Isak Tangis di Cibadak Sukabumi, Kepingan Asa ABK KM Hentri yang Terbakar

Minggu 26 September 2021, 11:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Walaupun operasi pencarian oleh Basarnas sudah dihentikan sejak Sabtu, Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP masih mengupayakan pencarian ABK Kapal KM Hentri GT 195 yang hilang. Dari 32 awak kapal 5 selamat, 2 meninggal (warga Sukabumi) dan sisanya dinyatakan hilang termasuk 13  warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Kepala Sub koordinator Kerjasama dan Humas Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Djoko Arye mengatakan hal ini usai menyerahkan 5 ABK yang selamat di Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tual, Pangkalan PSDKP Jakarta. 5 ABK yang selamat ini diserahkan kepada drh Slamet anggota komisi IV DPR RI,dan perwakilan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Kita turut prihatin ada korban yang berjatuhan dan kita juga masih berharap meski baru dinyatakan hilang, namun kita masih bisa berbesar hati masih ada yang selamat, dan tetap kita masih upayakan proses pencarian untuk para korban yang memang masih belum ditemukan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com

Setelah menyerahkan korban selamat kepada keluarga, KKP menegaskan akan berupaya penuhi hak-hak para ABK

Baca Juga :

"Pertama kita akan melihat sejauh mana dokumen kependudukan mereka, misalnya KTP, BPJS sehingga ini akan membantu mempermudah proses klaimnya baik korban yang selamat maupun yang belum ditemukan," Jelasnya. 

Adapun langkah yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mensosialisasikan pentingnya asuransi bagi nelayan. 

"Baik bagi awak kapal maupun ABK Jadi pada saat kejadian kecelakaan ada asuransi. Ini bisa bermanfaat tidak hanya bagi mereka tapi juga pada keluarga yang ditinggalkan," pungkasnya.

photoIsak tangis keluarka saat menyambut ABK asal Sukabumi yang selamat dari peristiwa kapal terbakar di Maluku - (RIZA)</span

Isak Tangis ABK yang selamat

Duka tak mampu dibendung saat 5 ABK yang selamat tiba di Cibadak Kabupaten Sukabumi pada Sabtu kemarin sekitar pukul 18.13 WIB. Dari 5 orang ini, 3 adalah warga Sukabumi, khususnya Cibadak.

Bersama drg Slamet, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan), Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Camat Cibadak, 5 ABK ini langsung disambut tangis keluarga yang sudah menunggu sejak pagi di Kantor Kecamatan Cibadak. 

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bersama keluarga korban menyambut kedatangan kelimanya. Mereka Ardian Rahman (29 tahun) dan Angga Pramudya (25 tahun) asal Sekarwangi Cibadak, Asep Suryana (22 tahun) warga Mekarasih Simpenan yang tinggal di Warungkiara, dan dua korban dari luar Sukabumi  LA Astri (30 tahun) asal Binongko Taipabu Buton dan Hengki Kurniawan (39 tahun) asal Grogol Jakarta Barat.

"'Saya mewakili Pak Bupati untuk menerima kelima ABK tersebut yang selamat sampai Cibadak ini, kita bersyukur dan berharap kejadian pahit yang selama ini kita rasakan dan dibalik ini ada kebaikan dari Allah SWT, kami dari pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota Dewan DPR RI yaitu Drh Slamet yang selalu menyampaikan kondisi ini karena beliau tahu persis masalah ini," ujar Iyos.

"Kita Doakan yang masih belum bisa kembali, mudah-mudahan teman-teman kita yang masih tertinggal untuk bisa segera ditemukan, baik itu dalam keadaan selamat ataupun tuhan berkata lain, yang jelas kita ingin ada kepastian dari mereka," Tambahnya. 

"Momentum ini tidak bisa dipisahkan dari duka dan kebahagiaan keluarga korban pastinya. Wajar dan jika kedatangan mereka disambut isak tangis keluarganya," kata Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, drh. Slamet.

Berikut nama-nama 13 warga Kabupaten Sukabumi dari 25 awak KM HENTRI GT 195 yang dinyatakan hilang:

1. Adam Fauzan (KKM)

2. Maman Black (ABK)

3. Suhendari (ABK)

4. Adam (ABK)

5. Suparman (ABK)

6. Yusuf (ABK)

7. Andri (ABK)

8. Salim (ABK)

9. Didin (ABK)

10. Heru (ABK)

11. Tomi (ABK

12. Arifin (ABK)

13. Ade Setiawan (ABK)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)