun yang lalu, sejak ia masih remaja. Alasannya sederhana, Prabowo sejak remaja sudah menjadi prajurit. Ia menyebut, seorang prajurit sudah pasti dekat dengan ulama lantaran seringkali berhadapan dengan maut.

"Akan dikirim ke medan laga, akan dikirim menghadapi maut. Ketika seseorang sudah berhadapan dengan maut, pasti yang dicari adalah ulama. Karena dia (prajurit,red) tidak tahu, dia akan kembali atau tidak. Bahkan di tentara kita punya moto, lebih baik pulang tinggal nama daripada gagal dalam menjalankan tugas," lanjut Prabowo.

Berangkat dari sejarah tersebut, Prabowo tetap berpegang pada ajaran bahwa TNI adalah tentara rakyat, milik rakyat, dibesarkan oleh rakyat, dibiayai oleh rakyat, harus membela rakyat. Dan ulama merupakan bagian dari rakyat tersebut.

"Dari itulah suasana saya dibesarkan. Kita selalu meminta saran dan pendapat dari ulama. Kalau di daerah nasrani, ya kita datang pemuka agama nasrani. Kalau di daerah hindu, tentu yang kita datangi adalah pemuka agama hindu. Karena kita TNI, ajaran kita dulu adalah TNI adalah tentara rakyat," sambung Prabowo.

BACA JUGA: Di Sukabumi, Prabowo Beberkan Alasan Bertahan di Politik

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menyinggung soal kesejahteraan rakyat. Menurutnya, kemerdekaan suatu bangsa hanya berarti kalau rakyatnya hidup sejahtera. Salah satunya, dengan memenuhi kebutuhan pangan.

"Kalau rakyat itu hidup dengan penuh dengan kemiskinan, kalau anak-anaknya tidak dapat makan yang cukup, tidak dapat susu yang cukup, tidak dapat protein yang cukup, bagaimana dia mau bersaing dengan bangsa-bangsa lain? Dia tidak bisa berkembang otak-otaknya karena protein kurang," tegasnya.

"Karena itu, rakyat kita harus cukup pangan. Karena itu ekonomi harus untuk rakyat, bukan rakyat untuk ekonomi. Karena itu, sumber kekayaan alam harus bisa dikelola dengan sebaik-baiknya. Bukan menjual murah ke bangsa asing. Ini yang saya perjuangkan. Buka karena haus kekuasaan, tapi karena haus keadilan," ungkap Prabowo dengan gaya pidatonya yang khas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja