Hantam Sawah, Amukan Sungai Cimaja Sukabumi Direkam Warga

Rabu 16 Februari 2022, 23:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi sejak Rabu sore (16/2/2022), membuat aliran Sungai Cimaja meluap alias banjir bandang.

Meluapnya hulu sungai Cimaja itu terekam kamera ponsel warga. Dalam video berdurasi 5 menit 22 detik yang diunggah di media sosial Facebook itu terlihat air meluap disertai arus deras di sungai Cimaja.

Perekam video adalah warga setempat bernama Ade Rabig (54 tahun), ia menyebut bahwa banjir bandang di Sungai Cimaja sudah seringkali terjadi di kala musim penghujan.

"Memang sering, sudah beberapa kali asal musim hujan pasti banjir. Kalau Februari baru sekarang, tadi sebelum magrib sekitar jam 17.40 WIB, kalo yang paling sering itu di bulan Desember," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Menurut Ade, meluapnya sungai Cimaja tersebut tidak membahayakan warga sekitar karena jauh dari pemukiman. Meski begitu, luapan Sungai Cimaja tersebut tetap berakibat buruk khususnya ke sektor pertanian.

photoTangkapan layar Facebook Ade Rabig yang mengupload video meluapnya Sungai Cimaja, Rabu (16/2/2022) sore. - (Istimewa)</span

Ia menuturkan, luapan sungai Cimaja ini seringkali membuat pematang sawah warga yang berada di sekitar aliran sungai kebanjiran. Bahkan pada bulan Desember tahun lalu, karena kebanjiran sawah-sawah tersebut mengalami gagal panen.

"Yang paling parah itu sekitar bulan Desember, sampai bukan cuma pematang sawah, tapi sawahnya juga kerendem sampe gagal panen. Bahkan kolam ikan juga abis jarebol," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimaja, R Wahyu Cakraningrat mengatakan, bahwa banjir bandang di sungai Cimaja hari ini membuat tanggul sungai jebol. Dia memastikan pihaknya bersama warga setempat akan memperbaiki tanggul tersebut melalui kerja bakti bersama pada Kamis (17/2/2022) besok.

"Cuma jebol aja tanggul sungai, besok juga kita bakal adain kerja bakti sama warga setempat buat membetulkan tanggul itu," jelasnya.

Menurut Wahyu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BPBD perihal sering meluapnya sungai Cimaja ini.

"Kita juga sering koordinasi sama BPBD perihal kejadian ini, karena udah sering banjir juga sungai cimaja mah," pungkasnya.

REPORTER: CRP 3

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)