Ayep Zaki Perluas Kemitraan ke Budidaya Jagung Hibrida di Sukabumi

Kamis 10 Maret 2022, 10:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah kedelai yang menjadi primadona kemitraan dengan petani, kini Ayep Zaki memperluas kemitraannya dengan petani jagung di wilayah Sukabumi

Langkah ini diambil Dewan Pakar NasDem Kabupaten Sukabumi itu sebagai bentuk konkrit program peningkatan produktivitas hasil pertanian.

Salah satu langkah pengembangan kegiatan pertanian ini berupa sosialisasi program kemitraan jagung hibrida. Giat sosialisasi tersebut telah dilakukan dengan kelompok tani di Blok Cisitu, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 9 Maret 2022.

Selain sosialisasi kemitraan yang dilakukan Sekjen Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Hikmat Taufik, sebagai perpanjangan tangan Ayep Zaki itu juga melakukan survei lahan dengan luas hamparan awal terdata mencapai kurang lebih 20 Ha. 

"Ini adalah langkah nyata. Selain kedelai yang sudah mulai dilakukan tahapan-tahapan produksinya, kini tengah dilakukan sosialisasi program kemitraan untuk jagung hibrida dan langsung dilakukan survei lahan," ungkap Ayep Zaki dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

Ditegaskan Ayep Zaki, ini merupakan bukti komitmennya terhadap bidang pertanian yang terus digulirkan di Kabupaten Sukabumi. Tujuan utamanya adalah peningkatan produktivitas hasil pertanian.

Bahkan bukan hanya lahan yang disurvei, melainkan juga lokasi pembangunan resi gudang di lahan seluas.1.100 m2 yang berlokasi di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi

"Jika produktivitas pertanian meningkat, maka dengan sendirinya akan memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan yang nyata bagi petani. Begitupun dengan adanya resi gudang, itu merupakan penanganan hasil pasca panen, baik untuk kedelai maupun jagung," tukas Ayep Zaki. 

Butuh dukungan perbankan 

Ayep Zaki yang juga pengurus aktif Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini menyatakan, seluruh pembiayaan 20 ha tersebut masih dibiayai atau masih menggunakan dana internal tim.

"Langkah awal ini seluruh pembiayaannya masih dari dana mandiri. Padahal kami sangat berharap, pihak perbankkan bisa melihat sendiri bahwa program kemitraan dengan petani sangat menjanjikan. Baik itu untuk swasembada kedelai maupun jagung hibrida," terang Ayep Zaki.  

Kalau saja program kemitraan dengan petani ini bisa didukung pihak perbankkan, tambah Ayep, akselerasi program swasembada kedelai dan jagung hibrida bisa lebih agresif dan bisa mengatasi kelangkaan kedelai di musim-musim tertentu.

"Bayangkan saja, masih ada puluhan ribu hektar atau bahkan ratusan ribu hektar lahan yang membutuhkan uluran tangan dunia perbankkan agar Indonesia benar-benar bisa berdaulat pangan. Jika petani dibiarkan sendiri, tanpa bantuan perbankkan, sudah sewajarnya kita tidak boleh berharap banyak pada petani bisa memenuhi kebutuhan pangan Indonesia," tutup Ayep Zaki.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi24 Juli 2024, 22:16 WIB

Keributan di Tipar Gede Sukabumi, Satu Pengamen Terluka Dihajar Pria Tak Dikenal

Berikut kesaksian pedagang pasar di jalan Tipar Gede Sukabumi terkait sekelompok pengamen dihajar pria tak dikenal berjaket kuning.
Kondisi di sekitar jalan Tipar Gede Kota Sukabumi usai keributan yang melibatkan pengamen dan pria misterius berjaket kuning. (Sumber : Istimewa)
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).