Bacaleg Hingga Calon Komisioner KPU Berbondong-bondong MCU di RSUD R Syamsudin SH Sukabumi

Jumat 13 Juli 2018, 12:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi dibanjiri para bakal calon melakukan pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU). Hingga kini sudah ada 850 orang yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Jumlah tersebut terdiri dari warga Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Belum lagi, ditambah calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang ikut melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ketua Tim Penanganan Keluhan dan Informasi RSUD R Syamsudin SH, dr Wahyu Handriana menyebut, 850 orang yang melakukan MCU tersebut dicatat sejak Juni lalu dan dilakukan di Gedung Central Diagnostik.

"Kita tidak tahu persentasenya antara calon legislatif dengan calon komisioner KPU, Bawaslu dan semacamnya. Tapi yang jelas semua sudah ada 850 yang melakukan MCU," kata Wahyu saat ditemui sukabumiupdate.com, Jumat (13/7/2018) di ruang kerjanya.

Wahyu menambahkan, tahapan MCU sendiri mencakup pemeriksaan awal, tanda-tanda vital, fisik, penyakit dalam, uji laboratorium, pemeriksaan narkotika, hingga pemeriksaan kejiwaan. Seluruh tahapan MCU dilakukan oleh dua orang personel dokter spesialis.

"MCU memakan waktu dua hari. Jadi, hari ini diperiksa, hasilnya baru keluar dua hari kemudian. Karena semua pemeriksaan akan dinilai dulu dan dikompilasi," ujar Wahyu.

BACA JUGA: Evaluasi Agen Sosialisasi Pilkada 2018, Ini Pesan Ketua KPU Kabupaten Sukabumi

Jika dihitung, kata Wahyu, rata-rata per hari jumlah para bakal calon MCU mencapai 50 hingga 80 orang. MCU sendiri dibuka mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan dibatasi maksimal 100 orang per hari.

Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pendaftar MCU, serta tetap menjaga kualitas pemeriksaan.

"Kita kan melayani untuk Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Mungkin karena kita menjadi rumah sakit rujukan KPU setempat," imbuhnya.

BACA JUGA: Dibuka Sejak 4 Juli, KPU Kota Sukabumi Belum Terima Pendaftaran Bacaleg

Wahyu juga mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi penumpukan pendaftar MCU jelang batas akhir, yakni 17 Juli mendatang. Kendati demikian, pelayanan MCU akan tetap buka, bahkan hingga hari Sabtu tetap buka pelayanan.

"Karena untuk kegiatan ini, MCU, ada tim khusus yang dibentuk pihak rumah sakit. Kalau nanti di akhir akan ada penumpukan, kita sudah siapkan antisipasi juga. Intinya sudah ditangani tim khusus," tandas Wahyu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)